Sains

Inilah 3 Fakta Baru Mengenai Planet Pluto

Pluto, jika mendengar namanya, yang terbayang adalah sebuah planet terkecil dan terjauh serta merupakan planet ke-9 dalam tata surya. Namun benarkah Pluto merupakan sebuah planet dan memiliki ukuran sangat kecil seperti yang ditulis dalam buku-buku mengenai astronomi dan buku-buku pelajaran di sekolah?. Ternyata semua tidak sepenuhnya benar.

Planet Pluto awalnya ditemukan oleh Clyde Tombaugh seorang Astronom di Observatorium Lowell, Flagstaff, Arizona, Amerika Serikat pada 18 Februari 1930 silam. Sampai pada tahun 2006, planet ini masih merupakan bagian dari 9 planet yang ada didalam tata surya. Namun, setelah itu IAU (International Astronomical Union) memberikan bukti dan fakta jika Pluto bukanlah sebuah planet. Mengapa?, sebab Pluto tidak memiliki karakteristik dan syarat seperti massa yang cukup, berada di sekitar orbit matahari, sdb.

Meski demikian pada 24 Agustus 2006 oleh IAU, Pluto ditetapkan sebagai Planet Katai dikarenakan memiliki beberapa kesamaan dengan planet-planet lain.

Tak puas dengan fakta itu, akhirnya NASA melakukan misis khusus untuk menyelidiki lebih jauh mengenai Pluto dengan mengirimkan pesawat antariksa super canggih “New Horizons” pada Januari 2015. Pesawat canggih ini dilengkapi dengan berbagai kamera super canggih dan instrumen yang dirancang khusus untuk menjelajah diluar angkasa dalam waktu yang cukup lama hingga 20 tahun kedepan.

Fakta Baru Planet Pluto

Gambar Planet Pluto.

Pada bulan April 2015, New Horizons mulai mengambil gambar Pluto dari kejauhan dan mengirim hasilnya kepada tim ilmuwan. Foto-foto yang diambil oleh pesawat ini merupakan foto ketika sedang berada 8.000.000 km dari Pluto. Dari gambar dan foto inilah fakta baru Pluto kemudian ditemukan lagi.

Warna Pluto tidaklah gelap seperti yang sudah diyakini oleh ilmuwan lain atau seperti yang ada didalam buku-buku pelajaran di sekolah. Pluto yang disebut-sebut berwarna kelabu atau biru ternyata keliru. NASA mengungkapkan jika Pluto memiliki warna merah berpasir.

Warna Planet Pluto Merah Berpasir

Warna Planet Pluto Merah Berpasir.

Sumber dan gambar-gambar planet Pluto : www.nasa.gov.

Yang cukup menarik adalah Pluto memiliki corak gelap memanjang. Nasa menyebutnya sebagai “The Whale”. Selain itu, Pluto memiliki sisi luas berukuran kurang lebih 2000 km yang sangat terang berbentuk hati. Kawasan ini terletak di bagian sebelah kanan. Sementara dibagian atas merupakan kawasan kutub yang juga terlihat sangat terang.

Fakta yang ketiga adalah ukuran Pluto yang mungil ternyata juga keliru. Berdasarkan hasil pencitraan gambar yang dilakukan New Horizons, ditemukan fakta jika ukuran Pluto tidaklah kecil seperti yang diperdebatkan selama ini. NASA mengungkapkan Pluto memiliki diameter 1,473 mil.

Itulah fakta-fakta baru mengenai Pluto. Fakta lain mungkin akan ditemukan seiring dengan perjalanan New Horizons yang semakin mendekatinya.

Baca juga : Satelit Nasa Tangkap Dua Lubang Magma Di Gunung Raung.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Inilah 3 Fakta Baru Mengenai Planet Pluto,


Diterbitkan pada: Selasa, 14 Juli 2015
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Inilah 3 Fakta Baru Mengenai Planet Pluto".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright