Tips dan Trik

Kawal Pemilu dan Jaga Suara 2019 Melalui Website Independen KawalPemilu.org

Selain aplikasi SITUNG Pemilu 2019 KPU, relawan bisa memantau real count di website Kawal Pemilu dan Jaga Suara 2019 lewat KawalPemilu.org. Situs ini aktif dan turut serta dalam penghitungan suara dengan mengumpulkan foto C1 yang didapat dari seluruh relawan dari TPS diseluruh Indonesia.

Sebagai informasi, website kawal pemilu – Jaga Suara 2019 di KawalPemilu.org adalah proyek urun daya (crowdsourcing) netizen pro data Indonesia. Proyek ini didirikan pada tahun 2014. Tujuannya untuk menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum lewat penggunaan teknologi untuk melakukan real count secara cepat dan akurat.

Lihat juga disini: Cara cek real count KPU.

Di Pemilu 2019 ini, KawalPemilu.org bermitra dengan Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) dalam gerakan KawalPemilu – Jaga Suara 2019. Kemitraan tersebut resmi dan terakreditasi oleh Bawalsu RI. Website ini bersifat independen dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

Kawal Pemilu Melalui Website Independen KawalPemilu.org

Kawal Pemilu 2019 Melalui Website Independen KawalPemilu.org.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam mengawal Pemilu dan menjaga suara 2019, bisa berperan aktif dengan mengupload data dari TPS masing-masing ke laman khusus upload foto C1. Bagaimana caranya?

Cara upload Foto C1 ke website Kawal Pemilu

Jaga suara Pemilu 2019 dengan merekrut sejuta lebih relawan untuk upload foto C1 dari semua TPS di Indonesia. Pastikan suara rakyat di Pemilu tidak dicurangi.

Peran kamu sangat penting. Untuk mengupload atau mengirim foto C1 di TPS kamu, silahkan kunjungi website Kawal Pemilu diĀ https://upload.kawalpemilu.org/.

Kemudian, login dengan menggunakan akun Facebook kamu dan klik menu “Tes upload foto”.

Siapkan foto formulir C1 PLANO. Biasanya, formulir ini dipajang di papan besar seperti contoh gambar dibawah ini:

Foto C1 Pilpres 2019

Foto C1 Pilpres 2019.

Kemudian klik tombol biru “Cari TPS kamu dan Upload Foto”.

Setelah itu, cari nomor TPS kamu dan “Pilih kisaran nomor TPS” lalu klik tombol “Upload Foto”.

Pilih foto C1 yang akan kamu upload dan tunggu proses upload sampai selesai.

Update Perhitungan Suara di website KawalPemilu.org

Hingga Sabtu (20/4/2019) malam, pukul 22:04:46 WIB, situs kawalpemilu sudah mengumpulkan surat suara sah sebanyak 13.836.959 dan suara tidak sah sebanyak 243.794 dari total C1 yang terkumpul.

Perolehan suara Capres 2019 sebanyak 6.984.384 untuk pasangan 01 Jokowi-Ma,ruf Amin dan 6.853.028 untuk pasangan Prabowo-Sandi.

Melalui website KawalPemilu.org, selain turut aktif mengawal suara pemilu 2019, relawan atau masyarakat bisa mengecek dan membandingan data real count resmi yang dirilis oleh KPU melalui aplikasi SITUNG.

Kawal Pemilu dan Jaga Suara 2019 Melalui Website Independen KawalPemilu.org,


Diterbitkan pada: Sabtu, 20 April 2019
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kawal Pemilu dan Jaga Suara 2019 Melalui Website Independen KawalPemilu.org".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright