Tips dan Trik

Ini Cara Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 7 Dan Windows 8

Bagaimana cara upgrade Windows 10 dari Windows 7 atau Windows 8 secara gratis?. 1 Juni kemarin, Microsoft resmi memberi kabar jika sistem operasi terbaru milik mereka itu akan di rilis lebih awal dari waktu yang diperkirakan selama ini yaitu mulai tanggal 29 Juli 2015 mendatang. Rumor sebelumnya menyebutkan jika Windows 10 baru tersedia pada akhir 2015. Tentu saja kabar perilisan yang lebih awal ini menjadi kabar gembira, terutama bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mencoba sistem operasi yang dikabarkan menjadi sistem operasi terakhir dari Microsoft tersebut.

Windows 10 akan hadir di 190 negara dan tersedia sebagai upgrade gratis bagi Anda pengguna Windows 7 dan Windows 8. Namun untuk meng- upgrade ke Windows 10, pengguna Windows 7 atau Windows 8 haruslah menggunakan versi terbaru dari kedua sistem operasinya. Misalnya Windows 7 harus sudah menggunakan Windows 7 Service Pack 1 dan Windows 8 sudah menggunakan versi Windows 8.1 Update.

Untuk diketahui, upgrade ke Windows 10 gratis ini tidak merubah edisi Windows yang Anda gunakan. Contohnya jka Anda pengguna Windows 7 Home Premium, maka Anda akan menerima upgrade gratis ke Windows 10 Home. Selengkapnya, dapat dilihat dibawah edisi Windows 10 Upgrade dari Windows 7 dan Windows 8.

Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 7.

Dari EdisiKe Edisi
Windows 7 StarterWindows 10 Home
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 ProfessionalWindows 10 Pro
Windows 7 Ultimate

Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 8.

Dari EdisiKe Edisi
Windows Phone 8.1Windows 10 Mobile
Windows 8.1Windows 10 Home
Windows 8.1 ProWindows 10 Pro
Windows 8.1 Pro for Students

Nah jika Anda ingin meng- upgrade sistem operasi Windows pada PC atau tablet Anda ke Windows 10, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Sistem Untuk Menjalankan Windows 10.

  • OS terbaru: Pastikan Anda menjalankan versi terbaru baik Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 Update.
    Jika Anda tidak mengetahui versi Windows yang Anda gunakan, silahkan cek disini.
    Atau jika Anda ingin men- download Windows 7 SP1 atau men- download Windows 8.1 Update silahkan cek disini atau disini.
  • Prosesor: 1 GHz atau prosesor yang lebih cepat.
  • RAM: 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit.
  • Ruang hard disk: 16 GB untuk Windows 32-bit dan 20 GB untuk Windows 64-bit.
  • Kartu grafis (VGA): mendukung DirectX 9 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Resolusi layar: minimum 800 x 600 piksel.
  • Baca disini : spesifikasi minimum untuk menginstall Windows 10.

Lalu bagaimana cara melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis dari Windows 7 atau Windows 8, sementara OS ini baru tersedia pada akhir Juli mendatang?.

 

Upgrade Windows 10 Gratis Dari Windows 7 dan Windows 8.

Untuk meng-upgrade ke Windows 10, pengguna Windows 7 dan 8.1 diharuskan melakukan reservasi terlebih dulu. Sejak tanggal 1 Juni 2015, Microsoft telah mengirimkan pemberitahuan dan link reservasi pada pengguna Windows 7 Sp1 dan pengguna Windows 8.1 Update yang terkoneksi dengan internet.

Link reservasi tersebut akan tampil dengan sendirinya dalam bentuk icon dan jendela kecil yang muncul di sudut kanan bawah pada taskbar seperti gambar dibawah ini:

Icon Upgrade Ke Windows 10 Di Taskbar.

Pemberitahuan Untuk Upgrade Ke Windows 10 Gratis

Pemberitahuan Untuk Upgrade Ke Windows 10 Gratis.

Untuk memulai proses pemesanan, klik icon atau jendela tersebut kemudian klik tombol “Reserve your free upgrade”. Berikutnya masukkan alamat email Anda lalu centang kolom “Yes, I also want to receive….” kemudian klik tombol “send confirmation”.

Proses Upgrade Ke Windows 10

Proses Upgrade Ke Windows 10 Gratis

Proses Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 7 Dan 8

Proses Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 7 Dan 8.

Setelah cara tersebut dilakukan, Anda tinggal menunggu pemberitahuan dari Microsoft selanjutnya jika Windows 10 sudah tersedia dan dapat di download mulai akhir Juli 2015 mendatang.

Untuk diperhatikan, Microsoft menyarankan koneksi internet yang stabil karena windows 10 ini berukuran kurang lebih sebesar 3 GB. Setelah nanti proses download Windows 10 selesai, proses upgrade akan berjalan secara otomatis di komputer atau laptop Anda.

Windows 10 sendiri memiliki berbagai fitur canggih. Fitur-fitur Windows 10 diantaranya adalah Cortana, Microsoft Edge, Windows Store, Windows Continuum, Windows Hello, Office on Windows, Xbox Live and the integrated Xbox App serta berbagai aplikasi terbaru untuk Photos, Videos, Music, Maps, People, Mail dan Calendar. Anda dapat melihat tampilan, fitur dan kecanggihan Windows 10 melalui video YouTube dibawah ini.

Sumber : Blog Microsof.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Cara Upgrade Ke Windows 10 Dari Windows 7 Dan Windows 8,


Diterbitkan pada: Rabu, 3 Juni 2015
Rating : 4.85 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright