HP Smartphone Terbaru

Ngecas HP Lama?, Mungkin Ini Penyebabnya

Idealnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas hp?. Umumnya untuk membuat baterai smartphone penuh dibutuhkan waktu 2 sampai 4 jam. Namun untuk smartphone yang telah di sematkan teknologi fast charging, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya sampai penuh ada yang dibawah 1 jam. Jadi banyak faktor yang mempengaruhi lamanya waktu ngecas.

Namun bagaimana jika smartphone belum dilengkapi dengan teknologi fast charging?. Tentu Anda sedikit jengkel, apalagi jika harus menunggu baterai sampai penuh dengan waktu lebih dari 4 jam. Jika demikian, jangan langsung mengambil kesimpulan jika hp -nya yang bermasalah. Cek terlebih dahulu poin-poin seperti dibawah ini.

Ngecas HP Lama

Ngecas HP Lama.

Kabel yang tidak original atau berkualitas jelek.
Tipe charger saat ini terutama seperti charger BlackBerry dan Smartphone Samsung terdiri dari bagian adaptor dan kabel yang terpisah. Seringkali pengguna menggunakan adaptor namun dengan kabel yang bukan bawaannya. Kabel yang bukan original dan tidak berkualitas bisa jadi menyebabkan proses ngecas berjalan lambat dan membutuhkan waktu yang lama.

Kemungkinan lainnya memang kabel USB charger sudah dalam kondisi rusak. Apalagi kabel tersebut sering di gunakan dengan berganti-ganti adaptor. Yang paling sering mengalami keausan adalah pada terminal port USB charger dan terminal port yang terhubung ke smartphone.

Adaptor charger yang buruk.
Umumnya proses ngecas yang lama diakibatkan oleh adaptor yang sudah dalam kondisi yang tidak baik lagi. Komponen elektronik yang sudah lemah sampai kerusakan kumparan kecil yang ada didalamnya akibat lonjakan listrik bisa saja terjadi. Hal yang terbaik dilakukan adalah dengan membeli unit baru. Karena umumnya desain bodi charger zaman sekarang tidak dimungkinkan untuk dibongkar.

Sumber listrik yang lemah.
Jangan terkejut jika mengecas hp melalui port USB notebook atau laptop membutuhkan waktu yang lama, sekalipun melalui port USB 3.0. Mengapa?. Idealnya port USB 3.0 pada laptop mengeluarkan output sebesar 900 mA sedangkan port USB 2.0 hanya berkisar 500 mA. Bandingkan dengan adaptor smartphone sekarang yang rata-rata memiliki output 1,5 A (1500 mA) sampai 2 A (2000 mA).

Baterai lemah.
Semakin sering digunakan, maka kemampuan baterai untuk menyimpan daya terus menurun dan memerlukan waktu pengisian daya yang lama. Ini ditandai dengan cepatnya / borosnya penggunaan baterai smartphone sampai terlihat dari bentuk fisiknya. Baterai yang kembung misalnya menunjukkan indikasi jika baterai tersebut telah bermasalah. Jika itu terjadi, jalan terbaik adalah dengan mengganti unit baterai tersebut dengan baterai baru yang original.

Aplikasi yang berjalan di background.
Mungkin inilah penyebab yang tanpa disadari bisa mempengaruhi lamanya proses ngecas. Beberapa aplikasi yang terus menerus berjalan menyebabkan penggunaan daya baterai terus tersedot dan secara otomatis akan mempengaruhi lamanya waktu pengisian daya. Periksa secara rutin aplikasi-aplikasi yang terus berjalan secara real time, bila perlu hapus aplikasi tersebut untuk melihat pengaruhnya.

Baca juga: cara menghemat baterai hp yang boros.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ngecas HP Lama?, Mungkin Ini Penyebabnya,


Diterbitkan pada: Selasa, 6 Oktober 2015
Rating : 3.93 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ngecas HP Lama?, Mungkin Ini Penyebabnya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright