Sosial Media

Busyet! Teknologi WiFi Samsung Bisa Kirim File 1 GB Hanya Dalam 3 Detik Saja

Teknologi WiFi (Wireless Fidelity) dari Samsung di klaim dapat mentransfer file berukuran 1 GB hanya dalam waktu 3 detik saja. Fantastis bukan?. Dapat dibayangkan begitu cepatnyanya pertukaran data jika teknologi ini di implementasikan untuk perangkat PC, notebook dan gadget nantinya.

Untuk diketahui, saat ini teknologi standar WiFi menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Rata-rata kecepatan transfer data-nya hanya 108 MB per detik. Dengan teknologi yang ditemukan oleh Samsung ini, WiFi bekerja di pita frekuensi 60 GHz. Itu artinya, kecepatannya hampir 5 kali dari kecepatan transefr WiFi saat ini yaitu 4,6 Gbps atau sekitar 575 MB per detik.

Kantor Samsung di Korea Selatan“Samsung telah berhasil mengatasi hambatan komersialisasi dan mencipatakan teknologi WiFi baru dengan pita 60 GHz, dan kami berencana untuk mengkomersilkan terobosan teknologi ini,” ungkap Kim Chang Yong, selaku Head of DMC R&D Center of Samsung Electronics, seperti yang dikutip dari laman blog resmi Samsung disini, Samsung Tomorrow.

Dijelaskan juga jika standar Teknologi Wi-Fi 802.11ad 60 GHz dari Samsung dapat mempertahankan kecepatan maksimum dengan menghilangkan gangguan co-channel, terlepas dari jumlah perangkat yang menggunakan jaringan yang sama. Dengan demikian, teknologi WiFi baru Samsung ini dapat menghilangkan kesenjangan antara kecepatan teoritis dan aktual, dan menunjukkan kecepatan yang sebenarnya, yaitu lebih dari 10 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan teknologi WiFi yang bekerja di pita 2,4 GHz dan 5 GHz.

Selanjutnya, inovasi dan teknologi WiFi baru dari Samsung ini rencananya akan di implementasikan oleh Samsung untuk perangkat-perangkat baru mereka dimasa mendatang.

Nantinya, tidak hanya antar dua perangkat saja, beragam perangkat dapat terhubung satu sama lain tanpa mengalami kendala. Permasalahan umum teknologi WiFi standar saat ini terletak pada terbatasnya kecepatan koneksi antar perangkat. WiFi akan mengalami penurunan sinyal dan kecepatan transfer data jika terhubung dengan berbagai perangkat.

Nah, dengan teknologi pita 60 GHz ini, Samsung mengklaim jika teknologi WiFi yang telah mereka temukan ini memungkinkan beragam perangkat terhubung tanpa mengalami kendala seperti penurunan kecepatan maksimum maupun path loss. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka telah membuat desain berupa sirkuit baru dan sebuah inovasi terbaru yang mereka namakan teknologi beam forming antenna.

Kabar baiknya, teknologi WiFi 60 GHz dari Samsung ini akan digunakan awal tahun depan yang akan di implementasikan untuk perangkat Samsung seperti perangkat audio visual dan perangkat media serta peralatan telekomunikasi.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Busyet! Teknologi WiFi Samsung Bisa Kirim File 1 GB Hanya Dalam 3 Detik Saja,


Diterbitkan pada: Rabu, 15 Oktober 2014
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright