HP Smartphone Terbaru

Ilmuwan Temukan Cara Bikin HP Tanpa Baterai

 Sumber tenaga sebuah ponsel adalah baterai. Tanpa baterai, ponsel tidak akan berfungsi. Namun penggunaan baterai pada hp nampaknya akan ditinggalkan. Sebab, baru-baru ini ilmuwan Amerika telah menemukan teknologi baru yang memungkinkan sebuah smartphone bisa terus menyala tanpa baterai. Bagaimana bisa?.

Cara membuat ponsel yang dapat menyala tanpa baterai adalah dengan memanfaatkan cahaya. Baik cahaya alami sinar matahari maupun dari cahaya lampu yang ada di sekitar penggunanya. Saat menerima ataupun melakukan panggilan, hp tanpa baterai ini hanya mengkonsumsi sedikit daya.

Ponsel Tanpa Baterai

Gambar Prototipe HP Tanpa Baterai.

Smartphone Tanpa Baterai

Lihat: daftar aplikasi Android boros baterai.

Mengutip dari laman TechRadar (6/7/2017), sebuah komponen khusus terpasang pada hp ini. Fungsinya adalah menyerap cahaya. Prototipe hp tanpa baterai ini tampak seperti gambar diatas. Dimana hanya terdiri dari komponen utama seperti lampu LED dengan tombol angka. Selain itu ada juga layar e-link dan modul audio yang dikalim irit daya.

“Ponsel ini nanti akan mengonsumsi daya yang sangat rendah dan hanya perlu memanfaatkan cahaya dari lingkungan sekitar seperti cahaya lampu untuk tenaganya,” ungkap Profesor Shyam Gollakota, pimpinan proyek di University of Washington, Amerika.

Kemungkinan para ilmuwan akan meningkatkan kemampuan setiap modul dan komponen yang terpasang. Supaya bisa menyerap sumber cahaya lebih banyak. Dengan begitu, daya tahan hp ini bisa bertahan lebih lama mendekat kemampuan smartphone yang ada saat ini.

Berikut video demo ponsel tanpa baterai yang memperlihatkan fungsi panggilan keluarnya.

Sayangnya ponsel tanpa baterai rancangannya itu belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Perlu kajian dan riset mendalam supaya ponsel ini betul-betul tidak mengonsumsi daya dan hanya memanfaatkan sinar dan cahaya yang ada disekitarnya.

Lihat juga: Cara menghemat baterai Android.

Namun jika ponsel ini sudah berfungsi sebagaimana mestinya dan sudah dipatenkan, bukan tidak mungkin para raksasa produsen ponsel dunia tertarik untuk menerapkan teknologi ini pada produk-produk mereka. Dengan begitu, dimasa mendatang para pengguna ponsel tidak perlu repot harus ngecas hp kesayangan mereka karena sudah menggunakan ponsel tanpa baterai didalamnya.

Ilmuwan Temukan Cara Bikin HP Tanpa Baterai,


Diterbitkan pada: Minggu, 9 Juli 2017
Rating : 4.64 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ilmuwan Temukan Cara Bikin HP Tanpa Baterai".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright