Software App

Google Ingin Pemakai Android Tak Lagi Gunakan Password Sebagai Pengaman

Google tampaknya ingin para pemakai Android tidak menggunakan password dan melupakan password. Alasannya adalah penggunaan password membuat keribetan. Semua hal ini bisa dibuktikan saat pengenalan ulang project Acabus.

Lalu, apa sih Project Acabus itu sebenarnya? Ini adalah sebuah teknologi yang merupakan Inovasi Google agar pengguna Android bisa masuk ke sebuah aplikasi tertentu tanpa harus menggunakan kata kunci.

“Ponsel yang ada memiliki banyak sekali sensor yang dengannya bisa mengenali pemilik. Dengan itu, tak perlu lagi penggunaan password karena sering menimbulkan masalah,” ungkap Daniel Kaufman yang menjabat sebagai kepala divisi ATAP saat berbicara di sebuah konferensi beberapa waktu yang lalu.

Password Ponsel Android

Password Ponsel Android. (engadget)

ATAP adalah sebuah divisi yang mempunyai tanggung jawab untuk pengembangan project Acabus yang tersebut di atas. Lebih lanjut diungkapkan bahwa akan tetap ada sistem pengamanan meskipun passwod sudah tak digunakan lagi.

Berbagai pola dengan menggunakan sensor akan diterapkan oleh Google seperti pola pengetikan dan juga lokasi pengguna yang diukur secara real time.

Mudahnya memahami peniadaan password oleh Google ini yaitu hadirnya fitur Smart Lock yang sudah bisa diakses pada Android 5.0 dan juga versi di atasnya. Smart Lock sendiri bekerja dengan memberi tanda bahwa sebuah area aman. Dengan itu, maka ponsel akan membuka kunci secara otomatis.

Proyek Abacus yang sedang dikembangkan Google ini sendiri mempunyai kerja sama yang mirip dengan Smart Lock namun sistemnya lebih canggih. Dikabarkan Abacus akan bisa dijalankan secara tersembunyi sehingga semua informasi untuk Trust Score bisa dibuat, yang berfungsi sebagai pembuka ponsel atau aplikasi tertentu.

Trust Score yang dirancang melalui Abacus oleh Google akan didapatkan dengan berbagai tingkatan. Misalnya, tingkat terendah digunakan untuk membuka aplikasi tertentu sedangkan yang paling tinggi untuk membuka aplikasi terkait perbankan.

Baca juga: Cara Agar Password Sulit Dibobol.

Namun belum jelas kapan Trust Score akan mulai diterapkan karena semua masih dalam proses penyempurnaan agar bisa diterapkan dengan baik. Tentu patut ditunggu terobosan dari Google ini agar aplikasi dan ponsel bisa diamankan tanpa ribet tapi tetap aman terkendali.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Google Ingin Pemakai Android Tak Lagi Gunakan Password Sebagai Pengaman,


Diterbitkan pada: Jumat, 27 Mei 2016
Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Google Ingin Pemakai Android Tak Lagi Gunakan Password Sebagai Pengaman".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: