Games dan Aplikasi HP

Cara Transfer File dari Android ke Linux dan Sebaliknya Menggunakan KDE Connect

Android dan Linux sebenarnya masih bersaudara dekat, karena Android juga menggunakan Linux. Namun orang awam umumnya tidak mengetahuinya sebab Android hanya menggunakan kernel-nya saja. Di Sistem Operasi Android, kernel Linux berada di lapisan paling bawah. Tetapi disini Jeripurba.com tidak akan membahas persamaan dan perbedaan antara Android dan Linux. Melainkan cara mentransfer file dari Android ke Linux atau sebaliknya dengan bantuan aplikasi tentunya.

Seperti yang kita ketahui jika selama ini tools mupun aplikasi Android umumnya dibuat dan diperuntukkan untuk PC dengan OS Windows. Jarang sekali ada tools untuk Linux. Bahkan tools dan aplikasi untuk mentransfer file Android kabarnya lebih dulu dibuat untuk pengguna Windows. Jadi cukup aneh jika dua sistem operasi yang masih satu keluarga ini belakangan bisa saling berhubungan satu sama lainnya.

Kabar baiknya bagi Anda pengguna Linux dengan desktop environment KDE ada sebuah aplikasi yang bisa Anda pakai buat transfer file baik dari Android ke KDE / Linux maupun sebaliknya. Namanya KDE Connect, aplikasinya gratis dan bebas Anda gunakan. Cara menggunakannya?

Cara Transfer File dari Android ke Linux dengan Aplikasi KDE Connect

Transfer File dari Android ke Linux dengan Aplikasi KDE Connect.

KDE Connect harus diinstal di kedua device, jadi tersedia aplikasi buat KDE-nya dan juga Android-nya. Kedua device harus tersambung pada jaringan Wi-Fi yang sama buat bisa berkomunikasi dengan lancar, dan sayangnya pengembang tidak menyediakan opsi untuk menggunakan Bluetooth atau kabel. Tetapi itu tidak masalah, mengingat semua smartphone Android saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi.

Kabar baik lainnya, selain berfungsi untuk mentransfer file dari Android ke Linux atau sebaliknya, aplikasi KDE Connect juga memiliki fungsi dan keunggulan lainnya sebagai beikut:

Fitur KDE Connect Android:

  • Berbagi file dan URL ke komputer Anda dari aplikasi apapun, tanpa kabel.
  • Bisa menjadi touchpad virtual: Gunakan layar ponsel Anda sebagai touchpad komputer Anda.
  • Sinkronasi pemberitahuan: Bisa membaca notifikasi Android dari komputer.
  • Shared clipboard: Copy paste clipboard antar perangkat.
  • Remote control multimedia: HP Android bisa digunakan sebagai remote untuk media player di komputer.
  • End-to-end TLS encryption: Keamanan informasi dan lalu lintas data lebih terjamin.

Jadi bagi Anda pengguna hp Android dan PC atau laptop dengan OS Linux yang selama ini belum menemukan cara mentransfer file antar kedua perangkat, bisa menggunakan aplikasi ini.

Langsung saja download aplikasinya melalui tautan dibawah ini:

KDE Connect Linux download disini.
KDE Connect Android via Google Play Store atau download langsung apk KDE Connect terbaru melalui link ini. (aplikanolog)

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Transfer File dari Android ke Linux dan Sebaliknya Menggunakan KDE Connect,


Diterbitkan pada: Sabtu, 15 September 2018
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright