Games dan Aplikasi HP

MUI Tak Haramkan PUBG, Tetapi dengan Syarat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak haramkan PUBG. Hal tersebut diketahui dari diskusi panjang dengan berbagai pihak pada Selasa (26 Maret 2019) lalu di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam diskusi tersebut, MUI tak haramkan PUBG. Namun mengeluarkan berbagai rekomendasi dan catatan penting menyangkut permainan yang tengah digandrungi di Indonesia ini. Tak hanya PUBG namun untuk semua permainan yang dianggap memiliki konten negatif.

Diskusi yang dihadiri oleh berbagai elemen diantaranya perwakilan Kemenkominfo, KPAI, Asosiasi esports hingga pakar psikologi itu membahas tentang dampak positif dan negatif mengenai game satu ini. Akhirnya, PUBG dinyatakan tidak haram dan boleh dimainkan namun dengan beberapa syarat.

MUI Tak Haramkan PUBG

MUI Tak Haramkan PUBG.

Adapun syarat tersebut menyangkut pembatasan usia, konten, waktu, dan dampak yang ditimbulkan.

Sebelumnya, MUI Jawa Barat mengeluarkan wacana permintaan pemblokiran PUBG dan pertimbangan untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap PUBG.

Wakil Sekjen MUI Pusat, Amirsyah Tambunan, mengatakan finalisasi fatwa PUBG akan dilakukan paling lama bulan depan.

“Ya tidak terlalu lama. Paling lama 1 bulan. Bahkan lebih cepat lebih baik supaya orang tidak bingung, tidak ada keraguan justru harus ada kepastian,” kata Amirsyah.

Namun berdasarkan diskusi tersebut, MUI tak haramkan PUBG. Meskipun tentu saja ini bukan keputusan final tetapi hasil diskusi ini nantinya akan menjadi referensi dan pembahasan di internal Komisi Fatwa MUI.

Jadi jika ada yang menyatakan jika game PUBG haram, sumber tersebut harus dipertayakan lagi. Game PUBG tidak haram setidaknya hingga saat ini. via: medc0m.

MUI Tak Haramkan PUBG, Tetapi dengan Syarat,


Diterbitkan pada: Kamis, 28 Maret 2019
Rating : 4.33 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "MUI Tak Haramkan PUBG, Tetapi dengan Syarat".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright