Tips dan Trik

Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?

Jeripurba.com – Apakah ngecas menggunakan charger mobil bisa merusak hp atau tablet?. Berikut penjelasannya!. Kerusakan hp atau tablet sering terjadi disebabkan kebiasaan buruk pemakainya. Salah satunya adalah mengisi ulang daya baterai atau ngecas didalam mobil menggunakan adapter abal-abal.

Pada umunya, cara memasang charger mobil adalah menggunakan output lighter mobil sebagai terminal sumber dayanya. Dari output lighter mobil dipasang kabel atau adapter yang kemudian dihubungkan ke hp.

cara memasang charger mobil pada output lighter mobil

Cara memasang charger mobil pada output lighter mobil. (snapdeal)

Sekilas, cara ngecas hp di mobil seperti ini terlihat mudah dan tidak ada masalah. Cukup dengan membeli adapter charger mobil yang banyak tersedia di toko-toko aksesoris hp. Kemudian colokkan adapter ke output lighter mobil dan hp siap untuk di isi daya.

Di toko-toko aksesori hp, harga charger hp di mobil dijual beragam dikisaran Rp 3 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Namun Anda harus tahu, dibalik kemudahan dan harganya yang murah ada resiko yang tidak disadari.

Selain dapat menyebabkan baterai kembung / soak, aktivitas ngecas di mobil yang dilakukan berulang-ulang bisa menyebabkan kerusakan pada hp itu sendiri. Mengapa?.

Berbeda dengan arus listrik di rumah yang cenderung stabil, saat dikendarai, perputaran mesin mobil tidak stabil akibat laju kendaraan yang dikemudikan bergantung dari pengemudi. Kadang cepat, kadang lambat. Perputaran mesin yang tidak stabil inilah akan mempengaruhi tegangan dan arus kelistrikan pada mobil terutama mobil-mobil lama yang masih menggunakan sistem cut-out.

Naik turunnya arus listrik di mobil akhirnya berimbas pula pada keluaran output lighter mobil yang tidak stabil. Sangat berbahaya apabila tegangan dan arus output menjadi tinggi, bukan saja bisa merusak baterai, bahkan kemungkinan terburuknya hp bisa meledak.

Jika Anda berencana melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, cas hp Anda terlebih dahulu menggunakan charger original dirumah atau gunakan powerbank berkualitas ketimbang menggunakan charger mobil. Isi powerbank Anda hingga penuh.

Namun jika terpaksa harus menggunakan charger mobil melalui output lighter, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Tips Saat Mengisi Daya HP di Mobil:

  • Pastikan baterai ponsel yang Anda gunakan merupakan baterai original dan kondisinya masih baik,
  • Jauhkan hp dari benda-benda yang mudah terbakar seperti tisu, kertas atau pakaian,
  • Jauhkan hp dari sumber panas atau paparan langsung sinar matahari,
  • Selama proses pengisian daya ponsel di mobil, hindari menerima atau melakukan panggilan telepon. Jika terpaksa, lepas terlebih dahulu kabel charger. Menelpon atau menerima telepon bisa meningkatkan suhu ponsel ketika sedang di cas,
  • Jangan meninggalkan mobil saat hp sedang di cas, apalagi ac mobil dalam keadaan mati. Suhu panas di kabin mobil juga bisa menambah panas charger dan hp,
  • Hentikan ngecas hp jika mulai terasa panas, segeralah cabut hp dan adapter dari colokan lighter,
  • Gunakan adapter atau charger mobil berkualitas dan sesuai dengan standar pabrikan hp yang dipakai untuk meminimalisir kerusakan baterai dan ponsel.

Lalu bagaimana cara memilih charger mobil yang aman untuk hp Anda?

Gambar Jenis Charger Mobil

Gambar Jenis Charger Mobil.

Tips Memilih Charger Mobil.

  • Pertama, usahakan cari spesifikasi charger mobil dengan arus dan tegangan yang sama seperti yang tertera pada charger original hp.
  • Kedua, charger mobil terbagus tentunya bisa mengubah arus listrik yang mengalir dari output lighter menjadi arus dan tegangan yang stabil serta sesuai dengan kebutuhan hp. Jika dimungkinkan, Anda bisa menguji berapa besar arus dan tegangannya baik saat mesin mobil idle atau sedang berjalan cepat dengan menggunakan Multitester Digital atau Multimeter Digital.
  • Ketiga, mencari charger hp mobil terbaik memang bukan perkara mudah. Cari sebanyak-banyaknya review dan referensi di internet, apakah charger mobil tersebut mudah panas atau tidak. Panas berlebih saat melakukan pengisian daya dapat memperpendek usia pemakaian charger dan dapat merusak hp.
  • Keempat, Charger hp di mobil yang bagus banyak tersedia dan dapat dibeli dengan harga murah. Namun biasanya, harga charger mobil yang dijual menentukan kualitas dari charger tersebut.
  • Kelima, tips memilih charger mobil terakhir adalah carilah charger mobil yang aman. Beberapa produsen charger mobile menyertakan fitur tambahan pada produk mereka seperti fitur pemutus arus (cut-off) otomatis saat baterai sudah terisi penuh serta komponen pemutus arus lebih. Ini sangat penting. Charger otomatis akan memutus aliran listrik jika sewaktu-waktu tegangan dan arus dari output lighter mobil mengalami kenaikan.
Multitester atau Multimeter Untuk Mengukur Arus dan Tegangan Charger Mobil

Multitester atau Multimeter Digital Untuk Mengukur Tegangan dan Arus Keluaran Charger Mobil.


Itulah beberapa tips dan aspek yang harus diperhatikan saat memilih dan akan membeli charger mobil. Terutama bagi Anda pengguna perangkat mobile keluaran Apple seperti iPhone yang sangat sensitif terhadap arus dan tegangan input saat pengisian daya. Semoga bermanfaat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?,


Diterbitkan pada: Minggu, 11 Juni 2017
Rating : 4.44 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright