Gadget Baru

Google Glass Hadirkan Google Kalender dan Tambahan Fitur Baru Lainnya

Setelah sukses meluncur beberapa bulan lalu, kini Google Glass menghadirkan update tambahan dan fitur baru. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan layanan dari produk besutan Google itu sendiri. Adapun dalam update kali ini, Google menyertakan fitur-fitur baru yang nantinya akan sangat memanjakan penggunanya.

Beberapa pembaharuan fitur yang ditambahkan Google untuk Google Glass diantaranya Google kalender, navigasi, setup, dan beberapa pembaharuan lainnya. Google kalender sendiri merupakan salah fitur andalan terbaru dari Google Glass. Google kalender ini nantinya akan bekerja untuk mengindetifikasi janji atau agenda yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh pengguna. Jadi nantinya Google kalender ini sangat berguna bagi yang tengah berada dalam kesibukan atau padatnya aktivitas. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna membutuhkan dan harus memiliki akun google mail atau gmail. Akun ini nantinya berguna sebagai akun dari pengguna Google Glass itu sendiri.

Gambar Google GlassFitur apa yang ada didalam Google Kalender?, salah satunya adalah penggunaan perintah berupa suara, atau voice Command. Jadi nantinya pengguna cukup menanyakan “Oke Glass, Google My Agenda”, atau bisa menggunakan kata lain seperti “Oke Glass, google what I’m doing next week”. Dengan pesan tersebut nantinya Google Glass akan menampilkan agenda yang sebelumnya sudah terpasang. Jadi kehadiran fitur ini sangat bermanfaat sebagai mesin pengingat. Via: cnet.com

Selain dari itu, salah satu update terbaru dari Google Glass yang diberi nama XE11 ini juga terdapat setup baru yang sedikit mengalami perubahan. Adapun setup yang berubah adalah penghapusan long press atau tekan lama pada touchpad untuk mengaktifkan pencaharian di Google. Google menganggap pilihan ini banyak yang diaktifkan. Untuk itulah Google tampaknya lebih menginginkan penggunaan touchpad. Jadi pengguna yang ingin membuka fitur ini cukup dengan menyentuh sebanyak 3 kali pada touchpad.

Google Glass Colour

Fitur lain yang ditambahkan pada Google Glass adalah fitur screencast. Apa fungsi dan cara menggunakan fitur ini?, cukup sederhana, pengguna Google Glass cukup pergi ke pilihan “start screencast” yang disematkan di bagian bawah pemberitahuan My Glass. Adapun fungsi dari screencast ini adalah, pengguna bisa mengirimkan isi layar kaca kepada pengguna Android di sekitarnya. Tentunya tidak semua pengguna Android nantinya bisa menerima pesan atau screencast. Hanya pengguna yang terdapat dalam radius tertentu. Sedangkan untuk screencast sendiri, saat ini hanya tersedia pada platform Android. Hal ini dikarenakan, fitur ini membutuhkan MyGlass yang merupakan salah satu fitur yang tersedia pada perangkat Android itu sendiri. Gambar: wikipedia.org / www.google.com/glass/start/what-it-does/

Untuk membantu beberapa penggunaan pada fitur baru dari update Google Glass kali ini, Google sudah menyiapkan tutorial mengenai tour dan setup. Jadi nantinya pengguna bisa menjadikan tutorial sebagai salah satu alat bantu untuk menggunakan beberapa fungsi dan fitur yang memang disediakan oleh Google pada update kali ini.

Ya, teknologi Google tidak ada hentinya untuk menghadirkan sesuatu yang mencengangkan. Google sendiri saat ini tengah menyiapkan proyek pengembangan sebuah fitur dari Google Glass tersebut. Fitur yang bernama GDK (Glass Development Kit) ini akan memungkinkan pengembang untuk membuat Glassware dari sebuah program yang memang disiapkan oleh Android. Rencananya pada tanggal 19-20 November mendatang, Google akan mengadakan Hackathon yang bakal diselenggarakan di San Fransisco. Acara yang direncakan berjalan dua hari ini akan lebih fokus untuk pengembangan GDK. Selain di San Francisco, tempat lain yang rencananya bakal dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan ajang yang sama yaitu Los Angeles dan New York. Menarik tentunya untuk disimak, perkembangan yang terjadi serta update dari Google Glass yang tak pernah ada matinya tersebut.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Google Glass Hadirkan Google Kalender dan Tambahan Fitur Baru Lainnya,


Diterbitkan pada: Senin, 11 November 2013
Rating : 4 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright