Tips dan Trik

Cara Mudah Install Windows 10 Preview Dual Boot Dengan Windows 7

Tips kali ini akan membahas dengan singkat mengenai cara install Windows 10 dual boot di komputer atau laptop dengan mudah, terutama bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8 yang tidak mempunyai PC utama untuk mencoba sistem operasi terbaru dari Microsoft ini. Dengan dual boot, kita tidak harus melakukan clean installasi Windows 10 atau memformat sistem operasi yang sudah terinstall di PC.

Dalam tutorial ini diperlihatkan bagaimana langkah-langkah menginstall Windows 10 di komputer atau laptop yang sudah ada Windows 7-nya. Cara ini juga dapat dilakukan dengan PC yang sudah ada OS Windows 8 maupun Windows 8.1.

Yang perlu dipersiapkan adalah DVD installer Windows 10 atau USB installer Windows 10. Untuk men-download file iso Windows 10 resmi dari Microsoft sudah di jelaskan dalam artikel mengenai: cara download Windows 10.

Sedangkan bagaimana cara membuat DVD atau USB Bootable Windows 10 Preview, bisa menggunakan software dari Microsoft yaitu, Windows 7 USB/DVD Download Tool.

Cara Membuat Bootable Windows 10 Dengan Windows 7 USB-DVD Download Tool

Cara Membuat Bootable Windows 10 Dengan Windows 7 USB-DVD Download Tool.

Dengan tool ini, Anda dapat memasukkan file iso Windows 10 yang sudah di download ke media DVD atau USB Flash Disk dengan mudah. Silahkan download Windows 7 USB/DVD Download Tool melalui laman Microsoft disini atau bisa juga langsung kesini.

Penting juga untuk diperhatikan sistem minimum pc untuk menginstall Windows 10 Preview.

Dan, meskipun cara ini sangat aman dan tidak beresiko, namun jangan lupakan pepatah sedia payung sebelum hujan. Lakukan Backup data-data penting Anda terlebih dahulu.

Setelah DVD atau USB installer Windows 10 sudah siap, sistem minimum hardware sudah terpenuhi dan backup data sudah dilakukan, buatlah sebuah partisi baru di hard disk.

Catatan: Pembuatan partisi baru ini karena kita anggap dalam komputer hanya ada satu hard disk. Jika ada hard disk kosong lainnya, tidak perlu membuat partisi baru, install saja Windos 10 di hard disk kosong tersebut, ini lebih aman lagi untuk menghindari kesalahan format/partisis hard disk.

Disini akan diperlihatkan cara membuat partisi baru dari partisi C:\ di Windows 7. Manfaatkan tool dari Windows 7 untuk membuat partisi baru tersebut (Disk Management Utility). Silahkan akses RUN dengan kombinasi tombol Windows + R. Kemudian ketikkan “diskmgmt.msc” tanpa tanda kutip. Lalu tekan enter.

Klik RUN untuk mengakses Disk Management Utility di Windows 7

RUN untuk mengakses Disk Management Utility di Windows 7.

Akan tampil Disk Management Utility seperti gambar dibawah. Klik kanan partisi C:\ kemudian pilih “Shrink Volume”.

Shrink Volume Disk Management Utility di Windows 7

Shrink Volume Disk Management Utility di Windows 7.

Karena sistem minimum hard disk yang direkomendasikan untuk menginstall Windows 10 adalah sebesar 16 GB, buatah partisi tersebut jangan dibawah angka 16 GB. Akan lebih baik lebih dari itu. Disini kita akan membuat partisis baru nantinya sebesar 29 GB (30000 MB) yang diambil dari partisi C:\. Untuk membuatnya , lihat seperti gambar dibawah. Kemudian klik tombol “Shrink”.

Membuat Partisi Baru Untuk Menginstal Windows 10

Membuat Partisi Baru Untuk Menginstal Windows 10.

Partisisi hard disk baru dengan nama Unallocated Space akan terlihat sebesar 29,3 GB. Langkah selanjutnya adalah proses installasi Windows 10 Preview.

 

Cara Install Windows 10 Dual Boot Dengan Windows 7.

Silahkan masukkan DVD Installer Windows 10 Preview atau tancapkan USB Flash Disk Windows 10 yang telah dibuat dengan menggunakan “Windows 7 USB/DVD Download Tool” sebelumnya. Kemudian restart PC atau laptop. Masuk ke menu BIOS. Setting boot pertama dari DVD atau USB, tergantung media mana yang kita gunakan untuk installasi Windows 10 ini. Anggap disini kita menggunakan media DVD.

Setelah konfigurasi boot di BIOS selesai, save dan exit. Setelah PC restart, tekan sembarang tombol ketika muncul pemberitahuan “Press any key to boot from CD or DVD”.

Proses Boot Windows 10 Preview

Proses Boot Windows 10 Preview.

Proses installasi Windows 10 akan berjalan.

Cara Install Windows 10 Preview

Proses Install Windows 10 Preview.

Pilih bahasa, format waktu dan keyboard or input method.

Pilihan Bahasa, Waktu dan Input Method Saat Proses Install Windows 10

Pilihan Bahasa, Waktu dan Input Method Saat Proses Install Windows 10.

Berikutnya klik tombol “Install now”.

Cara Install Windows 10 Dual Boot.

Install now.

Centang “I accept the license term” kemudian klik tombol “Next”.

Persetujuan Lisensi Windows 10 Preview

Persetujuan Lisensi Windows 10 Preview.

Langkah selanjutnya pilih “Custom Install”.

Pilihan Custom Instal Windows 10 Dual Boot

Pilihan Custom Instal Windows 10.

Kemudian kita akan dibawa ke pemberitahuan di partisi mana akan menginstall Windows 10.

Arahkan ke partisi yang telah dibuat tadi (Unallocated Space). Klik “New” untuk membuat partisi baru dalam ruang kosong tersebut. Kemudian akan muncul jendela berapa kapasitas yang akan dibuat. Secara default, sistem akan mengambil ukuran semua kapasitas kosong yang tersedia di partisi (Unallocated Space) tersebut. Klik saja “Apply”.

Membuat Partisi Baru Untuk Menginstall Windows 10

Membuat Partisi Baru Untuk Menginstall Windows 10.

Sistem akan membuat partisi baru. Klik “Next” untuk melanjutkan proses install Windows 10 ke partisi baru tersebut.

Partisi Tempat Installer Windows 10 Preview

Partisi Tempat Installer Windows 10 Preview.

Proses Install dan copy Windows 10 ke partisi baru akan dimulai. Tunggu sampai selesai.

Setelah selesai, sistem akan menampikan dual boot yaitu Windows Technical Preview dan Windows 7. Pastikan untuk memilih Windows Technical Preview.

Pilihan Boot Sistem Operasi Windows 10 dan Windows 7

Pilihan Boot Sistem Operasi Windows 10 dan Windows 7.

Sampai disini proses installasi Windows 10 sudah selesai. Tinggal melewati beberapa halaman konfigurasi jika Anda kebetulan sedang dalam keadaan terkoneksi dengan internet. Masukkan saja akun Microsoft yang Anda gunakan waktu mendaftar dan men-download Windows 10 Preview melalui halaman Windows Insider Program sebelumnya. Via: howtogeek.

Bagaimana, cukup mudah kan cara install Windows 10 dual boot ini?. Kini, setiap kali Anda menyalakan PC atau laptop akan disuguhkan tampilan pilihan dual boot seperti gambar diatas. Tinggal pilih, mau menggunakan Windows 7 atau mau menggunakan Windows 10 Technical Preview. Untuk mengatur dual boot ini seperti, waktu boot (timer) dan sistem operasi default yang digunakan, klik dipengaturan “Change defaults or choose other options”.

 

*** Update artikel terbaru Windows 10 Final :

Cara upgrade Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10 serta persyaratannya.
Cara membuat bootable flashdisk Windows 10.
Cara membuat bootable DVD Windows 10.
Link download windows 10 iso.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mudah Install Windows 10 Preview Dual Boot Dengan Windows 7,


Diterbitkan pada: Selasa, 7 Oktober 2014
Rating : 4.77 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright