HP Smartphone Terbaru

Inilah Keunggulan Smartphone Dengan Prosesor Snapdragon 801

Kini persaingan smartphone dan phablet tidak hanya terletak pada desainnya saja tetapi juga pada chip prosesornya. Prosesor merupakan komponen yang teramat vital didalam sebuah smartphone. Kinerja dari smartphone dapat di nilai dari chip prosesor yang digunakan. Berbagai produsen prosesor berbasis mobile-pun saling berlomba menawarkan fitur dan teknologi yang mereka klaim terbaik. Namun tahukah Anda jika mayoritas merek smartphone terbaik di dunia menggunakan prosesor Snapdragon buatan Qualcomm?.

Salah satu smartphone terbaik yang menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm adalah OPPO N3. Berbagai review positif-pun datang dari pengguna OPPO N3 khususnya di Indonesia. Banderol harganya memang terbilang mahal. Namun itu sebanding dengan fitur dan kinerja yang ditawarkan. Mulai dari fitur kameranya, multimedia, kemampuan multitasking, grafis, dukungan koneksi yang cepat sampai daya tahan baterainya.

Smartphone OPPO N3 Gunakan Prosesor Snapdragon 801

Smartphone OPPO N3 Gunakan Prosesor Snapdragon 801.

Kualitas dan kinerja yang handal dari OPPO N3 tersebut tentu tidak bisa lepas dari peran penting prosesor yang tertanam didalamnya. Ya, smartphone ini menggunakan salah satu prosesor dari Qualcomm yaitu Snapdragon 801 (MSM8974AA) berkecepatan 2,3 GHz.

Smartphone-smartphone terbaik yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 801Selain OPPO N3, banyak produsen smartphone dunia yang mempercayakan prosesor Snapdragon 801 untuk produk mereka. Hal tersebut tentu saja menyiratkan jika para produsen ponsel tersebut mengakui ferforma dan kinerja terbaik dari prosesor jenis ini. Berikut beberapa daftar smartphone, phablet dan tablet yang menggunakan prosesor Snapdragon 801.

Snapdragon 801 (8974-AA) LTE : Vivo Xshoot Elite, IUNI U3, BlackBerry Passport, Oppo N3.
Snapdragon 801 (8074-AB) : Sony Xperia Z2 Tablet (WiFi-only).
Snapdragon 801 (8274-AB) HSPA+ : Xiaomi MI3W.
Snapdragon 801 (8274-AC) HSPA+ : Smartisan T1, Xiaomi MI4W, Lenovo Vibe Z2 Pro.
Snapdragon 801 (8674-AB) CDMA : Xiaomi MI3C.
Snapdragon 801 (8974-AB) LTE : Hisense X1, Hisense X9T, Pantech Vega Iron 2, HTC One (M8), Vivo Xplay 3S, ZTE Nubia Z5S LTE, Sony Xperia Z2, Sony Xperia Z2 Tablet (LTE variant), Oppo Find 7a, Sharp Aquos Xx304SH, Sony Xperia ZL2 SOL25, Sony Xperia Z2a, Coolpad 8971, Sharp Aquos Zeta SH-04F, Asus PadFone S, Sharp Aquos Crystal X, ZTE Nubia W5, IUNI U3, Panasonic Lumix Smart Camera CM1, Vertu Aster, HTC One (M8) Eye, HTC Desire Eye Fujitsu Arrows NX F-02G, Fujitsu Arrows Tab F-03G, Fujitsu Arrows NX F-05F.
Snapdragon 801 (8974-AC) LTE : Lenovo K920 TD-LTE, OnePlus One, HTC One (M8), Gionee ELIFE E7L, LG G3, Samsung Galaxy S5, Oppo Find 7, ZTE Nubia X6 TD-LTE 128 GB, Samsung Galaxy S5 TD-LTE, Vivo Xshot Ultimate, LG Isai FL, Samsung Galaxy S5 Active, HTC One (E8), Samsung Galaxy S5 Sport, ZTE Nubia Z7, ZTE Nubia Z7 Max, Xiaomi Mi 4, InFocus M810, Sony Xperia Z3, Samsung Galaxy S5 Duos, Sharp Aquos Crystal X, HTC Butterfly 2, ZTE Nubia W5, IUNI U3, Sony Xperia Z3 Compact, Sony Xperia Z3 Dual, Sony Xperia Z3 Tablet Compact, Motorola Moto X, Panasonic Lumix Smart Camera CM1, Vertu Aster, HTC One (M8) Eye, HTC Desire Eye, Sony Xperia Z3v Philips i966 Aurora, LG Isai VL.

Kesemua smartphone diatas merupakan smartphone terbaik dimasanya.

Lalu mengapa para vendor smartphone diatas begitu antusias menggunakan prosesor Qualcomm Snapdargon 801 pada perangkat mobile mereka?.

Keunggulan dari smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 :

Fitur dan Keunggulan Prosesor Snapdragon 801

Fitur dan Keunggulan Prosesor Snapdragon 801.

Snapdragon 801 sendiri merupakan salah satu prosesor seri 800 dari Qualcomm dan terdiri dari berbagai model seperti yang disebutkan diatas. Chip ini didesain khusus untuk smartphone, phablet dan tablet untuk memberikan pengalaman multitasking yang berjalan mulus, memainkan game berat, berselancar di internet serta kegiatan upload dan download dengan konektivitas yang sangat cepat. Beberapa keunggulan prosesor Snapdragon 801 diantaranya:

Kemampuan dalam menangani proses multitasking, grafis yang detail dan games berat terkini.
Semua merek smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 terkenal handal dalam memproses data. Tampilan jernih yang memukau serta performa dalam memproses aplikasi dan games-games berat terkini tidak usah diragukan lagi. Hal tersebut berkat hadirnya grafis (GPU) Adreno 330 yang tertanam didalamnya.

Hemat dan efisien dalam konsumsi daya.
Meski memiliki kinerja cepat dan performa yang sangat memukau, bukan berarti prosesor Snapdragon 801 boros dalam konsumsi daya. CPU dalam prosesor Snapdragon 801 didesain dengan teknologi pintar. Saat Anda menggunakan aplikasi berat atau memainkan sebuah game berat, konsumsi daya di keluarkan cukup besar untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal. Namun ketika smartphone dalam keadaan idle atau hanya menjalankan aplikasi yang tidak membutuhkan kinerja yang berat, prosesor ini hanya menggunakan sedikit daya. Dengan demikian, efisiensi daya baterai pada smartphone atau tablet yang menggunakan prosesor Snapdragon 801 dapat terus terjaga dan dapat digunakan lebih lama.

Mendukung konektivitas 4G LTE.
Era teknologi jaringan internet berkecepatan tinggi 4G LTE di Indonesia baru saja dimulai. Jajaran smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm (tipe tertentu) telah mendukung konektivitas tersebut. Jika Anda memang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi 4G LTE, smartphone dengan prosesor Snapdragon adalah pilihan yang tepat. Prosesor ini dirancang dengan konektivitas yang cepatnya 10 kali lebih cepat dari jaringan 3G. Ditambah lagi, Snapdragon juga mendukung teknologi Bluetooth dan Wi-Fi generasi terbaru.

Teknologi dan dukungan untuk kamera dengan resolusi tinggi.
Rata-rata smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon 801 memiliki kamera utama beresolusi lebih dari 13 mega piksel. Bahkan, jika vendor smartphone tidak pelit. Snapdragon 801 mendukung kamera yang beresolusi lebih dari 21 mega piksel (dual ISP). Fitur-fitur seperti auto fokus yang cepat dan pengambilan foto di ruang minim cahaya juga telah didukung dengan baik oleh prosesor ini.

Merekam dan memutar video berkualitas tinggi (4K Video).
Keunggulan smartphone dengan prosesor Snapdragon 801 adalah dukungannya untuk mengambil dan memutar video berkualitas tinggi atau Ultra HD (UHD), empat kali lebih detail dari kualitas video HD biasa. Dapat dibayangkan kualitas gambar yang dihasilkan, tajam dan jernih. Meski begitu, dibutuhkan kamera minimal 13 MP atau yang mendukung resolusi 3840 x 2160 piksel serta kartu memori besar yang handal untuk menampung format video dengan data rate yang sangat tinggi tersebut.

Suara berkualitas.
Bagi sebagian pengguna smartphone, suara dan sound system yang dihasilkan dari smartphone adalah segala-galanya. Qualcomm merancang Snapdragon 801 untuk memberikan pengalaman multimedia seperti mendengarkan musik dan menonton video yang nyaman. Suara yang dihasilkan jernih dan berkualitas serta panggilan suara dapat didengar dengan jelas.

 

Dari gambaran diatas, produk-produk dari Qualcomm seperti prosesor Snapdragon 801 memang dirancang khusus untuk smartphone terbaik dengan teknologi terkini.

Terbaru, Qualcomm telah mempersiapkan produk mereka lewat prosesor Snapdragon 810. Prosesor ini telah mendukung teknologi dengan arsitektur 64 bit. Menyoal tentang kinerja dan performanya, tentu saja lebih gahar dari Snapdagon 801 diatas. Bahkan, vendor besar smartphone seperti LG, Microsoft, Motorola, Oppo, Sony, HTC dan Xiaomi telah menyatakan akan menggunakan prosesor tersebut pada perangkat mobile terbaru mereka. Kira-kira apa yang membuat ke tujuh vendor smartphone dunia tersebut memilih prosesor Snapdragon terbaru dari Qualcomm ini?. Kita dapat menjawabnya sendiri.

Pastinya, apapun brand smartphone, baik yang terkenal atau tidak, jangan lupa untuk mengetahui dan menggali lebih dalam informasi mengenai spesifikasi hardware yang digunakan terutama spesifikasi prosesor yang terpasang. Dengan mengetahui fungsi penting dan kelebihan dari sebuah prosesor dalam sebuah smartphone, setidaknya kita dapat mengira-ngira kinerja dari smartphone tersebut seperti apa. Ini sangat penting untuk mendapatkan sebuah smartphone impian dengan performa yang handal. Jangan sampai menebus smartphone dengan harga yang sangat mahal namun kinerjanya mengecewakan.

Smartphone Terbaik Menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon.

Smartphone Terbaik Menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon.

Nah, jika Anda ingin menggali lebih dalam informasi mengenai fitur dan kelebihan prosesor-prosesor Snapdragon buatan Qualcomm serta jajaran smartphone apa saja yang menggunakannya, Anda dapat mengunjungi laman resminya di http://goo.gl/aiIzar.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Inilah Keunggulan Smartphone Dengan Prosesor Snapdragon 801,


Diterbitkan pada: Rabu, 4 Maret 2015
Rating : 4 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright