PC Laptop

Canggihnya Modem 5G Intel XMM 8160 dengan Teknologi Jaringan Multi Mode

Teknologi jaringan 5G sudah didepan mata. Raksasa Teknologi Intel membuat kejutan. Salah satu produk terbarunya yaitu modem XMM 8160 sudah menggunakan teknologi 5G.

Intel sendiri sebenarnya bukan pionir di industri chip modem 5G. Sebab sebelumnya Qualcomm lebih dulu merilis chip modem 5G lewat Snapdragon X50.

Namun begitu, Snapdragon X50 belum dibekali dengan teknologi multi mode yang ada di modem 5G Intel XMM 8160.

Apa itu teknologi multi mode? Teknologi ini memungkinkan chip pada modem bisa bekerja pada banyak jaringan. Chip modem 5G Intel XMM 8160 mampu beroperasi hampir disemua jaringan. Termasuk jaringan lawas 2G dan 3G.

Modem 5G Intel XMM 8160

Modem 5G Intel XMM 8160.

Sedangkan kompetitornya Snapdragon X50 hanya bekerja di jaringan 5G. Itu artinya jika di suatu daerah belum tercover jaringan 5G, Snapdragon X50 tidak dapat berfungsi.

Berbeda dengan chip modem buatan Intel. Dengan teknologi jaringan multi mode, modem tetap bisa digunakan menyesuaikan jaringan yang ada di daerah tersebut, mulai dari jaringan 2G, 3G dan 4G.

Bagaimana dengan kecepatannya? Teknologi chip modem 5G intel diklaim mampu menghasilkan kecepatan download hingga 6 Gbps.

Loading...

Intel menggunakan gelombang radio NR. Gelombang radio baru ini mendukung frekuensi terendah 600 MHz hingga paling tinggi di frekuensi 6 GHz.

Disamping itu, Intel menyebut teknologi jaringan multi mode mereka memungkinkan jaringan 4G dan 5G terhubung secara bersamaan. Ini sangat berguna dimana transisi dari jaringan 4G ke 5G nantinya dapat terlaksana tanpa kendala.

Keunggulan chip modem 5G Intel XMM 8160 lainnya adalah hemat daya dan ukurannya terbilang kecil. Sehingga produsen perangkat bisa membuat modem ataupun device dengan desain berukuran minimalis.

Ukuran Chipset Intel XMM 8160 Modem 5G.

Ukuran Chipset Intel XMM 8160 Modem 5G.

Lalu berapa harga chip modem 5G buatan Intel ini dijual? Sayangnya perusahaan belum memberikan rincian harganya. Sebab chip ini kabarnya baru akan diproduksi masal pada pertengahan 2019 mendatang. Sementara perangkat yang akan menggunakannya seperti telepon, PC hingga modem diprediksi mulai tersedia pada awal 2020.

Sumber: Intel.

Canggihnya Modem 5G Intel XMM 8160 dengan Teknologi Jaringan Multi Mode,


Diterbitkan pada: Jumat, 16 November 2018
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Canggihnya Modem 5G Intel XMM 8160 dengan Teknologi Jaringan Multi Mode".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright