Tips dan Trik

Benarkah Sering Bermain Gadget Bisa Menyebabkan Mata Anak Juling?

Saat ini gadget bukanlah merupakan perangkat yang tabu lagi, untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Bahkan sering sekali melihat banyak anak-anak kecil yang sudah dipegangi gadget oleh orang tua mereka. Awal-awal kecenderungan menggunakan gadget memang tidak menjadi masalah, namun Anda juga sebaiknya paham akan hal buruk jika terus-terusan menggunakan gadget terutama pada bagian mata.

Di Korea Selatan telah melakukan studi penelitian terhadap anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget berbasis smartphone maupun tablet. Dalam penelitian tersebut mengungkapkan jika anak yang kecenderungan menggunakan gadget baik itu smartphone maupun tablet mengalami mata juling sementara.

Bahaya Ponsel dan Tablet Bagi Kesehatan Mata

Ilustrasi: Bahaya Ponsel dan Tablet Bagi Kesehatan Mata.

Peneliti mengambil contoh anak pada usia 7 sampai 16 tahun sebanyak 12 anak, yang mana mereka menggunakan perangkat gadgetnya kurang lebih selama 4 sampai 8 jam tiap harinya. Tidak hanya memperhatikan durasi waktu saja, peneliti juga memperhatikan jarak pandangan mata dengan gadget tersebut, kurang lebih berjarak 20 sampai 30 cm dari wajah mereka.

Alhasil, penelitian tersebut telah menemukan bukti resiko terlalu sering menggunakan gadget dalam waktu yang lama serta jarak pandang yang dekat dapat menyebabkan mata juling atau mata yang tidak searah. Untuk itu, si peneliti menyarankan untuk segera melakukan pengobatan pada gangguan mata yang telah dialami oleh anak-anak tersebut.

Selain itu, para peneliti juga tidak mengizinkan anak-anak tersebut mengoperasikan smartphone mereka dalam rentang waktu yang telah ditentukan, kurang lebih sekitar 2 bulan. Setelah sembuh, anak-anak tersebut juga harus diawasi dan dibatasi dalam penggunaan gadget, kurang lebih sekitar 30 menit sekali dengan jarak pandang yang diatur.

Selain bisa membuat mata juling, dampak buruk terlalu sering menggunakan gadget  adalah bisa menyebabkan mata kering yang nantinya bisa menyebabkan iritasi. Jika pihak orang tua mengetahui adanya sesuatu yang bermasalah pada bagian mata si anak, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Itulah kurang lebihnya dampak buruk terlalu sering dan lama menggunakan gadget. Setelah kita mengetahuinya, setidaknya untuk saat ini kita sudah bisa mulai mengantisipasinya agar kita lebih bisa menyayangi mata.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Benarkah Sering Bermain Gadget Bisa Menyebabkan Mata Anak Juling?,


Diterbitkan pada: Senin, 25 April 2016
Rating : 4.45 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet dan sains.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Benarkah Sering Bermain Gadget Bisa Menyebabkan Mata Anak Juling?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: