Software dan Games Komputer

Hapus Virus Locky, Teslacrypt dengan Smadav 2016 10.6 Antivirus

Komputer dan laptop Windows Anda terinfeksi virus penyandera data seperti virus Locky, Teslacrypt, dsb?. Hapus dengan antivirus Smadav 2016 terbaru versi 10.6. Yups, tim Smadav telah mengeluarkan update terbaru antivirus mereka dengan kemampuan pembersihan jenis-jenis virus tersebut.

Diversi ini, peningkatan juga dilakukan untuk mencegah semua malware yang termasuk dalam Ransomware. Apa itu Ransonware?.

Ransomware adalah nama atau istilah generic untuk semua malware yang sesuai dengan namanya untuk meminta sejumlah uang tebusan kepada pengguna yang komputernya telah terinfeksi virus malware ini. Para ahli komputer memperingatkan, Ransomware adalah jenis virus malware yang berkembang paling pesat saat ini.

Cara Kerja Ransomware.
Malware ini umumnya masuk ke komputer atau laptop korban dalam bentuk email spam, phising atau pembaharuan software palsu. Jika pengguna dalam hal ini penerima email mengklik tautan dan membuka lampiran yang ada didalam email, seketika ransomware menginfeksi perangkat mereka.

Kemudian virus jahat ini mulai bekerja dengan mengunci dan mengenkripsi data komputer korban, sehingga komputer atau data si korban tidak dapat diakses atau dibuka.

Untuk membukanya, biasanya sang pembuat dan pengirim Ransomware meminta tebusan / bayaran untuk mengembalikan data mereka. Kebanyakan, tebusan diminta dalam bentuk mata uang bitcoin karena lebih sulit dilakukan pelacakan siapa pelakunya. Nilai 1 bitcoin biasanya berkisar Rp 7 jutaan. Jika permintaan mereka tidak dipenuhi dalam tenggat waktu yang telah ditentukan, biasanya nilai tebusan akan dinaikkan.

Oleh karenanya, Ransonware lebih dikenal dengan virus penyandera data, virus pemalak atau virus pemeras.

Riset terbaru yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Palo Alto Networks menyebutkan jika salah satu jenis ransomware yaitu Crypto Wall telah menghasilkan sekitar US$325 juta atau Rp4,6 triliun yang mengalir kerekening kelompok pembuatnya, demikian seperti yang diberitakan oleh laman BBC. Lalu bagaimana cara pencegahannya?.

Cara mencegah virus malware Ransomware.

  • Waspada dan teliti saat membuka email yang mencurigakan.
  • Jangan pernah mengklik tautan atau membuka file lampiran email dari seseorang yang tidak anda kenal. Apalagi berasal dari negara lain.
  • Jangan men- download aplikasi dari tempat-tempat download yang tidak resmi.
  • Lakukan update database antivirus setiap hari dan perbaharui versinya.

Kabar baiknya, antivirus Smadav 2016 Rev. 10.6 sudah mendukung pencegahan (Anti-Ransomware) dan bisa melakukan pembersihan varian malware ransomware. Silahkan download antivirus Smadav 2016 terbaru versi 10.6 (Free) disini atau disini.


Diversi ini tim Smadav juga melakukan peningkatan performa pemindaian USB flashdisk yang lebih cepat dari versi sebelumnya dengan penambahan database 768 virus baru. Dapat dilihat dari tampilan Smadav Pro 2016 versi 10.6 diatas jumlah main databases 12899 dan virus variants 3759. Sehingga total databases pengenal virusnya berjumlah 16658. Nah, jika Anda ingin mencoba Smadav Pro, bisa membelinya disini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Hapus Virus Locky, Teslacrypt dengan Smadav 2016 10.6 Antivirus,


Diterbitkan pada: Kamis, 14 April 2016
Rating : 4.53 / 5 dari 17 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hapus Virus Locky, Teslacrypt dengan Smadav 2016 10.6 Antivirus".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: