Tips dan Trik

Cara Menerjemahkan Web Bahasa Asing Menggunakan Google Translate

Bagaimana cara menerjemahkan sebuah artikel di halaman web berbahasa asing (Mis. Inggris) dengan cepat?, gunakan dan manfaatkan Google Translate atau Google terjemahan. Dengan tool gratis dari Google ini, hampir seluruh bahasa di dunia dapat di terjemahkannya. Hasilnyapun tidak terlalu mengecewakan. Google Translate terbilang cukup akurat dalam menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lainnya bila dibandingkan dengan terjemahan lain yang ada di internet. Tentu saja jika bahasa yang diterjemahkan tersebut bukan merupakan bahasa gaul alias menggunakan bahasa baku.

Nah, bagi yang belum terbiasa atau belum mengetahui fungsi dari Google Translate, mungkin selama ini hanya menerjemahkan kalimat dengan meng-copy – paste kalimat atau paragraph tersebut ke kolom terjemahannya saja. Padahal, Google Translate memiliki fungsi lebih dari itu.

Tak hanya menerjemahkan perkalimat atau per-paragraph saja, fasilitas gratis dari Google ini mampu menerjemahkan seluruh isi website dan artikel-artikel yang ada didalamnya dengan pintar. Bagaimana caranya?.

 

Cara Menerjemahkan Halaman Web Menggunakan Google Translate Dengan Cepat dan Mudah.

Untuk menerjemahkan sebuah halaman web yang tidak memiliki fasilitas Google Translate didalamnya, cukup dengan menyalin (copy) url halaman website tersebut ke kolom terjemahan Google Translate. Umpama disini kita akan menerjemahkan website berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Silahkan buka halaman website Google Translate di alamat https://translate.google.com/. Setelah terbuka, pilih “Inggris” atau bisa juga menggunakan “Deteksi bahasa” diatas kolom translate. Dibagian terjemahan disebelah kanan pilih “Bahasa Indonesia“.

Halaman Google Translate - Google Terjemahan

Halaman Google Translate – Google Terjemahan.

Selanjutnya, buka salah satu website berbahasa Inggris, misalnya salah satu artikel di website www.bbc.co.uk. Artikel yang akan diterjemahkan adalah artikel mengenai Electronics ‘affect bird navigation’. Salin alamat url artikel tersebut (http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/language/wordsinthenews/2014/05/140509_witn_birds.shtml) kemudian paste ke kolom terjemahan. Kemudian, klik link url dibagian hasil terjemahan disebelah kanannya.

Salin (Copy) URL Halaman WEB Yang Akan Diterjemahkan Menggunakan Google Translate

Salin (Copy) URL Halaman WEB Yang Akan Diterjemahkan Menggunakan Google Translate.

Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia Dengan Google Translate

Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia Dengan Google Translate.

Google Translate akan menerjemahkan halaman web tersebut secara otomatis seperti gambar dibawah.

Hasil Terjemahan Halaman Web Tanpa Enkripsi Https Dengan Google Translate

Hasil Terjemahan Halaman Web Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia Menggunakan Google Translate.

Mudahkan?.

Sebagai tambahan, sebaiknya menggunakan browser Google Chrome untuk menerjemahkan halaman web bahasa asing ke bahasa lainnya. Mengapa?, Selain sudah terintegrasi dengan terjemahan, Google Translate bekerja dalam mode enkripsi (https). Sehingga di beberapa browser lainnya seperti Firefox, Google Translate tidak dapat berfungsi.

Google Translate Tidak Dapat Menerjemahkan Halaman Web Yang Tidak Menggunakan Enkripsi https di Browser Firefox

Google Translate Tidak Dapat Menerjemahkan Halaman Web Yang Tidak Menggunakan Enkripsi https di Browser Firefox.

Di Chrome sendiri, website yang tidak menggunakan metode enkripsi https kadangkala dapat diterjemahkan namun tampilan website tersebut tidak sempurna.

Hasil Terjemahan Halaman Web Dengan Enkripsi Https Menggunakan Google Translate Dengan Google Chrome

Hasil Terjemahan Halaman Web Dengan Enkripsi Https Menggunakan Google Translate Dengan Google Chrome.

Solusinya, translate dengan mode http. Ganti https:// menjadi http:// biasa. Seperti gambar dibawah. (lihat yang dilingkar merah)

Hasil Terjemahan Halaman Web Tanpa Enkripsi Https Dengan Google Translate

Hasil Terjemahan Halaman Web Tanpa Enkripsi Https Menggunakan Google Translate.

Lalu bagaimana menerjemahkan web berbahasa Cina, Vietnam, Jepang ke bahasa Indonesia?. Sama seperti cara diatas, cukup menggunakan “Deteksi bahasa” untuk menerjemahkannya.

Contoh kita akan menerjemahkan website Sony dalam bahasa Jepang ke bahasa Indonesia dengan browser Firefox tanpa mode https. Hasilnya seperti gambar berikut.

Halaman Web Sony Mobile Berbahasa Jepang

Halaman Web Sony Mobile Berbahasa Jepang.

Hasil Translate Halaman Web Berbahasa Jepang Ke Bahasa Indoneseia Menggunakan Google Translate

Hasil Translate Halaman Web Berbahasa Jepang Ke Bahasa Indoneseia Menggunakan Google Translate.

 

Itulah teknologi. Tidak ada kata susah untuk mendapatkan ilmu dan informasi di internet maupun referensi dari sebuah situs berbahasa asing. Gunakan saja Google Translate atau Google terjemahan ini. Selama artikel dalam sebuah website menggunakan bahasa baku, hasil translate dari Google Translate cukup akurat dan tetap enak dibaca.

Nah bagi pengguna smartphone Android, Google telah menyediakan Google Translate melalui sebuah aplikasi terjemahan. Info lebih lanjut baca lagi disini artikel mengenai aplikasi terjemahan untuk Android.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menerjemahkan Web Bahasa Asing Menggunakan Google Translate,


Diterbitkan pada: Sabtu, 10 Mei 2014
Rating : 4.23 / 5 dari 22 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright