Software dan Games PC

Hindari Kehilangan Data di Layanan Cloud Publik, Synology Tawarkan Cloud Privat NAS

Synology Inc tawarkan solusi cloud privat NAS bagi para pelaku bisnis untuk menghadapi risiko kehilangan data dan biaya terselubung setelah mengadopsi layanan cloud publik. Mencadangkan data yang ada pada layanan cloud publik adalah sebuah keharusan. Seiring perkembangan teknologi, ada risiko-risiko baru yang muncul, namun pengguna harus selalu mempersiapkan diri. Dengan begitu, ketika terjadi gangguan atau insiden pemadaman, pengguna tidak akan mengalami kerugian.

Berbeda dari layanan cloud publik,  Metwork-Attached Storage (NAS) merupakan arsitektur cloud privat yang menyediakan layanan sinkronisasi file, ruang kolaborasi, aplikasi komunikasi perusahaan, layanan pesan, dan layananan lainya sekaligus, sehingga membantu bisnis untuk meminimalkan risiko dan kerugian yang disebabkan oleh gangguan pada layanan cloud publik seperti Google Drive.

Chad Chiang, Synology Product Manager, mengungkapkan bahwa layanan cloud publik memang berbiaya rendah. Namun, begitu terjadi gangguan, maka kerugiannya pun akan sangat besar. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para pelaku bisnis untuk memiliki dan membangun sistem cloud privat mereka sendiri, untuk memastikan layanan yang selalu maksimal dan otonomi dalam mengelola data.

Risiko dan Biaya Terselubung dari Penggunaan Cloud Publik

Layanan cloud memudahkan pengguna untuk bertukar data dan informasi, tetapi ada risiko tersendiri dalam penggunaan cloud publik. Secara tidak sadar, pengguna menyerahkan kendali atas data-data penting mereka kepada pihak ketiga. Banyak perusahaan yang mempercayakan informasi dan aplikasi penting mereka ke dalam cloud publik, dan mengalami konsekuensi yang tidak terduga.

Para penyedia software as a service (SaaS) bertanggung jawab untuk menyimpan data pengguna, tetapi seharusnya penggunalah yang bertanggung jawab penuh untuk menjaga keamanannya. Salah satu penyebab kehilangan data yang paling umum dalam skema SaaS adalah kelalaian pengguna dalam menghapus data, baik sengaja maupun tidak disengaja. Ketika terjadi pada dunia bisnis, insiden ini akan merugikan semua pihak. Layanan cloud publik biasanya hanya menyediakan durasi terbatas untuk menyimpan data pengguna, sebelum hilang secara permanen.

Oleh karena itu, untuk menjaga dokumen-dokumen penting selama bertahun-tahun, pengguna perlu menyimpan data mereka dari cloud publik ke NAS. Pelaku bisnis tidak perlu khawatir harus membayar biaya langganan atau biaya migrasi data yang mahal.

Active Backup untuk Mendukung Cloud Publik bagi Bisnis

Untuk menghindari risiko kehilangan pada layanan cloud, ini saatnya untuk menjaga keamanan data dengan menambah lapisan keamanan. Banyak solusi back-up data yang telah dikembangkan untuk menghindari insiden yang tidak terduga. Namun, tetap saja, melakukan back-up data dari berbagai layanan cloud yang berbeda akan membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga. Karena itu, untuk menjaga efektivitas dan efisiensi dari back-up data, pengguna bisa mencadangkan datanya ke server dan melakukan pengelolaan dari satu interface saja.

Backup Data Dari Layanan Cloud Publik Ke Cloud Privat NAS

Backup Data Dari Layanan Cloud Publik Ke Cloud Privat NAS.

Synology menawarkan Active Backup for Office 365 dan Active Backup for G Suite untuk melindungi data di Office 365 dan G Suite serta meminimalkan risiko dan kerugian perusahaan yang disebabkan oleh gangguan pada cloud publik.

Jenn Yeh, Synology Product Marketing Manager, mengatakan, “Saat ini, mengandalkan layanan dari cloud publik saja tidak cukup. Itu sama halnya seperti meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Solusinya, pengguna bisa mem-back-up data mereka dari cloud publik ke NAS, untuk menjaga data-data penting seperti email, kontak, kalender, dan cloud drive. Jika terjadi gangguan pada cloud publik, maka aktivitas bisnis tidak akan terganggu dan mereka tetap bisa melayani pelanggan seperti biasa. Selain melindungi data, solusi ini juga bisa menyimpan semua data untuk audit dan menghindari risiko kehilangan data karena kelalaian karyawan (sengaja maupun tidak disengaja).

Saat layanan cloud publik terganggu, pelaku bisnis disarankan untuk menggunakan cloud privat agar dapat meminimalisir kerugian. Via: abee.hakiim@fleishman.com – www.synology.com.

Hindari Kehilangan Data di Layanan Cloud Publik, Synology Tawarkan Cloud Privat NAS,


Diterbitkan pada: Selasa, 26 Maret 2019
Rating : 3.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hindari Kehilangan Data di Layanan Cloud Publik, Synology Tawarkan Cloud Privat NAS".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright