Tips dan Trik

Mengenal Tongsis, Tomsis dan Pensis Serta Cara Menggunakannya

Siapa sangka Tongsis alias Tongkat Narsis menjadi sebuah alat yang masuk dalam kategori 25 penemuan terbaik di tahun 2014 ini. Fungsi Tongsis sebagai alat untuk mengambil foto selfie memang dirasa sangat membantu bagi mereka yang mencintai aktivitas mengambil foto diri sendiri sampai mengambil foto selfie dengan banyak objek didalamnya.

Beragam Tongsis-pun diciptakan oleh berbagai produsen dengan fitur-fitur canggih demi mendapatkan pengalaman sebuah kenyamanan dan kepraktisan bagi penggunanya. Pada umumnya, Tongsis berupa sebuah tongkat yang di ujungnya terdapat dudukan atau penggenggam smartphone yang disebut sebagai device holder.

Panjang tongkat Tongsis beragam, mulai dari 20 cm sampai 100 cm lebih. Yang terpenting adalah pada bagian dudukan atau device holder-nya. Device Holder sendiri juga memiliki beragam ukuran, mulai dari device holder untuk smartphone berlayar kecil sampai tablet yang memiliki bodi yang lebih besar. Device holder inilah yang berfungsi untuk meletakkan smartphone atau tablet.

Gambar Holder Tongsis dan Tomsis

Gambar Holder, Tongsis dan Tomsis.

Tongsis Monopod Yang Sudah Ada Tombol Bluetooth

Tongsis atau Monopod Yang Sudah Ada Tombol Bluetooth.

Nah, bagaimana cara menggunakan Tongsis?. Cara menggunakan Tongsis sebenarnya juga cukup mudah. Hampir sama dengan cara menggunakan tripod pada kamera digital. Pengguna tinggal menyetel dan memasang holder di ujung tongkat narsis ini. Kemudian, smartphone atau tablet di letakkan pada holder. Atur kekuatan cengkraman holder sesuai dengan kebutuhan sampai tablet atau ponsel terpasang dengan erat.

Setelah selesai, panjangkan tongsis dan atur sudut angle untuk mendapatkan posisi selfie yang bagus dengan mengatur kunci yang biasanya berupa sekrup dibagian leher holder. Setelah dapat angle yang bagus, tinggal membuka aplikasi bawaan kamera atau aplikasi foto pihak ketiga yang mendukung fitur selfie seperti aplikasi camera 360. Atur waktu (timer) pengambilan foto dan saatnya berselfie ria dengan tongsis. Foto selfie-pun jadi.

Saat ini Tongsis juga hadir dengan aksesoris tambahan yang lebih tren disebut Tomsis atau Tombol Narsis (biasanya dijual terpisah). Selain Tomsis, orang Indonesia juga menyebutnya sebagai Pensis atau Pencetan Narsis. Tomsis atau Pensis ini ada yang berupa tombol shutter dengan media kabel dan ada juga yang berupa tombol shutter dengan memanfaatkan media bluetooth. Jadi, pengguna tidak perlu repot lagi menggunakan fitur timer pada aplikasi kamera untuk mengambil foto selfie. Cukup dengan mengaktifkan fitur bluetooth pada smartphone untuk Tomsis Bluetooth atau mencolokkan kabel biasanya ke colokkan headphone ponsel untuk Tomsis Kabel.

Gambar Tomsis Kabel

Gambar Tomsis atau Pensis Kabel.

Gambar Tomsis Bluetooth

Gambar Tomsis atau Pensis Bluetooth.

Lalu berapa harga Tongsis di Indonesia?. Beragam, ada yang menjualnya dengan harga murah dan mahal. Rata-rata penjual khususnya toko online-toko online membanderol harga Tongsis di Indonesia dikisaran Rp 30.000 sampai Rp 500 ribuan.

Penggunaan Tongsis Pada Smartphone

Penggunaan Tongsis Pada Smartphone.

Sementara untuk harga Tomsis dengan kabel dibanderol mulai Rp 50 ribuan, sedangkan harga Tomsis Bluetooth dibanderol mulai Rp 30 ribuan sampai Rp 300 ribuan. Sumber dan gambar via Lazada.co.id.

Seperti yang dituliskan sebelumnya, Tongsis menjadi salah satu diantara 25 penemuan terbaik di tahun 2014 versi majalah Time. Tidak percaya?. Silahkan lihat disini. Diantara penemuan-penemuan seperti Smartphone Android “Blackphone”, Tablet “Microsoft Surface”, Tablet mainan “Osmo”, Printer tiga dimensi “3D Systems”, Frame digital “Electric Objects”, Jam tangan pintar “Apple Watch”, Roda sepeda lisrik “Copenhagen Wheel”, Listrik nirkabel “Witricity”, AC hemat daya “Aros” sampai Mobil listrik “BMW i3”, Tongsis ternyata ikut-ikutan narsis disana. Alasan majalah Time menempatkan Tongsis sebagai penemuan terbaik 2014 karena fungsi Tongsis menawarkan nilai lebih dan kemudahan bagi pengguna smartphone khususnya bagi mereka pencinta selfie. Namun tentu saja majalah Time tidak menuliskannya sebagai Tongsis atau Tongkat Narsis, melainkan “Selfie Stick”.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengenal Tongsis, Tomsis dan Pensis Serta Cara Menggunakannya,


Diterbitkan pada: Selasa, 25 November 2014
Rating : 4.73 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright