Tips dan Trik

Hilang dan Lupa? Begini Cara Mengetahui Nomor EFIN Pajak Online dengan Mudah

Nomor EFIN pajak harus diingat dan disimpan. Nah, bagaimana jika lupa EFIN? Tentunya kamu tidak bisa melakukan transaksi pajak secara online atau melaporkan SPT Pajak di website DJP (Direktorat Jenderal Pajak) lewat e-filing.

Sebagai informasi EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identifikasi yang terdiri dari sepuluh digit. Nomor EFIN sangat penting, terutama jika kamu lupa password login di website DJP. Tanpa EFIN, kamu tidak bisa mendapatkan password baru.

Baca juga: cara reset password pajak online.

Cara mengatasi EFIN yang hilang adalah dengan mencarinya dengan sabar. Coba diingat-ingat kembali dimana kamu meletakkan dan menyimpannya. Namun jika sudah dicari kemana-mana tidak menemukan lembaran nomor EFIN yang telah diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat, jangan panik. Kamu bisa mengetahui nomor EFIN dengan 4 cara sebagai berikut:

1. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat.

Jika kebetulan jarak rumah kamu dekat dengan KPP setempat, sebaiknya langsung mendatanginya. Bawa KTP dan NPWP kemudian tanya kebagian informasi bagaimana prosedur lupa EFIN.

Lupa EFIN Pajak

Petugas KPP Sedang melayani wajib pajak yang lupa EFIN.

Biasanya kamu akan disuruh mengambil nomor antrian layanan lupa EFIN dan mengisi formulir yang telah disediakan. Bila tidak ada antrean, proses mendapat nomor EFIN cepat, tidak sampai 15 menit.

2. Layanan lupa EFIN

DJP telah memfasilitasi bagi mereka yang lupa atau kehilangan lembar nomor EFIN. Layanan lupa EFIN bisa di akses melalui call center Kring Pajak di nomor 1500200. Layanan ini bisa kamu manfaatkan jika kamu tidak terkoneksi dengan internet atau domisili kamu jauh dari kantor pelayanan pajak setempat. Prosedur lupa EFIN melalui call center 1500200 adalah siapkan data diri dan nomor NPWP kamu. Hal ini untuk mengkonfirmasi jika data tersebut cocok dengan data yang ada di DJP. Jika cocok dan tidak ada kendala, petugas pajak akan memberikan nomor EFIN kamu.

3. Chat pajak lupa EFIN

Jika kamu terhubung dengan jaringan internet, kamu bisa memanfaatkan fasilitas chat pajak lupa EFIN di website DJP pajak.go.id. Sebelum chatting dengan petugas pajak yang sedang online, jangan lupa persiapkan identitas diri yaitu KTP dan NPWP. Klik logo Chat Pajak yang terletak di halaman sebelah kanan bawah situs pajak. Dalam hitungan detik kamu akan terhubung dengan petugas pajak. Jika sudah terhubung, sampaikan jika kamu lupa EFIN untuk keperluan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak via online. Ikuti saja instruksi yang diberikan oleh petugas pajak melalui fasilitas Chat pajak lupa EFIN untuk mendapatkan kembali 10 digit nomor EFIN kamu.

4. Akun Twitter @kring_pajak

Untuk mengetahui nomor EFIN selanjutnya adalah dengan menghubungi akun Twitter resmi Kring Pajak di @kring_pajak. Kamu yang lupa EFIN silahkan follow terlebih dahulu akun Twitter @kring_pajak. Kemudian mention 1 kali saja sertakan hashtag #LupaEFIN. Di mention, ketik jawaban dari pertanyaan berikut ini:

  1. Wajib Pajak orang pribadi atau badan?
  2. Sudah aktivasi EFIN/ belum di KPP?
  3. Password DJPonline lupa atau ingat?

Setelah itu, kamu akan dihubungi oleh admin @kring_pajak melalui Direct Message (DM). Ikuti petunjuk yang diberikan oleh admin @kring_pajak. Jika tidak ada kendala, nomor EFIN kamu akan dikirim lewat email. Jika kamu belum mendapat DM, harap bersabar dan jangan mention #LupaEFIN atau DM berulang-ulang karena akan mengakibatkan antrean DM kamu naik ke paling atas. Akhirnya DM kamu lama dibalas.

Layanan Lupa EFIN melalui Twitter Kring Pajak

Layanan Lupa EFIN melalui Twitter @kring_pajak.

Sebagai tambahan, jam pelayanan akun twitter @kring_pajak adalah pukul 08.00 s/d pukul 16.00 WIB hari Senin sampai dengan Jum’at.

Itulah 4 cara mengetahui dan mendapatkan kembali nomor EFIN pajak kamu. Semua telah dipermudah oleh DJP, tinggal kamu mau menggunakan cara yang mana. Selamat mencoba, jika bermanfaat silahkan bagikan di media sosial kamu.

Hilang dan Lupa? Begini Cara Mengetahui Nomor EFIN Pajak Online dengan Mudah,


Diterbitkan pada: Jumat, 15 Maret 2019
Rating : 4.75 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hilang dan Lupa? Begini Cara Mengetahui Nomor EFIN Pajak Online dengan Mudah".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright