Tips dan Trik

Anda Pengguna iPad dan iPhone?, Waspada Dengan WireLurker

Bagi Anda pengguna iPad dan iPhone kudu waspada. Pasalnya peneliti keamanan telah menemukan malware WireLurker yang menargetkan produk-produk Apple tersebut. Tak sebatas iPhone yang sudah di jailbreak saja, WireLurker bahkan dapat menginfeksi iPhone dan iPad non-jailbreak. Bisa melalui aplikasi yang di download dari server pihak ketiga atau bahkan melalui perangkat Mac.

Sekitar 6 bulan yang lalu di Cina, WireLurker di ketahui telah menginfeksi banyak perangkat Mac. Saat itu, target malware ini hanya sebatas pada perangkat berbasis desktop seperti Mac. Penyebarannya adalah dengan memindahkan data yang ada di perangkat MAC yang telah terinfeksi via kabel USB. Kini, WireLurker di program untuk menyerang perangkat berbasis mobile milik Apple seperti iPhone, dan tentunya malware ini semakin canggih dari versi terdahulu.

Seperti yang di beritakan oleh BBC, perusahaan keamanan Palo Alto Networks yang bermarkas di Amerika Serikat menyatakan “WireLurker” saat ini sangat berbeda dengan malware yang menyerang perangkat Apple dengan sistem operasi OS X dan iOS terdahulu.

Malware WireLurker Menyerang iPhone

Gambar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Gambar: Apple Store.

Saat ini, sekitar 467 aplikasi di toko aplikasi Apple pihak ketiga di curigai telah terinfeksi malware WireLurker. Parahnya, aplikasi-aplikasi tersebut telah di download lebih dari 350 ribu kali oleh pengguna sejak bulan Oktober. Bahkan, diantara aplikasi-aplikasi yang di curigai tersebut terdapat games populer seperti Pro Evolution Soccer 2014, Angry Birds, The Sims 3 dan Battlefield: Bad Company 2.

Nah, bagaimana jika WireLurker sudah menginfeksi iPhone dan iPad?. Sangat fatal akibatnya. Malware ini dapat mencuri berbagai informasi dalam perangkat pengguna perangkat mobile Apple seperti misalnya kontak pengguna, membaca iMessage, data sensitif bahkan mampu memperbaharui diri sendiri secara rutin dari server pembuatnya.

Untuk itu, bagi Anda pengguna iPhone dan iPad, disarankan untuk berhati-hati dan jangan sembarangan bertukar data dengan perangkat Mac yang tidak di percaya via kabel USB, serta jangan pernah mendownload dan menginstal aplikasi-aplikasi iPhone dan iPad dari toko aplikasi pihak ketiga.

Seperti yang diberitakan, kuat dugaan jika toko aplikasi Apple pihak ketiga dalam hal ini adalah Maiyadi App Store merupakan sarang dan tempat bersemayamnya malware WireLurker. Lalu bagaimana cara untuk meminimalisir dan menghindari malware WireLurker ini?.

Yang pertama jangan pernah mendownload aplikasi iPhone dan iPad dari toko aplikasi pihak ketiga. Download -lah melalui toko aplikasi resmi Apple di Apple App Store.

Yang kedua jangan pernah menerima permintaan untuk profil perusahaan penyedia yang baru (enterprise provisioning profile) kecuali itu berasal dari pihak yang terpercaya. Yang ketiga jangan pernah menghubungkan iPhone atau iPad ke perangkat Mac yang tidak terpercaya. Yang Keempat jangan men- jailbreak iPhone atau iPad Anda.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Anda Pengguna iPad dan iPhone?, Waspada Dengan WireLurker,


Diterbitkan pada: Kamis, 6 November 2014
Rating : 4.75 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright