Tips dan Trik

Terbalik Memasukkan S-Pen Samsung Galaxy Note, Fatal Akibatnya

Apa akibatnya jika pengguna terbalik memasukkan S-Pen smartphone Samsung Galaxy Note 5?. Ternyata sangat fatal. S-Pen akan tersangkut dan sulit untuk dikeluarkan. Meskipun pengguna bisa memaksanya keluar, namun sensor pendeteksi S-Pen Galaxy Note 5 akan mati total. Jika itu terjadi, smartphone tidak bisa lagi mendeteksi keberadaan S Pen, apakah telah dimasukkan atau dalam keadaan terlepas dari slot-nya.

Klaim pengguna mengenai kerusakan S-Pen Samsung Galaxy Note 5 akibat terbalik memasukkannya ini terus beredar diranah internet dan menjadi perbincangan hangat. Tidak bisa dipungkiri, mengingat Galaxy Note 5 merupakan phablet keluaran terbaru yang memiliki spesifikasi kelas atas, dan akhirnya tidak sedikit mulai mencibir kekurangan Galaxy Note 5 tersebut.

Namun titik terang mulai terlihat, Samsung mengklarifikasi semuanya. Didalam buku panduan Galaxy Note 5 sebenarnya Samsung telah menuliskan secara jelas agar pengguna berhati-hati saat memasukkan S-Pen dan tidak boleh dalam keadaan terbalik. Atas permasalahan tersebut, pengguna tidak bisa menyalahkan pihak Samsung sepenuhnya.

Panduan Penggunaan S-Pen Samsung Galaxy Note 5

Panduan Penggunaan S-Pen Samsung Galaxy Note 5.

Meski demikian, kejadian ini diharapkan menjadi PR buat pihak Samsung untuk mendesain jajaran Galaxy Note mereka selanjutnya agar S-Pen tidak bisa di pasang dalam keadaan terbalik seperti misalnya pada S-Pen pendahulunya, Samsung Galaxy Note II. Mengapa?. meski pengguna telah membaca buku panduan dan memahaminya, bukan tidak mungkin suatu saat mereka lupa atau tanpa sengaja memasukkan S-Pen Galaxy Note 5 dalam keadaan terbalik.

Nah bagi Anda yang penasaran mengapa hal itu bisa terjadi, situs 9to5Google berbagi pengalaman dengan membongkar Samsung Galaxy Note 5.

Dari perangkat yang dibongkar tersebut, terlihat jika didalam slot S-Pen Galaxy Note 5 terdapat sebuah tuas (switch) kecil berbahan plastik. Fungsi tuas ini adalah untuk memberitahukan smartphone saat S-Pen dimasukkan atau dikeluarkan dari slot-nya. Misalnya ketika S-Pen dikeluarkan perangkat secara otomatis akan membuka aplikasi seperti memo Screen off atau menu Air Command.

Kemudian di atas tuas tersebut ternyata ada tuas lain yang fungsinya untuk menahan S-Pen tetap berada didalam slot-nya saat sedang tidak digunakan. Nah, tuas inilah yang menahan atau mengunci S-Pen jika dipasang dalam keadaan terbalik. Jika dipaksa keluar, maka tuas tersebut akan mengalami kerusakan. Akibanya, Galaxy Note 5 tidak bisa mendeteksi keberadaan S-Pen saat berada didalam slot. Kira-kira seperti inilah gambarannya:

Akibat Terbalik Memasukkan S-Pen Samsung Galaxy Note 5

Akibat Terbalik Memasukkan S-Pen Samsung Galaxy Note 5. (9to5Google)

Untuk itu bagi Anda pengguna Samsung Galaxy Note 5, harus berhati-hati dan jangan sampai terbalik memasukkan S-Pen jika tidak ingin perangkat kesayangan Anda tersebut kehilangan salah satu fitur pentingnya.

Lihat juga disini : Fitur-fitur dan kelebihan Samsung Galaxy Note 5.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Terbalik Memasukkan S-Pen Samsung Galaxy Note, Fatal Akibatnya,


Diterbitkan pada: Senin, 31 Agustus 2015
Rating : 3.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Terbalik Memasukkan S-Pen Samsung Galaxy Note, Fatal Akibatnya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright