Software dan Games PC

Perjalanan Microsoft Windows Hingga Ke Windows 10

Tidak terasa perjalanan Microsoft sebagai raksasa perangkat lunak sudah berjalan hampir 30 tahun. Sebelum sampai ke Windows 10, ada banyak versi dari sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna PC dan laptop diseluruh penjuru dunia itu. Namun yang paling terkenal diantara OS Windows yang ada adalah Windows 98, Windows XP dan Windows 7.

Apakah Anda salah satu pengguna dari 3 sistem operasi tersebut?. Ya, bukan saja sukses di eranya. Namun hingga kinipun sistem operasi tersebut masih banyak digunakan. Sebut saja Windows XP yang masih terus bertahan meski update dan dukungannya telah dihentikan oleh Microsoft sejak 8 April 2014 yang lalu.

Lalu apa konsekuensinya bagi pengguna OS Windows yang tidak lagi mendapat dukungan dari Microsoft?. Tentu saja OS tersebut sangat rentan dengan berbagai ancaman dari luar seperti diretas, terinfeksi virus, malware, dsb.

Namun Microsoft tidak bisa menyalahkan pengguna yang sangat loyal dengan sistem operasi mereka itu. Apalagi memaksa mereka untuk beralih ke sistem operasi yang terbaru. Ada banyak alasan, terutama soal kefamiliaran terhadap OS yang mereka pakai.

Terbukti setelah Windows XP, mereka gagal dengan OS Windows Vista karena pengguna lebih memilih OS Windows 7 yang dirilis setelahnya. Sama juga dengan nasib Windows 8. Meski dengan berbagai fitur canggih dan antarmuka yang modern, tidak banyak penggunanya yang tertarik beralih ke sistem operasi ini.

Familiar dan mudah dalam mengoperasikannya lagi-lagi alasan pengguna Windows untuk tidak beralih ke OS Windows 8. Ya, hilangnya tombol start menjadi isu OS ini akhirnya gagal total menarik hati pengguna Windows. Tidak lama berselang, Microsoft akhirnya merilis Windows 8.1 dan menghadirkan kembali tombol start tersebut namun tidak ada menu start seperti di Windows XP dan Windows 7.

Sampai akhirnya pada 29 Juli 2015, Microsoft merilis OS terbaru dan dikabarkan merupakan OS terakhir yang akan mereka buat lewat Windows 10. Lewat OS ini, Microsoft mencoba menggabungkan kemudahan fungsionalitas Windows XP dan tampilan serta berbagai fitur modern ala Windows 8. Hasilnya, review positifpun mengalir terhadap OS ini. Namun yang paling banyak disorot oleh pengguna OS Windows sejati adalah kembalinya tombol dan menu start seperti pada Windows XP.

Berikut adalah gambaran perjalanan dan versi-versi sistem operasi Microsoft Windows dari Windows 1 hingga ke Windows 10.

Daftar Versi Microsoft Windows

Daftar Versi Microsoft Windows Sampai Ke Windows 10 Final. (gambar: microsofttraining.net)

Nah, apakah Anda sudah menggunakan Windows 10 atau masih tetap bertahan dengan Windows lama?.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Perjalanan Microsoft Windows Hingga Ke Windows 10,


Diterbitkan pada: Sabtu, 1 Agustus 2015
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright