Tips dan Trik

Cara Membuat Folder Di iPhone Dan Menambahkan Aplikasi Di Dalamnya

JBerita.com – Terkadang banyak di antara pengguna iPhone yang sering mengunduh dan menginstal aplikasi maupun game. Namun dengan banyaknya aplikasi dan game yang diinstal akan membuat tampilan perangkat iPhone yang dimiliki terlihat campur aduk dan berantakan. Hal ini pun juga akan membuat pengguna sedikit kesusahan saat ingin mencari salah satu atau beberapa aplikasi yang mungkin jarang dibuka dan berada di halaman ke sekian dari halaman utama.

Terlalu banyak aplikasi memang kerapkali membuat pengguna kerepotan. Untungnya, iPhone telah memiliki suatu fitur yang berfungsi untuk menggolongkan dan mengelompokkan aplikasi menjadi satu ke dalam sebuah folder berdasarkan kesamaan dari beberapa aplikasi tersebut. Seperti misalnya untuk lebih memudahkan akses, Anda dapat menaruh semua aplikasi sosial media dalam satu folder, aplikasi foto dan video di folder yang lain, dan aplikasi pekerjaan di folder yang berbeda.

Berikut ini adalah 2 cara membuat folder di iPhone yang dapat Anda lakukan agar tampilan iPhone kesayangan Anda menjadi lebih rapi dan menarik. Panduan ini bisa Anda terapkan di perangkat iPhone maupun pada perangkat iPad dan iPod.

Cara Membuat Folder di iPhone Langsung pada Layar

Cara membuat folder di iPhone yang pertama ini merupakan cara yang termudah dan bisa dilakukan langsung pada layar iPhone Anda.

  1. Carilah 2 aplikasi yang ingin Anda masukkan ke dalam satu folder.
  2. Tekan dan tahan ikon salah satu aplikasi selama lebih kurang 5 detik atau sampai aplikasi-aplikasi di layar terlihat mengambang atau bergoyang sendiri.
  3. Setelah aplikasi-aplikasi dilayar iPhone Anda terlihat mengambang atau bergoyang sendiri, selanjutnya Anda cukup melakukan drag and drop aplikasi, yakni dengan menggeser salah satu aplikasi dan menimpakannya pada aplikasi yang lain. Secara otomatis perangkat iPhone akan membuat sebuah folder dengan kedua aplikasi tersebut berada di dalamnya.
Drag and Drop Aplikasi Untuk Membuat Folder di iPhone

Drag and Drop Aplikasi Untuk Membuat Folder di iPhone.

  1. Folder yang terbentuk akan memiliki nama sesuai dengan kategori dari aplikasi yang berada di dalamnya. Jika Anda ingin mengubah nama default folder, tekan tanda X kecil di samping bidang nama. Keyboard virtual akan muncul dan sekarang Anda dapat memberikan nama folder sesuai yang Anda kehendaki.
  2. Untuk menambahkan aplikasi, Anda dapat menyeret aplikasi lainnya ke folder baru tersebut. Namun satu folder hanya dapat menampung sampai 12 aplikasi, dan sebuah folder tidak dapat dimasukkan ke dalam folder lain. Ikon folder akan memiliki tampilan berupa ikon mini dari beberapa aplikasi yang tersimpan di dalamnya.

Lihat juga: Cara Menampilkan Status Angka Baterai iPhone.

Cara Menambahkan Aplikasi Kedalam Folder iPhone

Menambahkan Aplikasi Kedalam Folder iPhone.

  1. Anda juga dapat menyeret folder ke lokasi layar manapun yang Anda inginkan seperti yang Anda lakukan pada aplikasi.
  2. Folder baru telah selesai dibuat dan semua menu telah tersusun secara rapi sesuai posisi yang diinginkan, selanjutnya untuk kembali ke tampilan normal Anda bisa menekan tombol Home satu kali hingga ikon-ikon aplikasi di layar tidak lagi mengambang atau bergoyang.
  3. Untuk merubah nama folder atau melakukan Rename, caranya silahkan masuk ke dalam folder, lalu tap pada nama folder tersebut. Ini akan membuka keyboard virtual, dan Anda pun dapat merubah nama folder sesuai yang Anda inginkan.
Cara Mengganti Nama Rename Folder iPhone

Cara Mengganti Nama Rename Folder iPhone.

  1. Untuk mengeluarkan aplikasi dari suatu folder, silahkan tap pada sebuah folder. Selanjutnya Anda akan melihat sebuah layar yang menampilkan ikon aplikasi yang berada di dalam folder tersebut. Tekan dan tahan aplikasi manapun sampai aplikasi itu mulai bergoyang, kemudian seret ke luar folder dan lepaskan.
  2. Begitu juga ketika Anda ingin menghapus folder, tinggal keluarkan semua aplikasi yang berada di dalam folder tersebut. Setelah semua aplikasinya dikeluarkan, secara otomatis folder tersebut akan terhapus dengan sendirinya.
  3. Anda pun bisa mengeluarkan semua aplikasi dari semua folder di perangkat iPhone Anda secara bersamaan. Caranya silahkan buka menu Settings, lalu General, lalu Reset, setelah itu pilih Reset Home Screen Layout. Selanjutnya semua folder yang telah Anda buat akan dihapus, sedangkan aplikasi yang sebelumnya ada dalam folder akan kembali muncul di layar utama dan akan diurutkan sesuai dengan abjad setelah aplikasi sistem.
Cara Mengeluarkan Semua Aplikasi Didalam Folder iPhone

Cara Mengeluarkan Semua Aplikasi Didalam Folder iPhone.

Cara Membuat Folder di iPhone Menggunakan iTunes

Cara membuat folder di iPhone yang kedua ini mungkin sedikit merepotkan, namun merupakan cara alternatif yang bisa dilakukan selain cara pertama. Dan Anda akan memerlukan sebuah komputer atau laptop dengan program iTunes terinstal di dalamnya.

  1. Hubungkan perangkat iPhone Anda ke laptop atau komputer. Buka program iTunes di komputer tersebut lalu pilih nama perangkat iPhone Anda di sidebar iTunes. Ini akan membuka Device Summary.
Cara Membuat Folder di iPhone Dengan iTunes

Membuat Folder di iPhone Dengan iTunes.

  1. Klik menu Apps. Visual dari layar iPhone Anda akan tampil di sini. Anda bisa menyeret dan melepaskan aplikasi sama seperti yang Anda lakukan di perangkat Anda.
Drag and Drop Aplikasi Ke Folder iPhone

Drag and Drop Aplikasi Ke Folder iPhone Di iTunes.

  1. Anda juga bisa menggunakan kolom pencarian di pojok kanan atas iTunes untuk mencari suatu aplikasi di perangkat Anda. Ini akan sangat berguna apabila Anda memiliki banyak aplikasi yang terinstal. Anda pun bisa menyeret ikon aplikasi langsung dari hasil pencarian ke dalam folder yang Anda kehendaki.
Kolom Pencarian Aplikasi di iTunes

Kolom Pencarian Aplikasi di iTunes.

Lihat juga: Cara Membuat Apple ID Melalui iTunes.

Itulah sedikit tips dan panduan mengenai cara membuat folder di iPhone. Fitur folder menu ini hanya tersedia pada iOS 4 ke atas. Semoga panduan ini dapat berguna dan selamat mencoba.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Membuat Folder Di iPhone Dan Menambahkan Aplikasi Di Dalamnya,


Diterbitkan pada: Selasa, 28 Juni 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Membuat Folder Di iPhone Dan Menambahkan Aplikasi Di Dalamnya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright