Software dan Games PC

Benarkah Upgrade Windows 10 Gratis Untuk Pengguna Windows 7 – 8 Bajakan?

Sistem operasi terbaru Microsoft yaitu Windows 10 Final memang belum dirilis. Namun kabar baik datang bagi pengguna Windows bajakan. Nantinya upgrade ke Windows 10 di gratiskan oleh perusahaan software raksasa yang berbasis di Redmond itu. Benarkah demikian?.

Upgrade Windows 10 gratis ini di ungkapkan oleh Terry Myerson selaku Kepala Divisi Sistem Operasi Microsoft melalui laman Reuters. Dia menyatakan upgrade ke Windows 10 tidak hanya dapat dilakukan oleh pemilik OS Windows berlicense atau original saja, melainkan berlaku juga bagi pemilik PC atau laptop dengan OS Windows bajakan.

Hanya saja, upgrade gratis ke Windows 10 tersebut berlaku untuk mereka yang telah menggunakan sistem operasi minimal Windows 7. Dibawah itu, tidak dimungkinkan untuk di upgrade ke Windows 10. Seperti misalnya Windows XP dan Windows Vista.

Dari informasi slide Microsoft, pengguna Windows 7 RTM, Windows 7 SP1, Windows 8, Windows 8.1 dapat mengupgrade ke Windows 10 dengan cara offline (ISO). Baca: Cara Download Windows 10 Preview 32 bit dan 64 bit. Sedangkan untuk upgrade ke Windows 10 secara online, hanya dimungkinkan untuk pengguna PC dan laptop dengan OS Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 S14.

Lalu apa tujuan Microsoft menggratiskan Windows 10 bagi pengguna Windows bajakan?. Langkah tersebut ditempuh untuk mempertahankan basis pengguna Windows di seluruh dunia dan menekan penggunaan Windows bajakan terutama di China. Seperti yang diketahui, di negeri tirai bambu dilaporkan memiliki jumlah pengguna Windows yang sangat banyak. Namun dari sekian banyak penggunanya, tiga seperempatnya masih menggunakan Windows bajakan.

Pertanyaannya kemudian, apakah langkah yang ditempuh oleh Microsoft dengan menggratiskan upgrade Windows 10 ini tidak merugikan perusahaan mereka?. Tentu tidak. Untuk menyiasati berkurangnya pendapatan dari penjualan Windows 10, Microsoft akan menjual layanan milik mereka lainnya yaitu aplikasi office melalui internet.

Disamping itu, upgrade Windows 10 ini tidaklah bersifat gratis 100 persen. Untuk diketahui, Microsoft memang benar menggratiskan seluruh pengguna Windows 7 sampai Windows 8.1. Namun tidak dengan license-nya. Seperti yang dilaporkan oleh laman betanews.com, pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 bajakan memang bisa melakukan upgrade ke Windows 10 dengan gratis. Tetapi setelah proses upgrade, license Windows 10 tetap terbaca sebagai license bajakan dari Windows bajakan yang digunakan sebelumnya.

Jelas, Microsoft tidak akan merugi. Malah dengan upgrade gratis ini pengguna OS bajakan dapat melihat tampilan dan merasakan fitur Windows 10 yang ada. Dengan demikian, Microsoft berharap pengguna Windows 10 bajakan akan tertarik untuk membeli versi original-nya.

Bagaimana jika pengguna Windows 10 bajakan tetap ngotot menggunakan OS tersebut?. Bisa saja. Hanya sistem operasi ini sangat rentan terhadap bahaya virus dan malware karena update atau patch tidak di dukung sepenuhnya oleh Microsoft. Minus lainnya adalah beberapa fitur penting yang ada di Windows 10 original kemungkinan ada yang tidak bekerja secara optimal serta tidak bisa digunakan pada versi bajakannya.

Upgrade Windows 10 Gratis

Ilustrasi Upgrade Windows 10. Gambar : microsoft.com.

Setelah mengetahui informasi dan penjelasan dari Microsoft mengenai upgrade Windows 10 gratis ini, apakah Anda (terutama pengguna Windows non original) tetap tertarik untuk mengupgradenya?. Jika iya, penting untuk diperhatikan spesifikasi minimum PC untuk menginstall Windows 10. Lihat juga: cara install Windows 10 Preview dual Boot dengan Windows 7.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Benarkah Upgrade Windows 10 Gratis Untuk Pengguna Windows 7 – 8 Bajakan?,


Diterbitkan pada: Jumat, 20 Maret 2015
Rating : 4.88 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Benarkah Upgrade Windows 10 Gratis Untuk Pengguna Windows 7 – 8 Bajakan?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright