Sosial Media

How Old Net, Situs Aplikasi Untuk Mengetahui Umur Dari Foto

Di media sosial belakangan situs How Old yang beralamat di how-old.net ramai jadi perbincangan. Situs ini menawarkan aplikasi untuk mengetahui umur seseorang dari foto yang mereka unggah. How Old sendiri merupakan situs buatan Microsoft yang memanfaatkan teknologi machine based learning Azure. Teknologi kecerdasan buatan dari Microsoft itu mampu menebak usia bahkan jenis kelamin hanya dari foto yang di unggah oleh penggunanya.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja how-old.net dalam menebak usia seseorang?. Menurut keterangan disana, aplikasi yang ada di how old net menggunakan 3 teknologi kecerdasan buatan. Yang pertama adalah teknologi untuk mengenali wajah yang merupakan teknologi dasar, kemudian teknologi untuk mengelompokkan jenis kelamin, dan yang terakhir adalah teknologi untuk mendeteksi usia.

Teknologi yang tertanam di aplikasi how old akan melakukan regresi serta klasifikasi masalah diteruskan dengan menganalisa untuk keperluan mengetahui usia dan deteksi jenis kelamin seseorang.

Hebatnya lagi, aplikasi how old yang ada situs how-old.net itu bukan saja dapat mengetahui umur satu orang saja. How old dapat juga mendeteksi 2 atau lebih usia masing-masing orang yang ada didalam foto yang di upload kesana. Bahkan, bukan manusia saja. Keberadaan Hantu juga dapat di deteksi oleh aplikasi ini.

Sayangnya, tidak semua hasil yang di deteksi oleh aplikasi how old benar-benar 100 persen akurat. Ada foto yang di deteksi melebihi atau kurang dari usia yang sebenarnya. Bahkan, keberadaan hantu yang di deteksi oleh aplikasi ini besar kemungkinan adalah kekeliruan semata.

Meski teknologi kecerdasan buatan di how-old.net jauh dari kata sempurna, namun Eason selaku Senior Programer di mesin pencari Bing sangat antusias dan bangga dengan aplikasinya itu. Kode dibalik aplikasi umur yang dia kembangkan itu merupakan perpaduan antara teknologi mesin pencari Bing dan Microsoft Research. Bagi netizen khususnya di Indonesia, ketidak akuratan aplikasi how old malah menjadi guyonan dan bahan ledekan serta menjadi perbincangan hangat khususnya di media Instagram.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi how old di how-old.net?. Cukup mudah, baik pengguna dektop maupun pengguna mobile smartphone cukup mengunjungi websitenya di alamat http://how-old.net kemudian mengunggah foto dengan cara mengakses tombol “Use your own photo”.

Aplikasi How Old Untuk Mengetahui umur

Aplikasi umur ini kemudian akan menganalisa wajah-wajah yang ada didalam foto tersebut dan menampilkan berapa umur dan jenis kelamin dengan angka beserta logo perempuan atau laki-laki seperti gambar dibawah ini. Cukup mudah bukan?.

How Old Net Situs Untuk Mengetahui Umur

HowOld.Net Situs Untuk Mengetahui Umur dan Jenis Kelamin.

Untuk diperhatikan, Microsoft selaku pengembang dan pemilik aplikasi umur ini memiliki peraturan yang telah tertulis di halaman ketentuan penggunaannya (Term Of Use). Salah satu bagian yang harus diperhatikan adalah seluruh gambar atau foto-foto yang di unggah ke how-old.net menjadi milik Microsoft dan bisa di manfaatkan oleh Microsoft untuk kepentingan mereka, termasuk untuk menggunakan dan menyebar luaskan foto Anda tersebut.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

How Old Net, Situs Aplikasi Untuk Mengetahui Umur Dari Foto,


Diterbitkan pada: Kamis, 7 Mei 2015
Rating : 4.57 / 5 dari 7 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright