Software dan Games PC

Sistem Keamanan Windows 10 Akan Gunakan Scan Mata

Tak hanya dari segi tampilan atau antarmuka saja, Microsoft juga tengah serius mengembangkan sistem keamanan pada sistem operasi terbaru mereka Windows 10. Salah satunya adalah fitur “scan mata” untuk mengakses kedalam OS ini. Dengan adanya fitur pemindai mata, nantinya pengguna Windows 10 tidak perlu memasukkan password untuk log-in ke sistem, tapi cukup dengan melihat layar PC / laptop / smartphone saja.

Untuk mewujudkan hal itu, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika ini menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan keamanan dunia lainnya termasuk juga bekerjasama dengan PayPal dan Google.

“Kami akan bekerjasama dengan sejumlah mitra industri untuk mengubah kebiasaan otentikasi melalui pengembangan mekanisme password yang lebih aman bagi pengguna layanan online,” ungkap Dustin Ingalls, selaku Group Program Manager di Microsoft.

Lebih lanjut dia menambahkan jika salah satu tantangan di era komputasi online adalah dengan beralih dari sistem keamanan yang masih menggunakan password dengan sistem keamanan biometrik seperti sistem pemindaian mata ini. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mendukung FIDO pada Windows 10 pada perilisannya nanti.

Seperti yang diberitakan oleh laman Softpedia (18-02-05), Microsoft tengah mengembangkan aternatif sistem keamanan pada Windows 10 melalui FIDO (Fast Identification Online) menggunakan aplikasi berbasis pemindai biometrik dari pihak ketiga.

Dengan begitu, kedepan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini akan semakin mudah digunakan oleh pengguna pribadinya hanya dengan pemindaian mata untuk log in tanpa harus repot mengetikkan password melalui keyboard.

Fitur Windows 10 Dapat Digunakan Diberbagai Perangkat Seperti Komputer, Laptop, Smartphone dan Tablet

Fitur Keamanan di Windows 10.

Sebagai informasi, sistem keamanan biometrik berbasis FIDO seperti pemindaian sidik jari dan mata telah diterapkan oleh sejumlah perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia. Dua perusahaan yang sudah menggunakan teknologi FIDO berbasis sidik jari dan mata ini adalah Google dan Apple. Nah apakah teknologi ini akan disematkan untuk memperkaya fitur-fitur di Windows 10?. Kita tunggu saja.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Sistem Keamanan Windows 10 Akan Gunakan Scan Mata,


Diterbitkan pada: Minggu, 22 Februari 2015
Rating : 4 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright