Sosial Media

Perseteruan Paten Antara Apple dan Samsung Kembali Berlanjut Di Pengadilan

Perseteruan antara Apple dan Samsung kembali memasuki babak baru di pengadilan. Apple menggugat kerugian yang ditimbulkan oleh pihak Samsung. Seperti yang diketahui sebelumnya, perseteruan ini bermula dari tudingan Apple yang telah mengklaim bahwa Samsung telah melakukan plagiat pada desain iPhone dan iPad yang telah terlebih dahulu diproduksi oleh vendor besar ini. Apple memberikan bukti kemasan yang ada pada produk smartphone galaxy dan tab galaxy. Untuk tuntutannya ini pihak Apple telah menyiapkan beberapa daftar paten yang telah dilanggar oleh perusahaan Samsung lengkap dengan presentasi grafis yang menunjukkan beberapa perubahan pada desain Samsung pra dan pasca kehadiran iPhone. Untuk kerugian ini pihak Apple meminta ganti rugi senilai 2,52 miliar dollar AS.

Namun pihak Samsung tidak tinggal diam atas tuduhan yang ditujukan pada desain gadget terbarunya itu. Mereka berdalih semua industri yang bersifat konsumtif elektronik pasti secara rutin mencari ide dan inspirasi berdasarkan pada produk terdahulunya kemudian dikembangkan. Bahkan Samsung mengeluarkan serangan balik atas tuduhan itu. Pihak Samsung tidak mau kalah juga mempersiapkan bukti- bukti pelanggaran Apple pada sejumlah daftar paten milik perusahaan gadget besar dari Korea ini yang berkaitan dengan penggunaan teknologi. Samsung juga sudah menyiapkan presentase grafisnya guna melawan tudingan pihak Apple. Atas tuduhan melanggar hak paten ini Samsung mengajukan tuntutan pembayaran royalti sebesar 2,4 persen pada setiap penjualan Apple yang dianggap melanggar hak paten.

Perseteruan Paten Apple VS SamsungPengadilan perseteruan dua perusahaan gadget besar ini pertama kalinya dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2012 di pengadilan negeri San Jose, Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya hakim memberikan waktu selama 25 jam bagi pihak yang bertikai untuk menyampaikan dasar tuntutannya. Sidang dari kasus ini menelan biaya hingga ratusan juta dolar.

Pada bulan Agustus 2012 pengadilan memutuskan perusahaan Samsung bersalah. Ada enam hak paten Apple yang dilanggar oleh pihak samsung. Akibatnya pihak Samsung diwajibkan membayar tuntutan sebesar 1 Milyar dollar kepada pihak Apple sebagai kompensasi kerugian yang ditimbulkan atas pelanggaran ini. Namun pada bulan Maret 2013, hakim kembali meneliti kasus ini dan juga denda 1 milyar dolar yang dikenakan pada Samsung. Adalah hakim Lucy Koh yang telah mengatakan juri asli pada pengadilan kasus Apple vs Samsung, salah dalam melakukan perhitungan kerugian. Koh mengatakan $550 m sudah tepat sasaran sebagai kinerja denda akan tetapi sisa dari denda tersebut yakni $450 m masih harus diteliti ulang.

Pada awalnya Apple telah meminta ganti rugi $2,5 milyar pada perusahaan Korea ini karena telah memakai desain pada iPhone dan iPad. Selain itu Apple juga melarang penjualan gadget Samsung yang dianggap melanggar hak patennya. Adapun hak paten tersebut yang pertama adalah yang disebut dengan nama “Paten Steve Jacobs, yakni hak paten yeng melibatkan pemakaian layar sentuh pada perangkat Samsung. Nama paten ini sengaja di sesuaikan dengan nama pendiri perusahaan.

Paten kedua ada hubungannya dengan soket Audio yang digunakan pada perangkat ponsel. Selain kedua paten diatas, masih ada 4 paten lainnya yang diajukan oleh pihak Apple tetapi di tolak oleh pengadilan. Akan tetapi pelarangan ini mengalami penundaan, karena presiden AS, Barrack Obama masih akan melakukan peninjauan ulang. Dikabarkan, presiden mempunyai waktu selama 60 hari untuk menilai temuan ini. Meskipun begitu tidak mungkin presiden membatalkan hasil keputusan komisi. Apple dan Samsung sudah bertahun- tahun berseteru tentang paten di lebih dari 10 negara. Sumberi: www.bbc.co.uk

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Perseteruan Paten Antara Apple dan Samsung Kembali Berlanjut Di Pengadilan,


Diterbitkan pada: Jumat, 15 November 2013
Rating : 2 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright