Tips dan Trik

Cara Mudah Membuat Bootable DVD Windows 10 Dari File ISO

Dalam hitungan hari Windows 10 Final dirilis. Jika file ISO Windows 10 sudah tersedia, Anda bisa membuat bootable DVD Windows 10 sendiri dengan cara ini. Bagaimana caranya?. Cukup mudah dan tidak perlu keahlian khusus. Hanya dengan memanfaatkan sebuah software burn cd atau dvd yang cukup terkenal buatan developer asal Jerman, Canneverbe Limited, yaitu CDBurnerXP.

Selain bisa membuat bootable DVD Windows 10, software ini bisa juga membakar (burn) hampir semua jenis disc, cd audio, membuat dan membakar file ISO, sampai mencetak cover CD / DVD. Fitur yang terpenting dari CDBurnerXP adalah hampir semua merek optical drive telah didukungnya. Software ini juga bisa dijalankan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi mulai dari Windows 2000, XP, 2003 Server, Vista, 2008, Windows 7 sampai Window 8 dengan arsitektur 32 atau 64 bit.

Cara Mudah Membuat Bootable DVD Windows 10.

Cara Mudah Membuat Bootable DVD Windows 10.

Untuk membuat DVD bootable Windows 10, pastikan laptop atau komputer Anda sudah terpasang minimal Microsoft NET Framework versi 2. Khusus untuk CDBurnerXP versi 4.3.1 atau yang lebih baru, harus terpasang NET Framework versi 4 keatas. Jika belum terpasang, silahkan download melalui salah satu link dibawah ini.

Namun jika Anda pengguna Windows Vista atau Windows 7 biasanya sudah terinstal NET Framework 3.0 bawaan, sehingga tidak perlu men- download dan menginstalnya kembali.

Selanjutnya adalah file ISO dari Windows 10 sendiri. Saat tips dan cara membuat bootable DVD Windows 10 ini dibuat, belum ada file ISO Windows 10 resmi dari Microsoft. Sebagai gantinya Anda bisa mencoba dengan file ISO Windows 10 Preview yang sudah disediakan oleh Microsoft. Namun jika versi final nanti sudah disediakan oleh Microsoft (setelah 29 Juli 2015), download dan gunakan file ISO tersebut dengan mengikuti cara ini.

File ISO Windows 10 Preview sendiri bisa didapatkan melalui website resmi Microsoft, salah satunya adalah Windows 10 Preview Build terbaru. Baca : Cara Download Windows 10 Preview 32 bit dan 64 bit.

Anggap disini Anda sudah memiliki file ISO Windows 10. Langkah selanjutnya adalah men- download software CDBurnerXP terbaru disini, atau Anda bisa memilih versi CDBurnerXP yang mendukung sistem operasi pada PC atau laptop yang Anda gunakan disini.

Instal CDBurnerXP seperti menginstal software Windows pada umumnya. Setelah selesai, Masukkan DVD kosong ke optical drive (DVD ROM). Selanjutnya adalah proses burn file ISO Windows 10 ke DVD.

Cara Membuat DVD Windows 10 Bootable dari File ISO Menggunakan Software CDBurnerXP.
Buka dan jalankan software CDBurnerXP. Kemudian klik menu “Burn ISO image” seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Bootable DVD Windows 10

Cara Membuat Bootable DVD Windows 10 Dengan CDBurnerXP.

Kemudian pada opsi Device, pilih optical drive (DVD-ROM) dan kecepatan pembakaran (burn). Ada baiknya kurangi kecepatan pembakaran DVD menjadi 4x atau 8x untuk meminimalkan kegagalan proses burn. Namun dengan resiko proses burn berjalan cukup lama.

Langkah berikutnya pada tab “Burn ISO Options” klik tombol kotak (kolom merah) untuk memilih lokasi dan file ISO Windows 10 yang akan di burn ke DVD.

Pada opsi Burn Method dibawahnya, pilih “Disc at Once” kemudian pada opsi Burn Options centang kolom pilihan “Use buffer protection” dan “Finalize disc”.

Langkah terakhir dari proses membuat bootable DVD Windows 10 ini adalah dengan meng-klik tombol “Burn Disc” seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat DVD Windows 10 Bootable Dengan File ISO

Cara Burn Dan Membuat DVD Windows 10 Bootable Dengan File ISO.

Tunggu proses burn file ISO Windows 10 sampai selesai. Setelah selesai lakukan pengetesan apakah DVD Windows 10 yang baru saja dibuat berjalan dengan sempurna dengan melakukan beberapa settingan pada BIOS yang diperlukan seperti tips sebelumnya mengenai cara install Windows 10 dual boot dengan Windows 7.

Bagaimana, cukup mudah bukan?. Nah, jika kebetulan Anda pengguna Windows 7 atau Windows 8 yang ingin mendapatkan Windows 10 original tanpa harus membeli lisensinya, baca juga tips sebelumnya mengenai cara upgrade ke Windows 10 dari Windows 7 Dan Windows 8.

Demikian tips dan cara mudah membuat bootable DVD Windows 10 dari file ISO. Tips berikutnya jeripurba.com akan membahas mengenai cara membuat bootable Windows 10 menggunakan media USB Flashdisk. Jadi pantau terus ya.

Baca juga : USB Flash Disk Windows 10 Sudah Tersedia Dan Bisa Di beli Disini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mudah Membuat Bootable DVD Windows 10 Dari File ISO,


Diterbitkan pada: Selasa, 21 Juli 2015
Rating : 5 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mudah Membuat Bootable DVD Windows 10 Dari File ISO".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright