Software dan Games PC

Cara Mengembalikan File Data yang Hilang dan Terhapus di HDD FDD dengan Recovery Software

File penting terhapus atau hilang? Tidak perlu panik, ada cara mengembalikan file dan data di hardisk maupun flashdisk kamu. Salah satunya dengan menggunakan software recovery.

Rekomendasi software recovery untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus adalah Data Recovery Wizard buatan EaseUS. Aplikasi bisa berjalan di Windows maupun MAC OS.

Seperti namanya, fungsi utama EaseUS Data Recovery Wizard adalah menemukan file-file yang hilang di device yang kamu gunakan.

Tingkat keberhasilan pemulihan data dan file yang hilang juga teruji. Ini dibuktikan dengan banyaknya testimoni dan tingkat kepuasan penggunanya. Ditambah lagi dengan fitur-fiturnya yang lumayan lengkap.

Selain mendukung pencarian di hdd (hardisk) internal dan ekternal serta USB FDD (flashdisk), EaseUS Data Recovery Wizard juga bisa digunakan pada semua media penyimpanan yang ada saat ini. Termasuk juga: SSD, Memory card, Kamera digital, Smartphone, Pemutar music Digital, Camcorder, Micro Card, Memory Card, Pemutar Video Digital, CF/SD Card, Zip Drive, Pen Drive, RAID dan masih banyak lagi.

Apabila kamu mengalami kehilangan data dan file penting akibat terformat, serangan virus, masalah hardisk corrupt, kesalahan partisi atau disebabkan kelalaian baik disengaja atau tidak, kamu bisa mencoba software ini.

Cara menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard juga terbilang mudah. Tidak perlu menjadi seorang profesional, karena cara pengoperasian dan antar mukanya sederhana, mudah dipelajari.

Setelah di download, kamu hanya perlu menginstalnya dan mengikuti petunjuk pemasangan seperti memasang software pada umumnya.

Pertanyaannya kemudian, apakah software ini berbayar?

Ada tiga versi Data Recovery Wizard:

  • Data Recovery Wizard Pro
  • Data Recovery Wizard Pro + WinPE
  • Data Recovery Wizard Free

Versi Pro merupakan versi berbayar. Tiga fitur utama yang tidak dimiliki pada versi gratis adalah besarnya data yang dapat dipulihkan, upgrade otomatis jika ada versi baru dan dukungan teknis.

Jadi jangan khawatir. Jika besar data atau file-file yang akan kamu pulihkan tidak lebih dari 2 GB, versi gratis sudah lebih dari cukup untuk digunakan.

Untuk mengembalikan file hilang di hardisk laptop/PC, flashdisk atau device lainnya, kamu harus mendowload terlebih dahulu software recovery ini.

Download EaseUS Data Recovery Wizard terbaru:

Cara Instal EaseUS Data Recovery Wizard terbaru:

Buka atau double click file intaler EaseUS Data Recovery Wizard terbaru. Pilih bahasa. Kemudian klik tombol lanjut dan klik tombol Terima perjanjian lisensi seperti pada gambar berikut:

Cara Instal EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Instal EaseUS Data Recovery Wizard.

Langkah selanjutnya adalah memilih tempat dimana software EaseUS Data Recovery Wizard akan di instal. Secara default, software akan terpasang di drive C:\Program Files\EaseUS\EaseUS Data Recovery Wizard.

Penting untuk diperhatikan, jangan menginstal aplikasi recovery ini di drive atau partisi yang datanya akan di recovery untuk menghindari hilangnya data akibat tertimpa.

Instal EaseUS Data Recovery Wizard di Partisi Aman

Instal EaseUS Data Recovery Wizard di Partisi Aman.

Berikutnya, centang saja pilihan “Buat jalan pintas di Desktop” untuk menampilkan shortcut aplikasi recovery ini di Desktop Windows kamu dan klik tombol Pasang. Proses pemasangan EaseUS Data Recovery Wizard akan berjalan dan tunggu sampai selesai. Setelah Pemasangan sukses, centang “Jalankan EaseUS Data Recovery” dan klik tombol Selesai.

Proses Instal EaseUS Data Recovery Wizard

Proses Instal EaseUS Data Recovery Wizard.

Cara menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard versi gratis untuk mengembalikan data hilang/terhapus.

Setelah EaseUS Data Recovery Wizard versi gratis terbuka, pilih drive atau partisi mana yang akan kamu recovery datanya. Jika kamu kehilangan data di flashdisk, tancapkan terlebih dahulu. Kemudian klik ikon Refresh seperti gambar dibawah untuk memunculkan drive flashdisk kamu.

Software EaseUS Data Recovery Wizard

Software EaseUS Data Recovery Wizard.

Silahkan klik atau pilih drive, partisi atau folder spesifik tempat kamu kehilangan data. Kemudian klik tombol Pindai.

Selanjutnya, EaseUS Data Recovery Wizard akan melakukan proses scan atau pemindaian di drive atau partisi dimana kamu akan mencari file-file yang terhapus/hilang.

Software recovery ini akan menampilkan status pemindaian. Dibagian bawah kiri ada tombol Stop dan Pause. Kamu bisa menghentikan sementara proses pemindaian dengan menekan tombol Pause dan melanjutkannya kemudian. Sedangkan dibagian bawahnya menunjukkan perkiraan proses waktu pemindaian.

Proses Scan EaseUS Data Recovery Wizard

Proses Scan EaseUS Data Recovery Wizard.

Proses pemindaian EaseUS Data Recovery Wizard biasanya berjalan cepat dan akan menampilkan semua file kamu yang terhapus dan di kosongkan dari Recycle Bin.

Setelah proses scan pertama selesai, aplikasi recovery ini akan menampilkan pemberitahuan untuk melakukan scan tingkat lanjut atau Deep Scan.

Gunakan Deep Scan hanya jika kamu tidak menemukan file terhapus atau hilang serta file tersebut tidak bisa dibuka setelah ditemukan.

Dibandingkan dengan Quick Scan, proses Deep Scan membutuhkan waktu lebih lama karena software recovery ini akan memindai seluruh sektor. Tunggu saja dengan sabar. Dengan Deep Scan, file dan data lama juga akan ikut tersaring dan bisa kamu kembalikan.

EaseUS Data Recovery Wizard akan menampilkan hasil pemindaian yang dikelompokkan menjadi tiga bagian, mirip dengan Windows Explorer.

Hasil Scan EaseUS Data Recovery Wizard

Hasil Scan EaseUS Data Recovery Wizard.

Pada bagian kiri merupakan daftar direktori. Bisa kamu filter dengan memilih berdasarkan Path, jenis dan waktu

Pada bagian tengah merupakan tampilan dari semua file dalam folder yang dipilih di bagian kiri. Lengkap dengan info jenis file dan tanggal.

Sedangkan pada bagian paling kanan merupakan pratinjau dan thumbnail dari file tertentu yang dipilih pada bagian tengah.

Pratinjau dan Mengembalikan File Hilang dan Terhapus

Pratinjau dan Mengembalikan File Hilang dan Terhapus.

Nah, jika file-file kamu sudah ditemukan, kamu hanya perlu mengklik tombol Kembalikan untuk kemudian menyimpannya di drive atau partisi lain. Ingat ya, jangan menyimpannya di drive atau partisi dimana kamu kehilangan data dan file tersebut.

Mengembalikan File-file Yang Terhapus

Mengembalikan File-file Yang Terhapus.

Kamu juga bisa menonton video tutorial cara mengembalikan file terhapus, terformat atau hilang menggunakan software recovery dari EaseUS berikut ini:

Video Tutorial:

Sebagai catatan, jika file-file yang terhapus tersebut masih baru dan drive, partisi atau flashdisk belum di format atau ditimpa dengan data baru, kemungkinan besar file tersebut bisa diselamatkan dan bisa dibuka seperti sedia kala. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Mengembalikan File Data yang Hilang dan Terhapus di HDD FDD dengan Recovery Software,


Diterbitkan pada: Jumat, 4 Januari 2019
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mengembalikan File Data yang Hilang dan Terhapus di HDD FDD dengan Recovery Software".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright