Software dan Games PC

Waspada Bagi Pengguna Internet Explorer (IE) Terutama Di Windows XP, Mengapa?

Bagi yang terbiasa menggunakan browser IE (internet Explorer), sebaiknya beralih sementara waktu ke browser lain. Mengapa?, diketahui jika browser buatan Microsoft ini sangat rentan di susupi oleh hacker maupun preman internet lainnya (cracker, carding, dsb).

Terutama bagi pengguna Windows XP, Microsoft tidak akan memperbaiki dan menutup celah keamanan pada versi Internet Explorer yang ada pada OS tersebut. Ada baiknya jika pengguna Windows XP beralih ke browser terkenal lainnya yang lebih aman seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Opera browser.

Microsoft lebih fokus memperbaiki bug di Internet Explorer pada sistem operasi yang masih didukung oleh mereka seperti Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1.

Keamanan Di Internet ExplorerLaman Forbes menulis sejak versi IE 6, IE 7, IE 8, IE 9, IE 10 bahkan Internet Explorer yang terbaru (IE 11) celah keamanan tersebut dapat dengan mudah disusupi oleh hacker. Microsoft tidak menyadari jika serangan yang memanfaatkan bug di IE sudah dilakukan. Serangan yang disebut sebagai Zero Day tersebut pertama kali ditemukan oleh sebuah perusahaan yang bergerak dibidang security software yaitu FireEye.Inc.

Lebih lanjut FireEye mengungkapkan jika celah keamanan IE tersebut sudah dimanfaatkan oleh sekelompok peretas yang menyebut bagian dari serangan tersebut sebagai Operation Clandestine Fox. Para peretas ini berhasil membobol sejumlah sistem militer dan perbankan.

Menguaknya bug yang terdapat di Internet Explorer ini berawal dari serangan-serangan di dunia maya yang memanfaatkan heartbleed untuk mengeksploitasinya lebih lanjut.

Jadi, terutama bagi yang menggunakan Windows XP, jangan pernah menggunakan browser ini lagi. Sedangkan pengguna Windows Vista, 7, dan Windows versi terbaru, untuk sementara gunakan browser lain sampai mendapat update dan patch keamanan dari Microsoft.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Waspada Bagi Pengguna Internet Explorer (IE) Terutama Di Windows XP, Mengapa?,


Diterbitkan pada: Kamis, 1 Mei 2014
Rating : 4.50 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright