Tips dan Trik

Spesifikasi Minimum PC Untuk Menginstall Windows 10 Dan Hal Penting Lainnya Untuk Diketahui

Apakah Windows 10 Technical Preview bisa di install di pc atau laptop dengan prosesor 1 GHz?, apakah bisa juga dipasang hanya dengan RAM 1 GB?, pertanyaan itu tentu menjadi sangat penting bagi Anda yang ingin mencoba sistem operasi terbaru Windows ini. Jika kita tidak mengetahui sistem minimum hardware yang direkomendasikan, pemasangan niscaya akan sia-sia dan waktu akan terbuang percuma. Untuk itu, sebelum men- download file iso Windows 10 Preview yang lumayan besar itu, fahami terlebih dahulu spesifikasi dan sistem minimum hardware serta hal-hal penting lainnya terkait dengan OS terbaru dari Microsoft ini.

Untuk melakukan installasi Windows 10 Technical Preview di PC maupun laptop, Microsoft telah menerangkan jika syarat minimum PC yang terpasang adalah sebagai berikut:

  • Prosesor berkecepatan 1 GHz atau dengan kecepatan diatasnya.
  • RAM berkapasitas 1 GB untuk Windows 10 Preview 32 bit, dan 2 GB untuk versi 64 bit.
  • Kapasitas hard disk untuk penempatan file installasi minimal 16 GB untuk Windows 10 32 bit dan minimal 20 GB untuk Windows 10 64 bit.
  • Kartu Grafis (VGA) telah mendukung Microsoft DirectX 9 dengan WDDM driver.
  • Resolusi layar minimal 800 x 600.
  • Akun Microsoft dan koneksi internet yang stabil.

Jika 6 hal diatas sudah terpenuhi, silahkan download Windows 10 Technical Preview melalui halaman Windows Insider Program. Bagaimana cara men-download-nya, silahkan baca lagi artikel tips dan trik sebelumnya mengenai cara download Windows 10 Preview 32-bit dan 64-bit disini.

syarat pc untuk install windows 10

Tampilan Windows 10 Technical Preview.

Hal penting lainnya yang harus diketahui sebelum melakukan pemasangan Windows 10 Technical Preview adalah:

 

Ikut dan bergabungg di Windows Insider Program.
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel tips dan trik sebelumnya, untuk men-download Windows 10 Preview, kita diwajibkan untuk bergabung dan mendaftar di Windows Insider Program. Program ini merupakan sebuah wadah khusus yang dipersiapkan oleh tim Microsoft bagi orang-orang yang ingin ikut andil dalam proses penyempurnaan sistem operasi terbaru mereka, terutama untuk Windows 10 Technical Preview. Melalui Windows Insider Program, Microsoft sangat mengharapkan saran, masukan maupun laporan-laporan yang ditemui pasca pemasangan di perangkat yang kita gunakan untuk perbaikan dan update Windows 10 Technical Preview berikutnya.

Diitujukan bagi mereka yang sangat antusias dan ahli dibidang PC/Komputer.
Ya, Windows Technical Preview memang ditujukan bagi mereka yang memiliki minat dan mengerti seluk beluk komputer terutama mengenai sistem operasi Windows. Dengan demikian, jika ada kendala atau troubleshooting pasca penginstallan Windows 10, pengguna dapat menganalisa, memperbaiki atau memberikan saran dan masukannya kepada tim Microsoft.

Jangan diinstall di laptop / PC utama.
Karena sifatnya masih tahap pengembangan, jangan pernah memasang sistem operasi ini di komputer / laptop utama. Gunakan perangkat khusus uji coba atau PC lain.

Bukan untuk digunakan sehari-hari.
Meski pada dasarnya Windows 10 Preview bisa digunakan dalam keseharian, namun tidak disarankan. Mengingat sifatnya yang masih beta, tentu terdapat bug-bug yang bisa saja membuat kinerjanya terganggu saat digunakan.

Windows 10 Technical Preview rutin di update oleh Microsoft.
Jangan heran melihat tampilan Windows 10 Technical Preview saat ini (build pertama). Tampilannya memang masih sangat mirip dengan Windows 8. Namun seiring waktu, berdasarkan masukan dari Insider juga, Microsoft akan memperbaharuinya dan semakin mempercantiknya. Termasuk juga fitur-fitur terbaru Windows 10 yang saat ini masih belum ditanamkan seperti Cortana dan Internet Explorer 12.

Untuk mendapatkan fitur terbaru maupun perubahan dan perbaikan dari versi saat ini, lakukan update Windows 10 Preview secara rutin jika Microsoft telah menyediakan build versi terbarunya. Semakin lama, tampilan dan fitur-fiturnya akan mendekati versi finalnya.

Nah, jika Anda sudah mengetahui semua hal penting dan syarat minimum hardware PC/Laptop untuk Windows 10 Preview diatas, saatnya untuk men-download dan melakukan pemasangan. Selain mengobati rasa penasaran, banyak hal positif bagi mereka yang ingin mencoba sistem operasi ini. Diantaranya kita akan lebih familiar dan tidak akan terkejut lagi menggunakan versi final Windows 10 ketika dirilis pada waktunya nanti.

 

*** Update artikel terbaru Windows 10 Final :

Cara upgrade Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10 serta persyaratannya.
Cara membuat bootable flashdisk Windows 10.
Cara membuat bootable DVD Windows 10.
Link download windows 10 iso.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Spesifikasi Minimum PC Untuk Menginstall Windows 10 Dan Hal Penting Lainnya Untuk Diketahui,


Diterbitkan pada: Jumat, 3 Oktober 2014
Rating : 4.53 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Spesifikasi Minimum PC Untuk Menginstall Windows 10 Dan Hal Penting Lainnya Untuk Diketahui".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright