Sosial Media

Akhirnya Netflix Diblokir di Indonesia, Ini Alasannya!

Sempat heboh dan menjadi perdebatan, akhirnya layanan streaming film dan video Netflix diblokir di Indonesia. Pemblokiran Netflix ini mulai berlaku hari ini 27 Januari sejak pukul 00.00 WIB untuk seluruh pelanggan yang menggunakan jasa dari Telkom, termasuk layanan dari Telkomsel, WiFi.id dan layanan IndoHome.

Dua alasan Netflix diblokir oleh Telkom Grup adalah layanan streaming film dan video itu dianggap mengandung unsur atau konten p0rn0grafi serta belum memenuhi regulasi di Indonesia. Untuk melindungi konsumen, langkah pemblokiran harus diambil oleh Telkom.

Netflix Indonesia diblokir Telkom

Netflix Indonesia diblokir Telkom.

Alex Janangkih Sinaga selaku Direktur Utama Telkom seperti yang dikutip dari laman detik mengungkapkan untuk melindungi konsumen mereka dari konten video dan film yang belum disensor oleh lembaga sensor film di Indonesia, pihaknya proaktif untuk memblokir Netflix di Indonesia. Menurutnya, langkah yang mereka ambil mengacu pada undang-undang nomor 33 tahun 2009 pasal 57 mengenai perfilman.

Lihat disini: Cara Menghemat Paket Data Streaming Video di Netflix.

Pemblokiran Netflix oleh Telkom ini bisa saja dibuka secepatnya jika pihak Netflix sudah memenuhi semua persyaratan dan regulasi yang berlaku di Indonesia terutama ketentuan pada UU no. 33/2009.

Meski banyak netizen yang merasa kecewa karena layanan Netflix diblokir, namun langkah yang diambil oleh pihak Telkom ini di apresiasi oleh Menkominfo, Rudiantara. Bahkan sebelum Netflix resmi hadir di Indonesia, beliau sudah mengungkapkan 3 aturan untuk tayangkan Netflix di Indonesia.

Menurutnya, layanan video streaming Netflix wajib mengikuti kebijakan yang berlaku di Indonesia. Sebab, Netflix sudah masuk kedalam kategori PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik), dan yang paling pokok bagi PSE adalah kewajiban mereka untuk mendirikan suatu Bentuk Usaha Tetap (BUT).

Jika sudah membentuk BUT, itu berarti Netflix telah memenuhi unsur legalitas di Indonesia, memenuhi regulasi fiskal, mempunyai hak dan kewajiban secara hukum dan kepastian untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, dsb.

Sayangnya, layanan streaming video dan film seperti Netflix ini diakui oleh Menkominfo masih terkendala seperti apa mekanisme sensor yang akan diterapkan, karena Lembaga Sensor Film (LSF) memang belum membuat aturan mainnya.

Lihat juga: Cara Berlangganan dan Nonton Film Di Netflix.


Meski Netflix diblokir dan tidak dapat diakses melalui layanan Telkom Grup seperti Telkomsel, WiFi.id dan IndoHome, namun masih bisa di akses melalui beberapa operator lainnya di Indonesia.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Akhirnya Netflix Diblokir di Indonesia, Ini Alasannya!,


Diterbitkan pada: Rabu, 27 Januari 2016
Rating : 4.13 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Akhirnya Netflix Diblokir di Indonesia, Ini Alasannya!".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright