Software dan Games PC

Download Mozilla Firefox 29 Beta – Tampil Lebih Elegan

Sebentar lagi Mozilla akan merilis Firefox 29. Saat ini masih dalam tahap beta. Namun versi ini sudah dapat di download. Kemungkinan versi Final akan dirilis tidak akan lama lagi. Nah, bagaimana tampilan dan kecepatannya, apakah lebih baik dari versi Firefox sebelumnya?. Simak info dan bocoran versi beta dari Firefox 29 melalui gambar-gambar dibawah (Untuk memperbesar gambar, klik kanan >> View Image).

Firefox 29 Beta hadir dengan tampilan yang sangat berbeda dari versi sebelumnya. Jika Anda termasuk penyuka browser Chrome, versi 29 dari Firefox ini boleh dikatakan sedikit mengadopsi antarmuka dari browser milik Google tersebut. Ya, sekilas tidak ada beda antara Google Chrome terbaru dengan Firefox 29 beta. Namun kalau kita telusuri lebih dalam lagi, terdapat perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja?

Download Mozilla Firefox 29

Gambar Tampilan Mozilla Firefox 29 Beta

Jika pada versi sebelumnya menu Firefox ada disebelah kiri atas, pada versi 29 beta ini Mozilla menempatkan menu tersebut mirip dengan Chrome yaitu dibagian sudut kanan atas. Disini yang membedakan, jika Chrome hanya menampilkan menu dan kolom adress bar, Firefox 29 beta tetap mengadopsi tampilan default Firefox 28. Selain tombol menu, tombol seperti home, download, bookmark dan kolom mesin penelusuran tetap ditampilkan pada versi ini.

Menu Yang Dapat Di Kustomisasi Pada Firefox 29

Menu Yang Dapat Di Kustomisasi Pada Firefox 29

Ciri khas Firefox untuk membuka tab baru dengan lambang (+) juga tetap dipertahankan. Nah, menu yang ada di Firefox 29 beta bukan sekedar menu saja. Menu ini dapat di kustomisasi. Kita bisa menambahkan shortcut seperti add-on/plug-in kedalamnya dengan cara melakukan drag and drop.

Sama halnya dengan menu, Di Firefox 29 beta ini memungkinkan juga untuk mengkustomisasi tampilan toolbar sesuai dengan selera. Mau menambahkan tombol download atau menu shortcut dari add-on yang ada, tinggal melakukan drag and drop saja.

Selain tampilannya yang elegan dan minimalis, ada yang berbeda dari versi Firefox 29 beta yaitu kesiapan versi ini dalam dukungan untuk Windows 8. Ya, dibagian “File” terdapat menu “Relaunch in Firefox for Windows 8 Touch”. Belum tahu apakah fungsi dari menu ini. Sepertinya menu tersebut berguna untuk pengguna Windows 8 dengan layar / monitor yang telah mendukung fungsi touch (layar sentuh).

Menu Touch Pada Mozilla Firefox 29 Yang Mendukung Windows 8

Menu Touch Pada Mozilla Firefox 29 Yang Mendukung Windows 8

Fungsi lainnya seperti fungsi klik kanan langsung maupun klik kanan dengan crop tidak ada perubahan, sama seperti pada versi Firefox 28. Menu-menu standar yang cukup penting bagi seorang blogger seperti View Page Source, View Page Info maupun menu View Selection Source tetap tersedia.

Menu Klik Kanan Langsung Pada Firefox 29

Menu Klik Kanan Langsung Pada Firefox 29

Menu Klik Kanan Dengan Crop Pada Firefox 29

Menu Klik Kanan Dengan Crop Pada Firefox 29

Lalu bagaimana dengan Memory usage-nya?, Dilihat dari task manager, Firefox 29 beta sedikit lebih banyak memakan RAM dari versi Firefox 28. Meski demikian, untuk kecepatan saat digunakan berselancar di Internet, bisa dikatakan lebih cepat dari versi 28.

Pemakaian RAM Pada Mozilla Firefox 29

Pemakaian RAM Pada Mozilla Firefox 29

Pemakaian RAM Pada Mozilla Firefox 28

Pemakaian RAM Pada Mozilla Firefox 28

Nah, bagi yang menggunakan plugin atau add-on tertentu, sebagian pengembang ada yang belum membuat versi untuk dukungan Firefox 29 beta. Jadi, add-on tidak dapat berfungsi disini. Namun, beberapa plug-in / add-on Firefox yang populer sudah tersedia dan mendukung untuk digunakan bersama Firefox 29 beta ini.

Walaupun masih tahap beta dan kemungkinan masih ada yang dihilangkan atau ditambahkan pada Firefox 29 Final nanti, setidaknya versi beta dari Firefox 29 sudah lebih baik dari versi Firefox 28 Final terutama dari segi tampilan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya.

Performance Browsing Firefox 29 Lebih Cepat

Penasaran ingin mencobanya pada komputer atau laptop?, Anda bisa men-downloadnya melalui website resmi Mozilla. Download Firefox 29 beta disini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Download Mozilla Firefox 29 Beta – Tampil Lebih Elegan,


Diterbitkan pada: Sabtu, 22 Maret 2014
Rating : 4.80 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright