HP Smartphone Terbaru

Benarkah Magnet Bisa Menyebabkan Ponsel Rusak?, Berikut Faktanya!

Banyak yang percaya jika meletakkan magnet ke ponsel akan menyebabkan ponsel tersebut mengalami kerusakan. Namun benarkah demikian?. Untuk beberapa perangkat elektronik dan ponsel lawas seperti televisi tabung (CRT) memang bisa mengalami gangguan pada layarnya. Termasuk juga layar monitor PC. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan permanen. Namun untuk televisi dengan teknologi terkini, hal itu tidak berlaku. Begitupun dengan smartphone terkini, yang telah dilengkapi dengan teknologi untuk mencegah kerusakan terhadap efek medan magnet.

Hal tersebut dipastikan oleh Matt Newby dari first4magnets Dia mengungkapkan jika magnet tidak terlalu memiliki efek buruk pada smartphone. Karena didalam smartphone itu sendiri terdapat komponen yang menggunakan magnet. Seperti misalnya magnetometer atau kompas digital.

Benarkah Magnet Bisa Merusak Ponsel

Benarkah Magnet Bisa Merusak Ponsel?

Namun meski tidak terlalu berdampak buruk terhadap smartphone, pengaruh magnet bisa mengganggu sensor magnetik didalam smartphone. Akibatnya, aplikasi berbasis navigasi tidak dapat bekerja dengan baik dan cenderung tidak akurat lagi.

Seperti yang diketahui, banyak aplikasi penting berbasis navigasi misalnya saja adalah aplikasi Google Maps. Bahkan, dibeberapa game juga ada yang menggunakan kompas sebagai penunjang permainan.

Jadi, mitos magnet bisa merusak smartphone sepenuhnya tidaklah benar. Asalkan magnet tersebut berukuran kecil sampai menengah. Atau dengan kata lain magnet tersebut tidak memiliki kekuatan tarik yang sangat besar. Karena jika magnet tersebut memiliki daya tarik yang besar mungkin bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mekanik perangkat.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Benarkah Magnet Bisa Menyebabkan Ponsel Rusak?, Berikut Faktanya!,


Diterbitkan pada: Minggu, 15 Mei 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Benarkah Magnet Bisa Menyebabkan Ponsel Rusak?, Berikut Faktanya!".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright