Gadget Baru

Powerbank Ini Bisa Mengisi Daya Lebih Dari 40 Ponsel dan TV Layar Lebar Dari Jarak 5 Meter

Saat ini Powerbank menjadi perangkat penting terutama bagi mereka yang memiliki pola hidup dengan mobilitas yang tinggi. Bayangkan jika dalam perjalanan ponsel low bat dan kehabisan daya. Sementara untuk melakukan pengisian daya dengan charger, jauh dari rumah atau kantor.

Perangkat kecil inilah akhirnya menjawab kebutuhan tersebut. Banyak Powerbank dipasaran dijual dengan harga murah. Mulai dari daya yang kecil untuk sekali pakai, sampai daya besar yang bisa mengisi daya ponsel berkali-kali.

Namun, saat ini belum ada sebuah Powerbank nirkabel (wireless) yang memiliki kemampuan melakukan pengisian daya sampai 40 ponsel sekaligus.

Melihat Powerbank sekarang bukan lagi sebagai sebuah tren namun lebih menjadi kebutuhan, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) memperkenalkan teknologi pengisian daya nirkabel tersebut.

Powerbank masa depan, bisa mengisi ponsel dan tv

Teknologi yang mereka sebut sebagai Dipole Coil Resonant System itu tak hanya mampu mengisi daya lebih dari 40 ponsel sekaligus dalam satu ruangan. Powerbank ini juga diklaim mampu mengisi daya sebuah TV LED. Hebatnya lagi, Powerbank ini dapat mengisi ponsel dan perangkat elektronik lainnya dalam jarak yang cukup jauh yaitu 5 meter tanpa menggunakan media kabel. Itu berarti, Powerbank nirkabel ini merupakan Powerbank pertama yang mampu melakukan pengisian daya dalam jarak jauh.

Teknologi masa depan - Dua kumparan pada pemancar dan penerima PowerbankTeknisnya, teknologi ini bekerja atas prinsip dua kumparan yang ada pada pemancar dan penerima. Lebih lanjut, Chun T Rim, seorang profesor dari KAIST di bidang nuklir dan Rekayasa Quantum menambahkan jika teknologi ini dapat juga diterapkan untuk mengisi perangkat-perangkat elektronik dengan daya besar lainnya. Sumber dan gambar: www.dailymail.co.uk.

Sayangnya, teknologi ini belum diterapkan pada perangkat atau Powerbank dengan tujuan komersil. Namun mereka yakin teknologi ini dapat diterapkan segera sebagai teknologi tenaga listrik dan pengisi daya dimasa yang akan datang.

Bisa dibayangkan jika teknologi ini di implementasikan ke sebuah Powerbank. Kemungkinan charger kabel tidak akan digunakan lagi. Praktis tentunya dan tidak banyak memakan ruang stop kontak di rumah atau di kantor. Sebut saja misalnya dalam satu rumah ada 40 anggota keluarga yang kesemuanya memiliki satu buah smartphone, kebutuhan mengisi daya dapat di handle oleh satu buah Powerbank ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Powerbank Ini Bisa Mengisi Daya Lebih Dari 40 Ponsel dan TV Layar Lebar Dari Jarak 5 Meter,


Diterbitkan pada: Kamis, 24 April 2014
Rating : 4 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Powerbank Ini Bisa Mengisi Daya Lebih Dari 40 Ponsel dan TV Layar Lebar Dari Jarak 5 Meter".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright