Gadget Baru

Cara Memotong Kartu SIM Ponsel ke Ukuran micro SIM

Teknologi Smartphone terkini nampaknya mulai meninggalkan kartu GSM / CDMA ukuran mini ke ukuran micro (microSIM). Celakanya, tidak semua operator telekomunikasi yang ada di Indonesia siap dengan perubahan ini. Sebagian belum memproduksi kartu ponsel dengan ukuran microSIM tersebut. Bagi pengguna ponsel dengan kartu SIM ukuran mini, hal pertama yang harus dilakukan setelah membeli ponsel yang menggunakan slot microSIM adalah mengunjungi tempat atau galeri operator selular yang terdekat untuk menggganti mini sim card ke ukuran micro sim card.

Namun yang menjadi kendala adalah, apakah di galeri-galeri tersebut sudah menyediakan kartu dengan ukuran micro ?. Lagipula, proses migrasi kartu belum tentu bisa dilakukan saat itu juga. Kecuali jika kita membeli atau mengganti kartu dengan nomor yang baru.

Jika keadaan memang memaksa karena ketersediaan microSIM Card tidak ada, atau letak galeri yang cukup jauh, jalan satu-satunya adalah dengan memodifikasi atau memotong kartu tersebut ke ukuran microSIM.

Berikut adalah ukuran standar dari kartu SIM Ponsel.

Ukuran Kartu SIM

(screnshoot credit : id.wikipedia.org)

Bagaimana cara memotong kartu SIM Ponsel ke ukuran micro SIM ?. Caranya cukup mudah. Alat yang digunakan cuma penggaris dan gunting tajam. Berikutnya cuma masalah mental dan keberanian. Ingat ya, segala resiko di tanggung penumpang.

 

Cara Memotong Mini SIM Card Menjadi Ukuran micro SIM Card.

Untuk di perhatikan, jangan sampai memotong bagian chip (berwarna kuning ke emasan) dari SIM Card jika tidak ingin berurusan ke galeri operator yang bersangkutan. Hal lain yang juga harus di perhatikan adalah tidak semua chip kartu ponsel berukuran sama. Chip kartu mini SIM yang lama biasanya sedikit lebih lebar dari chip kartu mini SIM yang sekarang. Lihat gambar dibawah.

Perbedaan ukuran Chip SIM Card lama dan baru

Dua kartu yang diatas mistar merupakan kartu simPATI dan IM3 lama dengan ukuran chip lebih lebar. Sedangkan gambar yang di bawah mistar merupakan kartu simPATI dan XL baru dengan ukuran chip yang lebih kecil.

Seorang dengan basic elektronika tidak akan mengalami kesulitan untuk proses pemotongan ini. Kuncinya tinggal menyesuaikan lebar slot mico SIM Card pada ponsel dengan melihat lagi jarak sisi terluar dari terminal (6 terminal) pada slot microSIM Card tersebut. Bagi yang awam, penjelasannya bisa di lihat melalui gambar-gambar di bawah.

Terminal pada slot mini SIM Card

 

 

Ukuran Slot microSIM pada Samsung Galaxy Note II

Ukuran kartu microSIM pada slot Samsung Galaxy Note II

 

 

Pemotongan mini SIM Card ke ukuran micro SIM Card

Hasil Pemotongan mini SIM Card ke ukuran micro SIM Card 2

 

 

Pemotongan mini SIM Card ke ukuran micro SIM Card 2

Hasil Pemotongan mini SIM Card ke ukuran micro SIM Card

 

 

Peralatan untuk membuat kartu micro SIM modifikasiUntuk memperjelas gambar-gambar diatas, silahkan klik kanan pada gambar, kemudian pilih “View Image”.

Sekali lagi, cara memotong kartu SIM Ponsel ke ukuran microSIM ini merupakan pengalaman pribadi. Sudah di test dengan tiga kartu GSM yaitu, simPATI, IM3 dan XL. Smartphone yang di gunakan adalah Samsung Galaxy S Note II. Semua bekerja dengan baik. Segala resiko akibat dari mempraktekkan pengalaman pribadi ini di tanggung penumpang. Sedikit saran untuk mengurangi penyesalan nantinya, gunakan kartu SIM lama yang masih aktif untuk mencoba.

Cara Memotong Kartu SIM Ponsel ke Ukuran micro SIM,


Diterbitkan pada: Selasa, 14 Mei 2013
Rating : 3.89 / 5 dari 45 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Memotong Kartu SIM Ponsel ke Ukuran micro SIM".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright