Sains

Mengorbit Di 108 BT, Satelit Merah Putih Siap Digunakan September 2018

Jeripurba.com – Satelit Merah Putih milik Telkom sukses diluncurkan dari SpaceX, Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat, pada Selasa (07-08-2018) dini hari.

Setelah sukses meluncur, satelit kepunyaan Telkom ini akan memasuki tahapan untuk menempati orbit yang telah di tentukan. Satelit ini dibawa menggunakan roket Falcon 9 dan menempati orbitnya di 108 BT.

“Kita sangat bersyukur peluncuran satelit merah putih sudah selesai. Saya ucapkan terima kasih atas doa dan dukungannya,” ungkap Alex J. Sinaga, selaku Direktur Utama Telkom Indonesia saat peluncuran di Florida, Amerika Serikat, melalui live streaming.

Satelit Merah Putih 108 BT

Satelit Merah Putih Mengorbit di 108 BT.

Sebagai informasi, Satelit Merah Putih memiliki 60 transponder yang terdiri dari 12 transponder Extended C-Band dan 24 transponder C-Band. Ke-60 Transponder aktif ini akan melayani wilayah Indonesia dan bagian Asia Tenggara serta kawasan Asia Selatan.

Satelit Merah Putih dibangun dengan melibatkan dua perusahaan raksasa asal Amerika yaitu SSL dan SpaceX. SSL adalah perusahaan khusus pembuat satelit yang sudah sangat terkenal di dunia. Perusahaan ini bahkan menuntaskan pembangunan Satelit Merah putih lebih awal dari estimasi waktu yang diperkirakan.

Sedangkan SpaceX adalah perusahaan yang menyediakan jasa peluncurannya. Saat peluncurannya, SpaceX menggunakan Roket Falcon 9.

Dengan bertambahnya satelit milik Indonesia, tentunya akan memperkuat posisi Indonesia dalam persaingan di bidang digital. Kehadiran Satelit Merah Putih ini tentu menjadi kebanggan dan suatu pencapaian yang luar biasa. Demikian seperti yang diungkap oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Satelit Merah Putih tak hanya memancarkan sinyal ke Indonesia saja, tetapi ke kawasan Asia Selatan. Itu artinya Badan Usaha Milik Negara semakin go international membawa nama Indonesia,” ungkapnya.

Jika tidak ada kendala, satelit Merah Putih sudah siap digunakan pada 15 September 2018 mendatang menggantikan Satelit Telkom 1 yang sudah habis masa aktifnya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengorbit Di 108 BT, Satelit Merah Putih Siap Digunakan September 2018,


Diterbitkan pada: Rabu, 8 Agustus 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright