Tips dan Trik

Cara Mencegah Virus Ransomware POGO Tear Menyerang Laptop dan PC

Jeripurba.com – Varian virus dan malware ransomware terus berkembang. Terbaru muncul ransomware bernama POGO Tear. Sama seperti jenis ransomware lainnya, apabila pc atau laptop telah terinfeksi, maka semua data dan file yang ada didalamnya akan terkunci (terenkripsi) menjadi file yang berekstensi .locked. Ciri-ciri tersebut sama dengan cerber3 dan cerber4 yang kini menyebar pesat di Indonesia.

Ransomware POGO Tear dibuat dengan kode open source Hidden Tear. Penyebarannya melalui aplikasi atau software yang telah terinfeksi malware ini. Jika laptop terkena ransomware POGO Tear, sang pembuat virus ini akan mengirimkan pesan permintaan tebusan sejumlah uang untuk membuka semua data yang telah dikunci kepada korbannya. Biasanya pesan itu ditulis dalam bahasa Arab.

Cara Mencegah Laptop Terkena Ransomware POGO Tear

Cara Mencegah Laptop Terkena Ransomware POGO Tear. (Avast)

Lihat juga: Cara Mencegah virus Cerber3 dan Cerber4 Dengan Smadav 2016 Terbaru.

Lalu bagaimana cara menghapus dan membersihkan virus POGO Tear di laptop yang sudah terinfeksi?. Sayangnya untuk saat ini belum ada antivirus dan antimalware yang bisa melakukannya. Cara satu-satunya adalah dengan melakukan pembersihan secara manual.

Untuk membersihkan virus POGO Tear, tidak hanya dilakukan pembersihan file yang terinfeksi saja. Melainkan juga harus menghapus akun administrator serta semua perangkat termasuk USB falshdisk, hard disk eksternal, dsb dari ransomware ini.

 

Tips Mencegah dan Menghindari Ransomware POGO Tear

Karena belum bisa dibersihkan menggunakan antivirus maupun anti ransomware, jalan satu-satunya adalah dengan membentengi pc atau laptop dengan antivirus atau antimalware yang sudah bisa mendeteksi keberadaan virus ini.

Lakukan update database dan instal antivirus terbaru dari pengembang yang sudah terkenal sebagai pembuat antivirus terbaik seperti antivirus Avast, antivirus Kaspersky, dsb.

Kemudian, hindari kebiasaan men- download aplikasi atau software sembarangan yang belum teruji. Apalagi software tersebut ditempatkan pada server pihak ketiga yang kurang terpercaya.

Umumnya software dan aplikasi gratisan yang sedang populer dimanfaatkan oleh si pembuat virus untuk menyusupkan virus ini. Jika Anda ragu software atau aplikasi itu bukan berasal dari pengembang aslinya, jangan pernah men-download aplikasi atau software tersebut kemudian memasangnya diperangkat kesayangan Anda.

Langkah terakhir adalah menerapkan pepatah sedia payung sebelum hujan. Ya, lakukan backup data secara berkala. Simpan file dan data-data penting Anda ke media lain seperti hard disk eksternal atau flash disk yang bersih dari Ransomware POGO Tear.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Mencegah Virus Ransomware POGO Tear Menyerang Laptop dan PC,


Diterbitkan pada: Rabu, 26 Oktober 2016
Rating : 4.64 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mencegah Virus Ransomware POGO Tear Menyerang Laptop dan PC".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: