Games dan Aplikasi HP

Cara Mengganti Info Lagu Pada Sony Xperia Z

Asyik yang sudah punya Superphone Sony Xperia Z, bisa santai mendengarkan lagu-lagu koleksi mp3 sembari minum kopi di teras rumah. Apalagi mendengarkan lagu yang pas dengan suasana hati saat ini. Tapi pernahkah memperhatikan kolesi lagu-lagu yang ada pada Xperia Z kesayangan kita ?. Ketika lagu di mainkan, ada info mengenai lagu tersebut. Tidak masalah kalau infonya cocok dengan lagunya. Nah, ini kadang artist-nya penyanyi pop, yang tampil malah nama penyanyi lagu dangdut.

Info seperti judul, artist, album, tahun sampai gambar cover pada file-file lagu mp3 di sebut dengan metadata. Istilah kerennya ID3 Tag. Pada lagu-lagu resmi yang didapat dari membeli, metadata ID tag ini biasanya sudah di input sesuai dengan info pencipta/penyanyi lagu tersebut. Nah, info atau metadata ini bisa di ubah atau di edit melalui komputer / laptop dengan menggunakan Winamp atau software khusus editing tag mp3.

Karena kita menggunakan Sony Xperia Z, tidak perlu buka komputer atau laptop buat merubah metadata tersebut. Repot. Cukup melalui aplikasi Walkman Sony Xperia Z. Lalu bagaimana caranya ???

Sony Xperia Z

screenshot credit: www.sonymobile.com/id/

 

Cara Mengganti Tag ID3 Lagu Pada Sony Xperia Z.

  1. Buka dan jalankan aplikasi Walman pada Xperia Z.
  2. Pilih lagu yang akan diperbaiki / diganti metadatanya.
  3. Kemudian, sorot menu pada sudut kiri di atas layar. Klik menu “Edit music info”.
  4. Lalu klik “Download” untuk proses menampilkan info ID3 Tag pada lagu yang dipilih.
  5. Tunggu proses ini sampai keluar tampilan info ID3 tag dari lagu tersebut.
  6. Jika lagu tersebut didapat secara legal, biasanya setelah proses ini otomatis info ID3 tag seperti, judul, artist, album, tahun akan tampil  pada layar Xperia Z dan cocok dengan lagu itu sendiri.
  7. Pada step inilah, kita bisa memperbaiki dan atau merubah ID3 tag pada lagu tersebut. Kolom Artist mau di isi nama kitapun bisa, buat keren-kerenan. Tapi bau-baunya melanggar hak cipta ya.
  8. Terakhir, setelah kolom judul, artist, album, tahun dan gambar cover sudah di ganti, jangan lupa klik “Save” untuk menyimpan metadata / info ID3 tag yang baru pada lagu tersebut.

Gampangkan ??? tidak perlu buka komputer atau laptop untuk mengganti tag ID3 lagu-lagu koleksi mp3 kesayangan kita, cukup melalui aplikasi Walkman pada Sony Xperia Z. Semoga bermanfaat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mengganti Info Lagu Pada Sony Xperia Z,


Diterbitkan pada: Selasa, 9 April 2013
Rating : 4.33 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mengganti Info Lagu Pada Sony Xperia Z".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright