Tips dan Trik

Cara Memperbaiki Baterai Smartphone Yang Kembung

Buang dan beli yang baru. Itulah kebiasaan dan cara termudah mengatasi permasalahan pada baterai yang kembung. Selain kemampuan untuk menyimpan daya yang sudah menurun, baterai yang sudah dalam keadaan mengelembung juga sangat menggangu terutama karena case belakang smartphone tidak bisa di tutup rapat seperti sediakala. Jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru. Namun bagaimana jika kita belum memiliki cukup uang untuk membeli baterai smartphone baru?.

Tips jadul bagaimana cara memperbaiki baterai ponsel yang kembung ini mungkin sangat berguna, terutama bagi Anda yang belum memiliki dana cukup untuk menggantinya dengan yang baru, cara ini tidak ada salahnya untuk di coba di rumah.

Yang pertama, pastikan jika baterai smartphone benar-benar dalam keadaan kembung. Caranya adalah dapat dilihat dari fisiknya atau dengan cara meletakkannya di lantai yang datar, kemudian memutarnya. Jika bisa diputar, dipastikan baterai tersebut telah mengelembung.

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel Yang Kembung

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel Yang Kembung.

Bungkus baterai yang telah menggelembung tersebut dengan plastik lalu tutup dengan rapat. Kemudian masukkan ke freezer kulkas. Diamkan selama 24 jam.

Setelah 24 jam, keluarkan baterai dari freezer. Buka plastik pembungkusnya lalu keringkan semua bagian baterai tersebut menggunakan tisu atau kain kering, terutama pada bagian terminal kuningannya.

Setelah benar-benar kering, lihat perubahan yang terjadi. Fisik baterai smartphone yang kembung akan berkurang dari sebelum dimasukkan kedalam freezer. Untuk memastikannya, coba letakkan dilantai yang datar dan putar baterai tersebut. Jika putarannya tidak secepat sebelumnya atau tidak berputar samak sekali, cara ini berhasil.

Lalu selanjutnya?. Tes apakah baterai masih bisa digunakan kembali. Isi daya baterai kurang lebih selama 2 sampai 3 jam atau sampai baterai penuh. Tetapi jangan di charger langsung melalui smartphone. Gunakan charger dekstop (kodok).

Meski cara ini terlihat cukup ekstrim, toh ada yang berhasil melakukannya. Hal itu dapat dilihat dari video YouTube dibawah. Baterai yang semula kembung, akhirnya bisa diminimalisir dengan menggunakan cara ini. Selain mengurangi fisik yang kembung, baterai tersebut ternyata bisa digunakan seperti sediakala dan mampu menghidupkan smartphone-nya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 


Lihat juga tips lainnya : Cara Menghemat Baterai Ponsel Android, BlackBerry dan iPhone.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Memperbaiki Baterai Smartphone Yang Kembung,


Diterbitkan pada: Rabu, 19 Agustus 2015
Rating : 4.25 / 5 dari 20 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Memperbaiki Baterai Smartphone Yang Kembung".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright