Tips dan Trik

Cara Install ADB & Fastboot di Mac OS X, Linux & Windows

ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge, ini merupakan sebuah tool untuk menghubungkan komputer dengan device Android. Lebih mudahnya begini, dengan ADB ini Anda bisa meremot sistem Android melalui komputer. Contohnya, Anda bisa mengirimkan file dari komputer ke Android dengan sebuah perintah CLI (Command-line Interface), kalau di Windows pakai CMD sedangkan di Mac/Linux pakai Terminal.

Lalu Fastboot biasanya dipakai buat flashing/menginstall sesuatu dari luar sistem Androidnya. Hampir setiap device Android punya Fastboot Mode. Fastboot biasanya dipakai buat menginstal Custom Recovery, setelah berhasil membuka kunci bootloader, maka Fastboot bisa ngeflash Custom Recovery, seperti CWM atau TWRP.

ADB dan Fastboot bisa ditemukan dalam Android SDK, sayangnya ukurannya terlalu besar dan banyak yang tidak terpakai kalau Anda cuma butuh ADB dan Fastboot saja. Makanya ada yang membuat file installer-nya supaya yang terinstal cuma yang dibutuhkan dan tentu saja lebih praktis dan menghemat ruang harddisk PC.

Untuk itu, daripada Anda install Android SDK yang ukurannya lumayan besar, lebih baik gunakan cara berikut untuk menginstal ADB & Fastboot:

Mac OS X & Linux

Silakan gunakan Nexus Tools, cara installnya tinggal eksekusi perintah berikut di Terminal. Tool ini akan mendownload dan menginstal secara otomatis, Anda tinggal eksekusi perintahnya saja.

Cara Instal ADB & Fastboot di Mac dan Linux

Cara Instal ADB & Fastboot di Mac dan Linux.

bash <(curl -s https://raw.githubusercontent.com/corbindavenport/nexus-tools/master/install.sh)

Lalu untuk uninstall eksekusi yang ini:

bash <(curl -s https://raw.githubusercontent.com/corbindavenport/nexus-tools/master/uninstall.sh)

Info lebih lengkap mengenai Nexus Tools bisa Anda lihat disini.

Windows

Sedangkan cara instal ADB & Fastboot di Windows tidak perlu pakai Terminal atau CMD, cukup download dan install ADB Installer.

Cara Instal ADB & Fastboot di Windows

Cara Instal ADB & Fastboot di Windows.

Silahkan download ADB installer terbaru melalui link ini.

Selain ADB dan Fastboot, Anda juga butuh driver yang sesuai dengan model device Android untuk Sistem Operasi yang Anda punya supaya semuanya bisa berjalan tanpa kendala. Selamat mencoba, semoga sukses. (aplikanolog)

Cara Install ADB & Fastboot di Mac OS X, Linux & Windows,


Diterbitkan pada: Sabtu, 15 September 2018
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Install ADB & Fastboot di Mac OS X, Linux & Windows".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright