Tips dan Trik

Cara Mengetahui File APK Bebas Dari Virus dan Malware

Jeripurba.com – Waspada terhadap virus dan malware jika Anda sering mendownload dan memasang file apk bukan dari toko aplikasi resmi di Google Play Store. Mengapa?. Kebanyakan hp Android yang terkena serangan virus dan terinfeksi malware akibat sering menginstal file apk yang di download dari sumber yang kurang terpercaya. Namun bukan berarti semua file apk yang bukan berasal dari Google Play Strore pasti mengandung virus atau malware ya.

Nah, jika Anda termasuk yang sering mengambil file mentah (apk) aplikasi atau game untuk Android dari sumber lain, ada cara untuk meminimalisir serangan virus dan malware yaitu dengan melakukan pemindaian terlebih dahulu sebelum file tersebut dipasang pada hp.

Lihat: Cara menyimpan file mentah apk aplikasi android.

Gunakan online scanner atau android apk virus scanner untuk memastikan apakah file apk yang sudah Anda download tersebut bebas dari program jahat seperti virus, malware atau ransomware.

Banyak tool apk checker online yang tersedia. Namun ada dua yang direkomendasikan dan sering digunakan oleh pengguna Android. Pertama adalah Android apk virus online scanner dari VirusTotal.

VirusTotal adalah layanan scanner online gratis untuk menganalisis file dan URL yang mencurigakan serta mendeteksi program jahat seperti virus, worm, trojan, dan semua jenis malware.

Cara menggunakan virustotal apk cukup mudah. Anda tinggal mengunjungi websitenya yang beralamat di https://www.virustotal.com/.

Cara Cek File Apk Virusan Atau Tidak Menggunakan VirusTotal Online Scanner

Cara Cek File Apk Virusan Atau Tidak Menggunakan VirusTotal Online Scanner.

Untuk memastikan dan mengetahui apakah file apk yang sudah Anda download tidak mengandung virus, malware atau program jahat lainnya, pilih menu file seperti gambar diatas (1).

Setelah itu, silahkan pilih atau upload file apk yang akan di scan dengan memilih tombol Choose file (2). Kemudian klik tombol “Scan it!” (3).

VirusTotal apk Online Scanner akan melakukan proses pemeriksaan. Setelah selesai, Anda bisa melihat hasil pemindaian apk tersebut apakah aman atau tidak.

Tool apk checker online yang kedua adalah NVISO apk Scan. Fungsinya sama yaitu untuk memindai virus atau malware dari sebuah file mentah apk Android.

Cara menggunakan NVISIO hampir sama dengan VirusTotal apk. Kunjungi websitenya di https://apkscan.nviso.be/. Kemudian upload file apk Anda. Jika apk tersebut sudah ada didalam database mereka, Anda tinggal melihat keterangan dan hasil analisisnya pada link pemberitahuan dibagian atas.

Namun jika file apk yang Anda upload belum tersedia, Anda harus menunggu proses upload dan proses scan hingga selesai. Cukup mudah bukan?.

Hasil Scan File Apk Menggunakan NVISO APK Scan

Hasil Scan File Apk Menggunakan NVISO APK Scan.

Lihat juga: Cara download apk dari play store lewat pc.


Sedia payung sebelum hujan begitu kira-kira ungkapannya. Sebelum hal-hal buruk terjadi pada hp Android kesayangan Anda, tidak ada salahnya melakukan cara ini untuk mengetahui dan memastikan jika file apk yang Anda download bebas dari virus dan malware. Semoga bermanfaat.

 

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mengetahui File APK Bebas Dari Virus dan Malware,


Diterbitkan pada: Selasa, 13 Juni 2017
Rating : 4.44 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mengetahui File APK Bebas Dari Virus dan Malware".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright