Tips dan Trik

Cara Menghapus Malware “Superfish” Di Laptop Lenovo Terbaru

Bagaimana cara menghapus tuntas Malware “Superfish” di notebook atau laptop Lenovo terbaru?. Lenovo sebenarnya sudah memberikan tips dan tutorialnya mengenai hal ini. Sebagai informasi bagi Anda yang belum mengetahuinya, di beberapa produk notebook dan laptopnya, Lenovo mengakui sengaja menanamkan adware yang menurut mereka sebenarnya bertujuan untuk membantu dan memberi pengalaman berbeda bagi penggunanya. Namun sebaliknya, menurut peneliti keamanan malware ini bisa disalah gunakan dan bisa menjadi sangat berbahaya. Mengenai produk apa saja yang mengandung adware ini, dapat Anda baca pada artikel sebelumnya : daftar laptop Lenovo yang terjangkit malware Superfish. Jika salah satu dari daftar tersebut merupakan laptop yang Anda gunakan, kemungkinan besar ada “Superfish” didalamnya. Nah, bagaimana cara untuk menghapusnya?.

Ada dua cara untuk menghapus malware Superfish di laptop Lenovo. Menghapusnya secara manual dan menghapusnya dengan menggunakan software “Automatic Removal Tool”. Berikut tutorial yang dirangkum dari laman Lenovo.

1. Cara manual menghapus malware Superfish di laptop Lenovo dengan OS Windows.

Untuk menghapus tuntas “Superfish” di laptop Lenovo secara manual ada dua langkah:

  • Hapus dan uninstall aplikasi Superfish.
  • Hapus sertifikat keamanan Superfish.

Yang pertama adalah menghapus aplikasi / software Superfish dengan cara mengakses “Control Panel” >> “Add or Remove Programs” di Windows. Jika Anda pengguna Windows 8 atau Windows 8.1 buka menu pencarian dengan cara menekan tombol logo Windows + huruf S. Dikolom pencarian, ketikkan “Remove programs” kemudian klik “Add or remove programs”. Seluruh aplikasi / software yang terinstall pada Windows akan tampil disini. Cari software bernama “Superfish Inc. Visual Discovery”. Silahkan dihapus / remove / uninstall.

Pencarian Di Windows 8

Pencarian Di Windows 8.

Akses Add Remove Programs Di Windows 8

Akses menu Add Remove Programs Di Windows 8.

Cara Menghapus Superfish di Laptop Lenovo

Menu Programs and Features Windows 8.1 Untuk menghapus Superfish.

Setelah aplikasi / software Superfish-nya dihapus / uninstall, lakukan langkah selanjutnya.

Catatan : jika software dengan nama “Superfish Inc. Visual Discovery” tidak tertera disana, kemungkinan besar laptop / notebook Lenovo Anda bebas dari malware “Superfish”.

Yang kedua adalah dengan menghapus sertifikat keamanan Superfish. Sebaiknya Anda tetap memeriksa apakah laptop Lenovo Anda juga bersih dari sertifikat keamanan Superfish meskipun aplikasi / software-nya tidak ditemukan / tidak terinstall di sistem Windows-nya. Caranya?. Untuk menghapus seluruh sertifikat keamanan Superfish yang terpasang di seluruh browser yang ada bagi pengguna Windows jadul misalnya Windows XP, klik “Run” kemudian ketikkan “certmgr.msc” kemudian tekan enter. Sedangkan bagi pengguna Windows 8 atau Windows 8.1, gunakan pencarian dengan cara menekan tombol logo Windows + huruf S. Kemudian dikolom pencarian, ketikkan “certificate” lalu klik “Manage computer certificates”.

Pencarian Di Windows 8

Akses Certificate Di Windows 8.1

Akses Certificate Di Windows 8.1.

Jika ada pertanyaan “Do you want to allow this program to make changes to this computer?”, klik saja “Yes”. Kemudian akan muncul jendela seluruh sertifikat yang terpasang di Windows. Dimenu bagian kiri, klik folder “Trusted Root Certificate Authorities” kemudian klik folder “Certificates”. Langkah terakhir, cari sertifikat bernama “Superfish, Inc.” kemudian klik kanan dengan memilih opsi delete.

Cara Menghapus Sertifikat Keamanan Superfish Di Notebook Lenovo

Cara Menghapus Sertifikat Keamanan Superfish Di Notebook Lenovo.

Setelah melakukan dua langkah tersebut, silahkan restart laptop Lenovo Anda. Untuk memastikan kembali apakah sertifikat keamanan Superfish benar-benar bersih, Anda dapat juga melakukan pemeriksaan secara manual di bagian certificates pada browser yang biasa Anda gunakan seperti misalnya Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Menu Certificates Pada Mozilla Firefox

Menu Certificates Pada Mozilla Firefox.

Sumber dan gambar : Lenovo.

2. Cara mudah menghapus “Superfish” di laptop Lenovo dengan software “Automatic Removal Tool”.

Dibandingkan dengan cara manual, menghapus malware Superfish lebih cepat dilakukan dengan menggunakan software “Automatic Removal Tool” dari Lenovo sendiri. Caranya?. Silahkan download Automatic Removal Tool disini. Ukurannya kurang lebih sebesar 5 MB.

Menggunakan software Automatic Removal Tool memang terbilang mudah dibandingkan dengan cara pertama. Namun demikian, langkah-langkah menghapus malware Superfish (cara pertama) sangat berguna untuk mengecek kembali apakah Superfish benar-benar hilang dari laptop Lenovo yang Anda pakai.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menghapus Malware “Superfish” Di Laptop Lenovo Terbaru,


Diterbitkan pada: Senin, 23 Februari 2015
Rating : 5 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Menghapus Malware “Superfish” Di Laptop Lenovo Terbaru".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright