PC Laptop

Busyet! Lenovo Sengaja Tanam Malware Di Laptop Terbaru Mereka

Lenovo baru-baru ini telah mengkonfirmasi bahwa beberapa seri notebook dan laptop mereka telah ditanami program jahat “malware Superfish”. Hal tersebut terungkap setelah salah seorang peneliti keamanan yaitu Chris Palmer membeli Lenovo Yoga 2 Pro dengan harga $600 atau sekitar Rp 7,7 jutaan (kurs rupiah 12.800).

Setelah diperiksa, dia menemukan jika notebook Lenovo yang dibelinya tersebut terinfeksi malware Superfish yang masuk dalam kategori adware. Palmer mengujinya dengan cara mengunjungi situs Bank Of America yang keamanan dan enkripsinya disertifikasi oleh VeriSign. Namun bukan sertifikat VeriSign yang keluar, melainkan sertifikat yang ditandatangani oleh Superfish berbasis di Palo Alto, CA.

Selain menguji dengan mengunjungi situs Bank Of America, dia juga menguji dengan mengunjungi situs-situs lainnya yang terenkripsi dengan koneksi https. Apa yang didapat?, semua sertifikat lagi-lagi ditandatangani oleh Superfish. Pertanyaannya kemudian, apakah malware Superfish yang ada di laptop Lenovo ini berbahaya?.

Peneliti keamanan menduga jika laptop atau notebook yang telah disusupi oleh Superfish sangat rentan terhadap serangan didunia maya. Selain itu, adware ini juga bekerja dengan menampilkan iklan-iklan yang tidak di inginkan oleh pengguna ketika berselancar di internet.

Yang mengejutkan ternyata Lenovo mengakui dan memang sengaja menanamkan malware Superfish tersebut ke dalam produk-produk terbaru mereka. Tak hanya satu produk saja, melainkan lebih dari 40 produk. Nah, apa alasan Lenovo terkait dengan “penyuntikan” malware / adware Superfish tersebut?.

Melalui laman resmi mereka, Lenovo berkilah jika sebenarnya malware Superfish tidaklah berbahaya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya ditujukan untuk memberikan pengalaman pengguna dalam berbelanja secara online. Fungsinya sendiri adalah untuk menyuntikkan iklan di setiap laman yang dikunjungi oleh pengguna. Lenovo menjelaskan jika Superfish yang ada didalam laptop terbaru mereka tidak memonitor kegiatan pengguna, merekam informasi pengguna dan tidak tahu siapa penggunanya.

Namun jika melihat cara kerjanya yang dapat menandatangani sertifikatnya sendiri, malware ini dapat menjadi sangat berbahaya karena dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang menyamar menjadi laman atau situs yang dikunjungi oleh pengguna, meskipun situs tersebut telah menggunakan koneksi keamanan yang terenkripsi.

Setelah isu ini berkembang dan menjadi kekhawatiran para penggunanya, barulah Lenovo menghentikan dan menutup koneksi server Superfish pada awal bulan Januari yang lalu. Meskipun telah mematikan server yang terhubung, nyatanya malware ini tetap berada didalam laptop atau notebook pengguna sampai mereka menghapusnya sendiri.

Terkait dengan produk-produknya yang disengaja ditanamkan malware ini, Lenovo menjamin jika Superfish tidak pernah dipasang pada setiap PC Lenovo, notebook Lenovo ThinkPad dan smartphone Lenovo.

Nah, jika kebeteluan Anda telah terlanjur membeli notebook atau laptop Lenovo terbaru, coba cek apakah salah satunya adalah produk yang dimaksud oleh Lenovo. Dibawah ini adalah list produk Lenovo yang kemungkinan besar ditanamkan “Superfish” didalamnya.

Daftar Laptop dan Notebook Lenovo Yang Ada Malaware “Superfish”.

E Series: E10-30.
Flex Series: Flex2 14D, Flex2 15D, Flex2 14, Flex2 15, Flex2 14(BTM), Flex2 15(BTM), Flex 10.
G Series: G410, G510, G710, G40-70, G50-70, G40-30, G50-30, G40-45, G50-45.
MIIX Series: MIIX2-8, MIIX2-10, MIIX2-11
S Series: S310, S410, S40-70, S415, S415Touch, S20-30, S20-30Touch.
U Series: U330P, U430P, U330Touch, U430Touch, U530Touch, U540Touch.
Y Series: Y430P, Y40-70, Y50-70.
YOGA Series: YOGA2Pro-13, YOGA2-13, YOGA2-11BTM, YOGA2-11HSW.
Z Series: Z40-75, Z50-75, Z40-70, Z50-70.

Laptop Lenovo Yoga 2 Pro

Laptop Lenovo Yoga 2 Pro.

Lebih lanjut, Lenovo juga telah memberikan tutorial bagaimana cara menghapus malware Superfish ini secara manual melalui laman resminya.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Busyet! Lenovo Sengaja Tanam Malware Di Laptop Terbaru Mereka,


Diterbitkan pada: Sabtu, 21 Februari 2015
Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Busyet! Lenovo Sengaja Tanam Malware Di Laptop Terbaru Mereka".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright