Tips dan Trik

Manfaat Ngeblog di Era Digital | Jadikan Peluang Usaha Baru Menghasilkan Uang

Di era digital saat ini, blog tidak hanya sebagai buku harian online. Lebih dari itu, banyak manfaat dari ngeblog. Ngeblog bahkan bisa menjadi peluang usaha baru. Lewat blog juga, kamu bisa menghasilkan uang.

Namun untuk mencapai tujuan yang terakhir, diperlukan proses. Tidak instan memang. Namun jika blog kamu bisa bermanfaat bagi pembaca, dengan sendirinya kamu telah membangun sebuah peluang usaha berbasis online yang tidak terpikirkan oleh kamu sebelumnya.

Alasan dan Manfaat Ngeblog untuk Menghasilkan Uang

Alasan dan Manfaat Ngeblog untuk Menghasilkan Uang.

Semakin terkenal blog kamu, maka semakin banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

Berikut Manfaat Ngeblog di Era Digital:

 

1. Kemampuan Menulis Semakin Baik

Semakin sering kamu ngeblog, maka kemampuan menulis kamu akan semakin baik. Faktanya, tidak sedikit penulis buku yang terkenal saat ini dulunya merupakan seorang blogger pemula. Awalnya, blog menjadi wadah mereka untuk menulis dan menyalurkan hobi mereka.

Manfaat Ngeblog Melatih Menjadi Penulis Profesional

Manfaat Ngeblog Melatih Menjadi Penulis Profesional. (shutter stock)

Seiring waktu, kemampuan dan ide untuk menulis mereka semakin terasah. Ngeblog akhirnya menjadi batu loncatan untuk menjadi penulis profesional dan menghasilkan karya lewat buku-buku yang laris di pasaran. Jika kamu ingin menjadi penulis buku profesional, ngeblog bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan menulis.
 

2. Fortofolio Pribadi dan CV Online

Di era digital dengan tingkat persaingan yang tinggi saat ini, mencari pekerjaan semakin sulit. Apalagi jika kamu tidak memiliki skill mumpuni. Punya skill tapi orang tidak mengetahui kemampuan dan potensi diri kamu, sama juga nol besar. Karenanya, kamu harus mempromosikan skill dan kemampuan kamu supaya banyak dilirik oleh perusahaan.

Salah satunya adalah dengan membuat portofolio pribadi. Portofolio ini bisa kamu buat menggunakan website atau blog. Lewat blog portofolio pribadi, kamu bisa menampilan semua hal yang bisa menjadi nilai positif untuk “menjual diri” kamu secara online. Mulai dari CV hingga riwayat pekerjaan dan hasil karya terbaik kamu.

Blog Fortofolio

Blog Fortofolio. (theme forest)

Dokumentasikan semua karya-karya terbaik kamu di blog fortofolio pribadi ini. Dengan begitu, peluang kamu untuk mendapat pekerjaan semakin besar. Sebab, di zaman serba digital saat ini sudah banyak perusahaan yang menjadikan CV dan portofolio online sebagai nilai tambah bagi mereka.
 

3. Peluang Usaha dan Menghasilkan Uang

Peluang usaha tak melulu dilakukan secara offline. Usaha untuk menghasilkan uang bisa juga dilakukan secara online. Bahkan, di era digital semua aspek kini hampir bersentuhan dengan kegiatan online. Mulai dari bersosialisasi hingga tren belanja online yang kini semakin digemari ketimbang belanja ke toko-toko offline.

Begitupun dengan blog. Blog sebagai mesin pencari uang kini menjadi tren di era digital. Alasan ngeblog yang semula sebagai sarana menyalurkan hobi menulis akhirnya berubah menjadi peluang usaha untuk menghasilkan uang.

Ada banyak cara menghasilkan uang melalui blog.

Affiliate Marketing
Jika kamu hobi menulis mengenai sebuah produk, kamu bisa membuat ulasan atau me-review produk tersebut. Banyak perusahaan berbasis e-commerce yang menerapkan model bisnis penjualan berbasis komisi atau affiliate marketing. Misalnya saja Lazada, BliBli, Zalora, Bhinneka, dsb. Kamu bisa mendaftar dan mengikuti program mereka. Komisi dari penjualan produk mulai dari 2 hingga 12 persen. Misal kamu menulis mengenai produk laptop gaming yang harganya Rp30.000.000 dan berhasil terjual dari tautan afiliasi kamu. Jika komisinya 2 persen saja, sudah lumayan hasilnya bukan?

Tren Belanja Online dan Menjadi Affiliate Marketing di Era Digital

Tren Belanja Online dan Menjadi Affiliate Marketing di Era Digital. (pixabay)

Semakin bagus ulasan yang kamu sajikan melalui tulisan di blog kamu, maka semakin besar kemungkinan produk tersebut terjual. Ditambah lagi jika blog kamu sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik di mesin pencarian seperti Yahoo, Bing dan Google.

Manfaat lain ngeblog dengan mereview produk; tulisan kamu bisa saja dilirik oleh perusahaan besar dan meminta kamu untuk menulis dan mengulas profil atau produk mereka secara khusus.

Menjadi Publisher
Saat ini hampir semua blogger memanfaatkan blog mereka untuk menghasilkan uang lewat program periklanan. Entah itu menjadi publisher Google Adsense atau program periklanan lain yang berbasis CPC (Cost Per Click) atau CPM (Cost Per Mile).

Perusahaan Ad Network Berbasis CPC

Perusahaan Ad Network Berbasis CPC.

Kisah sukses blogger menjadi publisher melalui ngeblog sudah tak terhitung. Bahkan mereka resign dari kerja offline dan menjadikan blog mereka sebagai mata pencarian utama.

Tetapi untuk menjadi publisher sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sama halnya dengan dunia kerja dan usaha offline. Di bisnis online, kamu harus melewati proses untuk menghasilkan uang terutama melalui blog.

 

Tips dan Langkah Awal Ngeblog untuk Menghasilkan Uang

 
Ketertarikan dan minat menulis sudah menjadi modal pertama kamu untuk bisa meraih sukses ke depan. Selanjutnya adalah langkah awal kamu bagaimana cara memulai ngeblog. Pertanyaannya harus dari mana?.

Tentukan Kategori atau Topik Blog
Blog yang mengulas topik khusus lebih disukai oleh mesin pencari daripada blog gado-gado. Disamping kamu terlihat lebih profesional, karena menguasai apa yang kamu tulis. Jadi sedari awal tentukan blog apa yang akan kamu buat. Ada banyak topik yang bisa kamu pilih. Mulai dari teknologi, kesehatan, fashion, desain, travel, otomotif, karir, olahraga, dsb. Dari topik ini kamu bisa membuat blog dengan niche yang lebih spesifik lagi. Untuk menjadikan blog sebagai mesin pencari uang, gunakan niche yang paling banyak dicari orang dan banyak pemasang iklannya. Dua faktor itu sangat penting disamping kamu menyukai dan menguasai topik yang akan kamu bahas tentunya.

Platform Blog
Ada banyak penyedia platform blog gratisan yang bisa kamu gunakan. Namun yang paling sering digunakan adalah Blogger (blogspot) dan WordPress. Jika niat kamu ingin lebih leluasa memanajemen blog dan menjadikannya sebagai mesin pencari uang, kamu bisa memilih WordPress Self Hosting.

Domain dan Web Hosting
Lagi-lagi jika kamu berniat terjun ke bisnis online, sebaiknya gunakan domain dan hosting berbayar. Mengapa? Sebab jika ada permasalahan kamu bisa mendapat full support dari penyedia layanan domain dan web hosting berbayar. Selain itu, fitur domain dan web hosting gratisan pastinya tidak selengkap dan se-powerful dibandingkan dengan berbayar. Kamu pasti akan mengalami kendala karena tidak bisa memanajemen domain dan hosting kamu.

Mengenai harga, tergantung dari spesifikasi hardware dan teknologi infrastruktur penunjang lainnya. Pastinya, cari dan pilihlah yang sudah memiliki kredibilitas yang baik serta menyediakan fitur domain dan web hosting dengan teknologi terkini.

Hosting Terbaik untuk WordPress Gratis Domain

Hosting Terbaik untuk WordPress Gratis Domain. (DomaiNesia)

Setelah mendapat tempat cari Hosting murah dan kredibel, kamu bisa menyewa hosting dan domain kemudian menempatkan blog kamu disana. Mulai ngeblog dan menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat setiap harinya. Jika kamu konsisten, mudah-mudahan 4 hingga 6 bulan kedepan kamu sudah bisa menghasilkan uang dari blog kamu.

Manfaat Ngeblog di Era Digital | Jadikan Peluang Usaha Baru Menghasilkan Uang,


Diterbitkan pada: Sabtu, 7 September 2019
Rating : 4.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Manfaat Ngeblog di Era Digital | Jadikan Peluang Usaha Baru Menghasilkan Uang".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright