Software App

Ini Cara Menghemat Paket Data Streaming Video di Netflix dan YouTube

Bagaimana cara menghemat paket data internet saat menonton film menggunakan layanan streaming Netflix?, atau Anda sering nonton video-video di YouTube?. Bagi yang menggunakan paket data unlimited tentu hal itu bukan masalah. Namun bagaimana bagi mereka yang berlangganan paket data internet berbasis kuota?, tentu saja menonton video dan streaming film seperti dilayanan Netflix dan YouTube menjadi masalah besar.

Bayangkan saja, untuk menonton streaming film di Netflix, rata-rata pengguna menghabiskan kuota data mencapai 700 MB. Itupun kualitas film yang di tonton merupakan SD (Standard Definition). Bagaimana jika film yang ditonton memiliki kualitas HD (High Definition) hingga kualitas Ultra HD?, tentu pemakaian kuota paket data internet semakin membengkak.

Download Aplikasi Opera MAX untuk Android

Aplikasi Opera MAX untuk Android. (opera)

Untuk mengatasi permasalahan borosnya pemakaian paket data saat digunakan saat menonton video di YouTube atau saat nonton streaming film di Netflix, ada sebuah aplikasi yang diklaim mampu menghemat pemakaian data internet hingga 60 persen buatan Opera.

Siapa yang tidak kenal dengan Opera. Mendengarnyanya tentu yang ada dibayangan pertama kali adalah sebuah web atau mobile browser seperti Opera Mini. Namun bukan itu yang dimaksud, melainkan sebuah aplikasi buatan Opera Software ASA lainnya yang bernama Opera MAX.

Pengembangan Opera MAX tak lepas dari kepopuleran layanan streaming film Netflix. Meski cukup populer, namun layanan berbasis streaming ternyata tidaklah semurah yang dibayangkan. Meski terlihat biaya berlangganan perbulannya dikisaran 100 ribuan, namun pengeluaran yang sebenarnya terletak dari penggunaan paket data internet pelanggannya.

Menonton streaming film di Netflix dengan kualitas film HD atau Ultra HD membutuhkan koneksi internet yang mumpuni disertai dengan kuota paket data yang besar juga. Diperkirakan, jika pengguna menonton film lebih dari 2 jam, paket data internet yang terpakai diperkirakan lebih dari 1,5 GB.

Atas dasar itulah Opera kemudian mengembangkan aplikasi Opera MAX untuk membatu pengguna layanan streaming film dan video untuk menghemat kuota paket data internet mereka.

Dengan klaim mampu menghemat paket data hingga 60 persen, aplikasi ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Itu artinya, pengguna layanan streaming video bisa menghemat pemakaian paket internet mereka hingga dua kali lipat. Dengan kata lain, paket internet yang seharusnya hanya bisa menonton film satu kali, dengan aplikasi ini, bisa menonton dua kali.

Contohnya, jika sebelum menggunakan aplikasi Opera MAX pengguna menghabiskan paket data sebesar 1 GB untuk menonton streaming film di Netdlix, maka dengan aplikasi ini film tersebut dapat di tonton hanya dengan menghabiskan paket internet sebesar 400 MB saja. Menarik bukan?.

Cara Menghemat Paket Data Netflix dan YouTube

Cara Menghemat Paket Data Netflix dan YouTube.

Pertanyaannya kemudian, apakah penghematan ini akan mempengaruhi kualitas film atau video yang di tonton?. Tentu saja ada, namun itu tidak terlalu banyak mempengaruhi kualitas film tersebut.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi Opera MAX dalam menghemat paket data saat streaming video atau film di YouTube atau Netflix?. Aplikasi ini akan mengirimkan video atau film yang akan ditonton pengguna ke server mereka terlebih dahulu untuk di kompresi sedemikian rupa. Setelah itu, barulah hasil kompresi tersebut dikirim dan dapat di tonton oleh pengguna.

Lihat juga: cara download video Youtube dari ponsel Android.

Selain dapat menghemat paket data internet, aplikasi Opera MAX juga memiliki fitur-fitur unggulan lainnya seperti misalnya menonaktifkan paket data internet dari aplikasi-aplikasi streaming film seperti Netflix dan hanya di izinkan jika terkoneksi dengan jaringan WiFi saja. Dengan kata lain, Opera MAX memiliki fitur untuk memanajemen aplikasi mana saja yang di izinkan untuk menggunakan paket data dari jaringan seluler penggunanya.

Fitur unggulan lain dari Opera MAX adalah mampu mengkompresi file-file gambar, melacak aktifitas koneksi WiFi, mempercepat koneksi WiFi dan yang terpenting identitas pengguna aman sehubungan dengan penggunaan aplikasi ini. Opera MAX sama sekali tidak menyentuh semua informasi dan data yang terhubung melalui koneksi aman.

Nah, tertarik ingin mencoba aplikasi ini?, download aplikasi Opera Max melalui Google Play Store di tautan ini.


Saat ini aplikasi Opera MAX memang baru tersedia untuk perangkat tablet dan smartphone berbasis Android. Adapun syarat utama untuk bisa menggunakannya, perangkat harus bersistem operasi Android versi 4.0 atau yang lebih tinggi.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Cara Menghemat Paket Data Streaming Video di Netflix dan YouTube,


Diterbitkan pada: Selasa, 12 Januari 2016
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ini Cara Menghemat Paket Data Streaming Video di Netflix dan YouTube".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: