HP Smartphone Terbaru

Cara Upgrade Android KitKat Hp Samsung

Ada dua cara mudah untuk melakukan upgrade Android KitKat hp Samsung Android. Menggunakan Samsung Kies dan melalui ponsel langsung. Yang paling mudah adalah upgrade KitKat melalui ponsel secara langsung. Namun, kelemahan dari cara ini adalah tidak tersedianya pilihan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk melakukan upgrade Android KitKat melalui ponsel secara langsung, pastikan Anda memiliki kuota internet minimal 500 MB atau lebih baik jika sudah berlangganan paket internet unlimited. Jika ada jaringan WiFi / hotspot gratis, itu lebih baik lagi.

Pastikan juga data-data penting di backup atau dipindahkan terlebih dahulu. Walaupun tidak ada pilihan untuk mem backup data, lakukan secara manual. Pindahkan terlebih dahulu semua data atau file baik foto, video yang dianggap penting khususnya yang ada di memori telepon ke komputer atau laptop.

Anggap semua data baik foto, video dan nomor telepon sudah dibackup. Sekarang lakukan update hp Samsung Android melalui ponsel. Ingat, firmware dari Android KitKat sendiri berukuran 449,81 MB. Pastikan koneksi internet cepat dan lancar.

 

Upgrade Android KitKat Melalui Ponsel Langsung.

Buka menu setting atau pengaturan pada smartphone Samsung Android Anda. Buka menu “More”. Kemudian tap “About device”. Berikutnya tap “Software Update”. Kemudian tap “Update now” dan “OK”. Ponsel akan memeriksa ketersediaan firmware baru. Jika tersedia, otomatis firmware terbaru akan di download. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar-gambar dibawah.

Menu More di Pengaturan Hp Samsung

Menu About Device di Pengaturan Hp Samsung

Menu Update Firmware di Pengaturan Hp Samsung

Konfirmasi Update Firmware Hp Samsung

Update Firmware hp Samsung Android

Download Firmware Android KitKat Hp Samsung

Penting untuk diperhatikan, kondisi baterai harus di atas 50 persen. Bila perlu, lakukan pengisian daya dengan charger selama proses upgrade firmware Android KitKat ini. Setelah proses penginstalan selesai, smartphone Samsung akan / diminta restart. Jangan pernah mematikan, membuka menu lain ataupun mencabut kabel data selama proses upgrade sedang berjalan. Proses upgrade benar-benar selesai dan sukses setelah ponsel restart dan kembali ke layar menu dengan tampilan baru Android KitKat.

 

Upgrade Android KitKat Melalui Samsung Kies.

Cara upgrade Android KitKat yang kedua adalah dengan menggunakan software dari Samsung yaitu Samsung Kies. Kelebihan upgrade Android KitKat dengan Samsung Kies adalah tersedianya menu untuk melakukan backup seluruh data, baik data di memori telepon maupun semua data yang ada di kartu memori eksternal.

Dalam tutorial ini, Samsung Kies yang digunakan adalah Samsung Kies 3 yang mendukung hp Android Jelly Bean 4.3 atau diatasnya. Sedangkan hp yang masih menggunakan OS Android Jelly Bean 4.3 versi dibawahnya, download dan gunakan Samsung Kies saja. Untuk mendownload salah satu atau dua versi Samsung Kies ini, silahkan klik atau kunjungi halaman Samsung Kies disini . Lakukan penginstalan seperti pemasangan software pc pada umumnya.

Setelah Samsung Kies 3 terinstall, hubungkan smartphone Samsung ke PC atau laptop dengan kabel USB. Samsung Kies akan mendeteksi secara otomatis dan mengenali device yang terhubung tersebut. Pastikan Samsung Kies sudah membaca atau mendeteksi ponsel Samsung sesuai dengan merek atau serinya.

Kemudian, lakukan backup data terlebih dahulu dengan mengakses menu “Back up / Restore”. Simpan semua data di hard disk PC atau laptop. Setelah semua data terbackup, baru lakukan upgrade Ponsel dengan cara mengakses menu “Firmware Upgrade and Initialisation” di tab “Tools”.

Cara Upgrade Android KitKat Menggunakan Samsung Kies

Cek Ketersediaan Update Firmware Android Terbaru Melalui Samsung Kies

Jika sebelumnya Anda belum melakukan back up, Samsung Kies 3 menyarankan untuk melakukan back up seperti gambar dibawah. Jika sudah membackup data, abaikan saja dengan mengklik tombol skip backup.

Cara Back Up Data Hp Samsung Menggunakan Samsung Kies

Selanjutnya Samsung Kies akan mencari update terbaru dari device atau ponsel yang telah kita hubungkan tersebut. Jika tersedia, Samsung Kies akan memberitahunya seperti pada gambar dibawah. Lakukan saja update untuk mendapatkan firmware Android terbaru (KitKat).

Update Android KitKat Melalui Samsung Kies

Berikutnya, akan ada pemberitahuan dan jendela konfirmasi persetujuan termasuk peringatan untuk tidak melepas kabel data selama proses upgrade KitKat dan tidak menghubungkan perangkat lain ke PC atau laptop seperti mp3 player, kamera, dsb seperti gambar dibawah. Centang semua pilihan persetujuan, kemudian klik Start upgrade.

Konfirmasi Upgrade Android KitKat

Berikutnya akan muncul jendela pemberitahuan mengenai fitur Android KitKat termasuk tidak dimungkinkannya untuk men-downgrade firmware seperti gambar dibawah. Klik saja Next.

Pemberitahuan Mengenai Android KitKat di Samsung Kies

Proses download dan upgrade firmware Android KitKat akan berjalan. Inilah proses yang memakan waktu cukup lama (tergantung koneksi internet) karena file yang di download kurang lebih 400 Megaan.

Proses Upgrade Android KitKat Dari Samsung Kies Berjalan

Proses Install Android KitKat Melalui Samsung Kies

Proses Upgrade Android KitKat Melalui Samsung Kies Selesai

Proses Update Android KitKat Melalui Samsung Kies Sukses

Sampai disini, upgrade Android KitKat melalui Samsung Kies 3 akan berjalan secara otomatis sampai selesai dan menunggu proses pemasangan di hp Samsung. Gambar-gambar dibawah memperlihatkan proses upgrade Android KitKat yang tampil di layar hp Samsung. Pastikan proses upgrade di hp benar-benar selesai, ditandai dengan layar pada hp Samsung kembali ke menu utama seperti biasa, baru boleh mencabut kabel data.

Download Android Kitkat Di Layar Komputer dan Hp Samsung

Proses Download Android Kitkat Di Layar Hp Samsung

Proses Pemasangan Android KitKat di Hp Samsung

Proses Akhir dan Inisialisasi Android KitKat di Hp Samsung

Cara Update Android KitKat HP Samsung

 

Tidak semua hp Samsung kebagian jatah manisnya Android KitKat. Jadi cek terlebih dahulu apakah ponsel Anda dapat di upgrade ke Android KitKat. Silahkan lihat di artikel sebelumnya, list atau daftar hp Samsung yang mendapat upgrade Android kitkat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Upgrade Android KitKat Hp Samsung,


Diterbitkan pada: Selasa, 20 Mei 2014
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright