Games dan Aplikasi HP

Ini Dia Fitur-Fitur Terbaru Dari Android 5.0 Lollipop

Google baru saja memperkenalkan sistem operasi Android terbaru mereka yaitu Android 5.0 Lollipop. Penerus Android KitKat ini disebut-sebut sebagai update terbesar Google terhadap sistem operasi dengan logo robot ijo itu. Nah, apa saja fitur-fitur yang ditawarkan dari Android rasa Lollipop ini?, berikut ulasan singkatnya.

Banyak fitur baru dari Android Lollipop dibandingkan dengan Android KitKat sebelumnya, 5 diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fitur Keamanan Android Lollipop.
Seperti yang diketahui, jika isu keamanan terus menimpa perangkat atau gadget yang menjalankan sistem operasi Android. Mulai dari virus, malware sampai ke pencurian data. Nah, di sistem operasi terbaru robot ijo ini, Google mengklaim jika sistem keamanan Android Lollipop sudah menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi secara default dengan sistem SELinux, sehingga OS ini lebih aman mengatasi masalah terkait malware.

Fitur keamanan lainnya adalah fitur Android Smart Lock. Fitur ini merupakan fitur keamanan yang dapat diimplementasikan terhadap dua perangkat Android Lollipop. Jika fitur ini diaktifkan, salah satu perangkat tidak akan bisa dibuka tanpa melibatkan perangkat yang satunya.

Tim Android juga telah menambahkan sebuah fitur yang dinamakan Factory Reset. Fitur perlindungan ini apabila diaktifkan oleh pengguna tablet maupun smartphone Android Lollipop seperti Nexus 6, maka semua data pengguna tidak dapat dihapus atau direset tanpa memasukkan password yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, fitur ini sangat berguna jika ponsel atau tablet dicuri. Pencuri tidak dapat menghapus data si pemilik ponsel/tablet tersebut. Sehingga pencuri akan berfikir untuk menjual perangkat curiannya itu. Apalagi jika fitur lock screen juga diaktifkan, pencuri tidak dapat mengoperasikan sama sekali tablet atau smartphone Lollipop hasil curiannya itu.

2. Tampilan Android Lollipop.
Tim Google Android melakukan perubahan besar-besaran terhadap antar muka atau tampilan dari Android 5.0 Lollipop. Meski demikian, pengguna Android tidak perlu khawatir kesulitan mengoperasikannya, karena beberapa desain lainnya masih dibuat sedikit mirip dengan versi sebelumnya.

Disini, tim Android membuat tampilan Android Lollipop penuh dengan warna. Mereka membuat tampilan Material Design layaknya cairan yang bergerak dengan tujuan pasti.

3. Berbagi Tampilan Layar (Device sharing).
Melalui Android Lollipop, tak hanya dapat berbagi file-file seperti foto dan video, namun juga dapat berbagi tampilan layar.

4. Fitur Notifikasi Yang Disempurnakan dan Lebih Menarik.

5. Perbaikan Isu Boros Baterai.
Smartphone dan tablet Android selama ini terkenal dengan pemakaian sumber daya yang berlebih. Cara menghemat baterai hp Android sebenarnya bisa dengan menonaktifkan beberapa fitur dan aplikasi yang sedang berjalan, atau dengan mengurangi tingkat pencahayaan layarnya.

Di Android Lollipop ini, fitur penghematan baterai ini diklaim mampu memperpanjang masa pakai baterai sampai dengan 90 menit lamanya. Fitur pemberitahuan indikator baterai juga tersedia disini, berapa lama waktu masa pakai baterai dan berapa lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang daya baterai sampai penuh.

Fitur-fitur Di Android 5.0 Lollipop

Google Android 5.0 Lollipop. Gambar: www.android.com.

Itulah beberapa fitur baru yang ada di Android Lollipop. Dengan demikian bertambah lagi satu nama sistem operasi robot ijo ini dalam list sejarah Android setelah KitKat dirilis tepat satu tahun yang lalu.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Dia Fitur-Fitur Terbaru Dari Android 5.0 Lollipop,


Diterbitkan pada: Kamis, 16 Oktober 2014
Rating : 4.92 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright