HP Smartphone Terbaru

Inilah Penyebab iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Dilarang Dijual Di Cina

Apple, perusahaan smartphone asal Cupertino, California, Amerika Serikat kembali menemui masalah di Negeri tirai bambu Cina. Dua smartphone andalan mereka iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tidak boleh dijual disana. Sebelumnya, Cina juga telah memblokir dua layanan mereka yaitu aplikasi movie dan iTunes Books. Lalu apa penyebab penjegalan iPhone 6 di Cina?.

Seperti yang diberitakan oleh laman Daily Mail, Apple diperintahkan oleh otoritas Cina untuk menghentikan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus terkait dengan masalah pelangaran hak paten.

Harga iPhone 6s Plus dan iPhone 6s

iPhone 6s Plus dan iPhone 6s.

Menariknya, paten yang disebut dilanggar tersebut bukan paten produk smartphone terkenal di Cina seperti Xiaomi dan Meizu. Melainkan sebuah ponsel pintar buatan Shenzhen Baili bernama 100C.

Lebih lanjut, Baili mengklaim jika desain iPhone 6 dan iPhone 6 Plus meniru produk mereka, 100C. Kemudian Baili meminta Biro Kekayaan Intelektual Beijng selaku Kantor hak kekayaan intelektual Cina untuk memerintahkan Apple dan mitra distribusinya, Zhongfu Telecom Equipment menghentikan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus disana.

Atas laporan tersebut, Biro Kekayaan Intelektual Beijing melakukan investigasi. Kemudian pada tanggal 10 Mei 2016 mereka mengambil keputusan bahwa Apple telah melanggar paten Baili tersebut. Walau dikatakan jika hanya terdapat perbedaan kecil desain diantara iPhone 6 dan 100C, biro tersebut memutuskan agar Apple segera menghentikan penjualan iPhone 6 dan Plus berdasarkan Pasal 60 UU Paten Cina.

Baili sendiri merupakan perusahaan yang belum terlalu populer, bahkan di negeri asalnya sendiri. Tidak sperti produsen smartphone Cina lainnya, Baili bahkan belum memiliki website resmi.

Lihat juga: spesifikasi dan harga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Indonesia.


Atas keputusan ini, belum ada kabar langkah apa yang akan diambil oleh pihak Apple. Namun yang pasti, Apple merasa sangat dirugikan. Apalagi Cina adalah pasar terbesar kedua Apple setelah Amerika.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Inilah Penyebab iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Dilarang Dijual Di Cina,


Diterbitkan pada: Senin, 20 Juni 2016
Rating : 4 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Inilah Penyebab iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Dilarang Dijual Di Cina".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright